30 Tips Merawat Handphone Agar Punya Nilai Tinggi Saat Dijual Kembali



Perkembangan gadget terutama handphone saat ini sangat pesat sekali baik itu merk baru maupun merk lama tapi model baru. Bagi anda yang senang dengan type baru dari merk favorit tertentu, mungkin sekarang ini harus lebih sering menabung untuk persiapan menjadi orang pertama yang menggunakan type dan model baru dari merk favorit anda, karena hadirnya type baru sekarang ini lebih cepat dari munculnya rasa bosan anda terhadap type sebelumnya. Begitu pula bagi anda yang senang menjajal dari satu merk ke merk lainnya, dengan pertumbuhan merk baru seperti sekarang ini anda harus lebih sering gesek di ATM.

Tips Cara Merawat handphone agar tetap bernilai tinggi
Cara Merawat Handphone yang benar agar bernilai tinggi saat dijual kembali
Bagi anda yang senang berganti handphone dengan penghasilan berlimpah, menjadi pemburu type atau model baru dan merk baru mungkin tidak jadi masalah, handphone-handphone lama tinggal di pajang di lemari etalase sebagai koleksi, namun bagi anda yang penghasilannya pas-pasan namun senang berganti handphone, tentu lebih baik menjual handphone lama tersebut untuk mengurangi biaya pembelian yang baru.

Nah, agar handphone lama anda tetap memiliki nilai dan harga yang tinggi saat dijual kembali, berikut tips yang harus anda lakukan.

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Handphone

  1. Pada saat membeli handphone baik online maupun offline, mintalah kuitansi yang sudah dibubuhi cap basah atau stempel toko.
  2. Jika anda membelinya online usahakan anda membelinya dari seller yang punya toko resmi dengan alamat yang jelas.
  3. Hindari saat membeli handphone secara online dari perorangan apalagi dari black market, walaupun harganya sedikit lebih murah, namun sangat rawan.
  4. Hati-hati saat membuka dus, plastik luar pelindung dus, segel dus, plastik tempat perlengkapan di dalam dus, plastik pelindung layar layar handphone dan lain-lainnya jangan dirobek asal-asalan.
  5. Masukkan semua plastik bekas pembungkus peralatan tersebut ke dalam dus bekas handphone dan masukkan lagi dus tadi ke dalam kantong plastik agar tidak berdebu serta simpan di tempat yang aman yang tidak terkena sinar agar tidak pudar warnanya.
  6. Untuk perlengkapan seperti headset, charger, kabel USB yang disertakan dalam handphone, jika anda sudah memilikinya, sebaiknya jangan digunakan, simpan saja.
  7. Khusus untuk charger anda bisa menggunakan charger lain selama tegangan, voltase dan amperenya sesuai.


Tips perawatan Hardware Handphone Agar Tetap Memiliki Nilai Tinggi Saat Dijual Kembali

  1. Pasanglah screen protector untuk menghindari layar handphone anda tergores.
  2. Belilah cover casing yang dapat melindungi seluruh body handphone anda. Cover casing yang bagus adalah yang berjenis softcase. Selain tidak akan menimbulkan goresan pada handphone itu sendiri juga softcase lebih efektif dalam meredam benturan.
  3. Jangan pernah menggunakan handphone saat anda bepergian dengan sepeda motor, selain membahayakan keselamatan jiwa anda dan orang lain, juga handphone sangat rawan untuk jatuh.
  4. Jika anda suka bebeprgian saat hujan selalu siapkan kantong plastik yang kedap air.
  5. Jangan pernah memasukkan handphone ke tempat yang sempit, seperti saku celana dan sebagainya.
  6. Jangan pernah membuka casing, jika tidak diperlukan banget
  7. Pada saat menekan tombol power dan volume, jangan terlalu kuat, karena akan menyebabkan tombol bisa patah.
  8. Jangan terlalu kuat saat mengusap atau menekan layar, karena tekanan yang terlalu kuat akan mengurangi senstivitas layar handphone.
  9. Usahakan untuk tidak terlalu sering menekan tombol power dan volume, agar warna tidak cepat pudar dan terkelupas.
  10. Jangan terlalu sering mengeluarkan dan memasukkan SIM Card dan kartu memory, agar poil conecktor tembaga tetap sensitif.
  11. Bersihkan handphone anda dari debu dan kotoran lainnya dengan menggunakan kain lap yang lembut secara berkala. Dan jangan menggunakan cairan kimia saat membersihkannya.
  12. Jika ada kotoran yang membandel anda bisa mencoba membersihkannya dengan Minyak Kayu Putih. Berdasarkan pengalaman banyak orang minyak kayu putih, ampuh membersihkan kotoran (daki) yang membandel. Minyak kayu putih memiliki zat kimia yang lembut sehingga aman untuk body handphone anda.
  13. Jauhkan handphone dari benda-benda yang mengandung atau mengeluarkan induksi atau medan magnet, seperti televisi, radio, microwave, dan lain-lain
  14. Hindarkan dari sinar matahari secara langsung, karena selain akan memudarkan figment warna juga bisa merusak LCD handphone.
  15. Pada saat pengisian baterai usahakan jangan sampai full100 % dan pada saat Lowbat jangan sampai 0 %, jika indikator baterai sudah merah segera isi, namun jika kebetulan anda sedang di luar rumah dan tidak membawa powerbank, lebih baik matikan handphone anda.
  16. Pengisian baterai handphone yang baik dilakukan secara bertahap. Kalau baterai anda tersisa tinggal 10% jangan diisi langsung sampai 90% apalagi sampai 100%, namun isilah sampai 30 atau 40% dulu. Lepaskan dulu charger dari handphone dan tunggulah beberapa saat hingga baterai dingin dulu, baru setelah dingin di isi lagi.
  17. Untuk menjaga agar kamera handphone anda tetap memiliki hasil foto yang tajam dan sensitivitas yang tinggi, selain pelindung lensa luar dibersihkan juga jangan terlalu sering menggunakannya, karena sensitivitas dan ketajaman kamera akan menurun seiring dengan frekuensi banyaknya pemakaian.


Tips Perawatan Software Handphone agar tetap memiliki Performa yang baik

Untuk menjaga agar kinerja sistem operasi smartphone seperti Android, iPhone dan lain-lainnya tetap memiliki performa yang baik, saya sudah pernah membahasnya dalam psostingan terdahulu. Jadi untuk mengingatnya kembali silakan klik link: 18+ Cara Terbaik Mengatasi Handphone Android yang Lemot.

Trik Cara Menjual Handphone Bekas Agar Laku dengan Harga Tinggi
Rata-rata pada umumnya pengguna akan menjual kembali handphonenya kira-kira setelah umur satu tahun dia gunakan. Pertimbangannya jika handphone sudah berumur antara 1-2 tahun sejak dipasarkan, biasanya harga barunya saja akan mengalami penurunan yang drastis, apalagi harga bekasnya. Untuk supaya harga jual handphone bekas anda bisa terjual dengan harga tinggi, berikut tips dan triknya:
  1. Usahakan anda menjualnya kembali sebelum satu tahun, karena masa garansi rata-rata hanya satu tahun.
  2. Carilah informasi, baik dari media cetak maupun dari internet tentang harga baru dan bekas handphone type dan model yang sama dengan yang akan anda jual.
  3. Sebisa mungkin jangan menjualnya ke pasar loak, karena para pembeli di pasar loak kebanyakan menganggap barang yang dijual ke sana adalah barang curian,sehingga harga penawaran akan sangat jauh dari harga belinya.
  4. Tawarkan dan juallah ke pasar loak yang bergengsi seperti Bukalapak, Tokopedia, Kaskus dan lain-lain.
  5. Jika anda menawarkannya secara online, buatlah deskripsi dan foto barang sejelas mungkin dan jangan pernah berbohong, karena hal tersebut akan mengecewakan pembeli.
  6. Jika anda punya langganan toko handphone ofline, titipkan saja di toko tersebut dengan harga, komisi yang telah disepakati.
Demikian tutorial Tips Cara Merawat Handphone Agar Punya Nilai Tinggi Saat Dijual Kembali, jika ada pertanyaan atau saran silakan masukan dalam kotak komentar yang telah disediakan di bawah postingan ini.

Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Previous
« Prev Post

Artikel Menarik Lainnya

30 Tips Merawat Handphone Agar Punya Nilai Tinggi Saat Dijual Kembali
4/ 5
Oleh