10 Tips & Trik Google untuk Pelajar dan Mahasiswa



Fitur Google untuk Pelajar dan Mahasiswa - Pada artikel kali ini BossTutorial akan mengupas bagaimana memanfaatkan Google untuk para pelajar dan mahasiswa serta orang-orang yang memiliki hubungan dengan mereka seperti guru, dosen, orangtua atau mungkin anda sendiri yang sering memanfaatkan Google sebagai alat bantu mencari sesuatu di dunia maya.
Trik pencarian Google untuk Pelajar dan Mahasiswa

Banyak orang dan mungkin anda telah mengetahui bahwa Google merupakan mesin pencari (search engine) yang paling handal di dunia, tapi saya tidak yakin kalau semua pengguna Google mengetahui trik-trik rahasia bagaimana cara menggunakan pencarian dengan Google dengan benar dan tepat. Dengan menggunakan trik yang tepat maka pencarian anda akan semakin cepat dengan hasil yang akurat.

Berikut adalah beberapa tips dan trik pemanfaatan Google khususnya untuk pelajar, mahasiswa dan juga anda.

#1 Cara Mencari Contoh Skripsi, Tesis dan Karya Ilmiah

Pada umumnya ketika kita mencari contoh Skripsi, Tesis, Disertasi dan karya ilmiah lainnya di internet yaitu dengan menuliskan kata kunci di kotak pencarian Google, seperti di bawah ini.

Tips & Trik Google untuk Pelajar dan Mahasiswa dan umum
Cara pencarian di Google yang kurang tepat

Melakukan pencarian dengan cara di atas tidaklah salah, namun kurang tepat, karena akan menampilkan semua website yang mengandung kata kunci "skripsi" dan "pendidikan". Anda akan kesulitan memilih dan memilah website mana yang benar-benar memuat karya ilmiah tentang "skripsi pendidikan", padahal yang kita harapkan adalah sebuah karya ilmiah tentang "pendidikan" yang sudah jadi yang akan kita jadikan referensi atau contoh.

Cara Pencarian karya ilmiah yang tepat adalah dengan menggunakan operator Filetype: dan Site: seperti contoh berikut ini:

Tips & Trik browsing dengan Google untuk Pelajar dan Mahasiswa
Pencarian di Google dengan menggunakan operator agar lebih spesifik

Pada kotak pencarian Google ketikan dengan kata kunci [skripsi pendidikan filetype:doc site:ac.id]

Penjelasan dari kata kunci di atas:

  • skripsi pendidikan adalah topik yang kita cari. Anda bisa mengganti kata kunci ini sesuai dengan tujuan, misalnya tesis pendidikan, skripsi kesehatan, tugas akhir informatika, skripsi pendidikan matematika atau yang lainnya. 
  • filetype:doc adalah jenis atau tipe file yang kita kehendaki. Silakan ganti kata doc sesuai dengan jenis file yang anda kehendaki, misalnya PDF, XLS, dan lain-lain.
  • site:ac.id adalah website yang memuat file yang kita cari. kata ac.id tujuannya kita mencari  file tersebut khusus dari situs resmi yang memiliki TLD (Top Level Domain) .ac.id yang biasanya merupakan TLD untuk situs-situs perguruan tinggi di Indonesia.

Cara Googling untuk Pelajar dan Mahasiswa
Hasil pencarian skripsi menggunakan operator lebih tepat sasaran


#2 Cara Mencari Beasiswa

Banyak perusahaan dan instansi baik pemerintah maupun swasta yang menyediakan beasiswa bagi mereka yang terkendala dengan biaya pendidikan, baik untuk mahasiswa jenjang S-3, S-2, S-1 maupun untuk kalangan pelajar mulai SD sampai SMA. 

Masalahnya agak sulit mencari informasi beasiswa tersebut yang benar-benar valid. Untuk lebih memudahkan dalam pencarian maka gunakan operator site:go.id jika ingin mencari sumber informasi dari website milik pemerintah atau operator site:ac.id untuk website perguruan tinggi dan operator site:sch.id untuk website sekolah.

Jika ingin mencari informasi beasiswa dari instansi pemerintah, silakan ketikan dalam kotak pencarian Google kata kunci berikut: [beasiswa s2 site:go.id] dengan demikian maka Google akan menampilkan semua website yang menyajikan informasi beasiswa untuk S-2 yang bersumber dari situs resmi pemerintah Indonesia.

Jika yang kita inginkan sumber informasi dari website resmi selain pemerintah Indonesia, maka gunakan opertor site:co.id.

Panduan Google untuk Pelajar dan Mahasiswa
Mencari info beasiswa lebih tepat menggunakan operator site:go.id



#3 Trik Cara Mencari Lowongan Kerja

Di internet banyak sekali informasi tentang lowongan kerja, namun karena saking banyaknya informasi tersebut, juga sekaligus menyulitkan kita mendapatkan informasi "loker" yang benar-benar valid. Situs-situs milik pribadi seperti blog yang memposting tentang lowongan kerja, kebanyakan tidak mempresentasikan sebagai perusahaan lowongan kerja.

Informasi lowongan kerja yang ada di internet, tidak sedikit dari mereka yang memuatnya demi kepentingan iklan semata, bahkan jika kita tidak hati-hati dan teliti malah bisa jadi tertipu. Oleh sebab itu untuk menghindari dari hal-hal yang tak diinginkan lebih baik mencari informasi "loker" dari situs resmi, dengan menggunakan operator site:go.id atau site:ac.id atau site co.id

Tips & Trik Google untuk Mahasiswa
Hasil Browsing Informasi Loker dengan operator lebih tepat


Berikut adalah hal-hal yang mesti diperhatikan saat mencari lowongan kerja di internet;

  1. Jangan sekali-kali percaya lowongan kerja yang berasal bukan dari website resmi perusahaan yang membuka lowongan kerja.
  2. Kalau anda menemukan informasi lowongan kerja yang bukan berasal dari website resmi, lakukan cross cek untuk meyakinkannya.
  3. Lowongan kerja pada dasarnya adalah gratis, jadi hati-hati jika ada tawaran kerja yang mensyaratkan membayar sejumlah uang. Lebih baik langsung tolak untuk menghindari anda menjadi korban penipuan.
  4. Gunakan operator site:go.id yang berasal dari website pemerintah Indonesia atau site:ac.id dari web perguruan tinggi atau site:co.id dari website resmi perusahaan Indonesia. Contoh: [lowongan fresh graduate site:ac.id] atau [lowongan kerja site:go.id]
  5. Anda juga bisa langsung melakukan pencarian lowongan kerja dari perusahaan-perusahaan tertentu. Contoh ketikan di kotak pencarian kata kunci [lowongan kerja site:bca.co.id] atau [lowongan kerja site:alfamartku.com]

#4 Cara Mencari eBook Gratis

Sebagai mahasiswa dan pelajar tentu tidak lepas dari buku sebagai penunjang mata kuliah atau pelajaran. Buku-buku cetak bagi pelajar terutama mahasiswa harganya cukup lumayan mahal bagi ukuran kantong seseorang yang belum memiliki penghasilan.

Solusinya adalah dengan membeli buku digital (e-Book) yang harganya jauh lebih murah atau jika mau lebih hemat lagi carilah ebook gratis yang banyak bertebaran di internet. Di zaman sekarang yang merupakan era digital tentu mencari ebook di internet tentu tidaklah susah, asalkan kita mengetahui trik pencariannya yang tepat di Google.

Untuk mencari ebook gratis di internet lakukan dengan menggunakan operator filetype:PDF, karena kebanyakan ebook dibuat dalam type file PDF. Jika ingin lebih spesifik dalam pencarian ebook gratis bisa dengan menggunakan operator site:diikuti nama website penyedia ebook gratis, seperti gutenberg.org . Contoh: [sociology filetype:pdf site:gutenberg.org]

Ebook Gratis di Internet untuk Pelajar dan Mahasiswa
Pencarian eBook gratis dengan operator khusus Google



Di bawah ini adalah website penyedia ebook gratis:

1. free-ebooks.net
2. www.freebookspot.es
3. www.gutenberg.org
4. www.getfreeebooks.com
5. www.ebookdirectory.com
6. www.ebooklobby.com
7. com.onlinecomputerbooks.qirina.com
8. manybooks.net
9. bookboon.com
10. openlibrary.org

Dan berikutnya adalah penyedia ebook gratis Indonesia
1. ebookpedia.org
2. duniadownload.com
3. www.rajaebookgratis.com
4. www.ebook-gratisan.com
5. www.bacaebook.com
6. ebooks-epub-pdf.blogspot.com
7. bakulbuku.com


#5 Cara Membuat Dokumen Online

Bila anda ingin lebih praktis dalam mengelola dokumen, gunakan saja Google Drive sebagai penyimpanan online (Storage Cloud). Google memberikan ruang penyimpanan gratis di internet  dengan kapasitas 15 GB dengan syarat anda memiliki akun (Gemail) Google, bahkan jika anda rajin berkontribusi terhadap Google anda akan mendapatkan tambahan ruang penyimpanan gratis sebesar100 GB.

Dengan menggunakan penyimpanan online anda bebas membuka dokumen anda di mana saja tanpa perlu membawa-bawa penyimpanan portable seperti flashdis, harddisk dan lain sebagainya, yang penting ada koneksi internet untuk mengakses dokumen tersebut.

Di samping itu Google Drive juga sudah menyediakan aplikasi pengolah kata sejenis Microsoft Word yaitu Google Document, pengolah angka sejenis Excel yaitu Google Spreadsheet dan presentasi sejenis PowerPoint dengan nama Google Slide, bahkan jika anda mempunyai koleksi foto dan ingin lebih aman dalam penyimpanan, Google Drive telah menyediakan Google Foto.

Aplikasi lain yang bisa kita manfaatkan dari Google Drive di antaranya:

  1. Google Formulir yaitu aplikasi untuk membuat survey online, pendaftaran online, ulangan online dan lain sebagainya.
  2. Google Gambar yaitu untuk mengolah gambar
  3. Google My Map untuk mengolah peta
  4. Situs Google yaitu untu membuat website gratis dari Google
  5. Fixlr Editor untuk mengedit foto dan gambar


Berikut langkah-langkah mengakses Google Drive

  • Bukalah Google dengan akun Google anda
  • Ketikan pada address bar drive.google.com/drive
  • Klik menu Drive saya yang ada di sebelah kiri atas
Aplikasi Online gratis dari Google untuk Office
Penyimpanan Online gratis dari Google

  • Kemudian klik segi tiga kecil yang ada di sebelah kanan Drive saya yang muncul atas
  • Silakan kilk aplikasi atau menu yang akan anda gunakan selanjutnya.
Artikel terkait silakan baca: Cara membuat Ulangan Online Tanpa Software

#6 Cara Membuat Buku Harian Online

Bagi anda yang senang menulis tentang apapun namun malas membawa buku catatan, Google telah menyediakan aplikasi yang cukup praktis yang bisa dibuka di mana saja dan dari perangkat apa saja. Aplikasi tersebut disebut Google Keep. Syarat utamanya anda harus memiliki akun Google (Gmail).

Langkah-langkah cara menggunakan Google Keep adalah sebagai berikut:

  • Bukalah Google dengan akun Google anda
  • Ketikan pada address bar keep.google.com/
Aplikasi Diary Online gratis dari Google Keep
Aplikasi Google Keep merupakan buku harian online

  • Setelah tampil halaman Google Keep, silakan klik pada kotak Buat Catatan
  • Silakan masukkan judul catatan anda dan tuliskan isi catatan di bawahnya. Anda juga bisa menambahkan gambar pada catatan yang anda buat.

Aplikasi Google Keep tersedia juga untuk Android yang dapat anda download melalui Play Store, dengan kata kunci "Google Keep". dengan demikian anda bisa membuat catatan yang sama, baik di Android maupun di Windows.


#7 Cara Mencari Website Tutorial yang Tepat

Saya yang kebetulan berprofesi sebagai dosen juga guru sering memberikan tugas kepada anak didik saya, baik itu tugas terstruktur atau pun tugas tidak terstruktur. Ketika ada salah seorang anak didik saya bertanya "Pak cara membuatnya bagaimana?" Saya sendiri sering menyarankan untuk mencari tutorialnya di internet.

Untuk mencari tutorial yang tepat gunakan kata kunci "cara" atau "panduan" atau "trik" atau langkah-langkah" dan lain-lain, kemudian diikuti dengan kata kunci kedua seperti "membuat", "menyusun", "merangkai" atau sesuai tujuan.

Contoh 1: Jika anda mau mencari tutorial berupa artikel (teks), maka pada kotak pencarian Google tuliskan: [cara membuat ulangan online tanpa software]

Aplikasi Excel Online gratis dari Google
Cara Pencarian web Tutorial yang tepat dan spesifik



Contoh 2: Jika anda akan mencari tutorial berupa video, silakan buka Youtube, kemudian pada kotak pencarian tuliskan, misalnya: [panduan dasar cara membuat presentasi powerpoint]




#8 Cara Mencari Rumus Matematika 

Bagi pelajar dan mahasiswa tentu mengingat rumus-rumus matematika itu penting, namun terkadang tidak semua orang mempunyai ingatan yang kuat, apalagi untuk mengingat rumus matematika. Jika kebetulan anda lupa rumus matematika dari pada buka buku yang bukunya juga entah di mana dan nanya sama teman tapi juga malu, mendingan nanya sama Google. 

Caranya mencari rumus matematika;
  • Buka Google, kemudian pada kotak pencarian tuliskan kata kunci: formula of volume cylinder
Cara Cari Rumus Matematika di Google
Mencari Rumus Matematika dari Google

  • Google akan menampilkan rumus dasar silinder yang dilengkapi dengan kalkulator
  • Silakan masukan berapa diameter dan tinggi silinder yang mau diketahui volumenya

#9 Cara Translate ke Berbagai Bahasa


Biasanya pengguna Google atau mungkin anda ketika mau menterjemahkan suatu bahasa ke bahasa lain biasanya menggunakan aplikasi Terjemahan seperti di bawah ini.

Fitur dan trik Rahasia Google yang jarang diketahui Orang
Trik menterjemahkan bahasa yang lebih praktis


Jika hanya sekedar menterjemahkan kata atau kalimat pendek trik rahasia yang paling efektif, anda cukup menuliskan pada kotak pencarian kata atau kalimat lalu diikuti dengan kata bahasa yang kan diterjemahkan to bahasa terjemahan yang diinginkan.

Contoh silakan ketik pada kotak pencarian: aku cinta kamu indonesian to china kemudian Enter, maka anda akan melihat terjemahannya seperti di bawah ini.

Fitur Rahasia Google yang jarang diketahui Orang
Translate yang dilengkapi dengan audio

Jika anda ingin mendengarkan cara pengucapannya silakan klik icon suara gambar speaker yang ada di pojok atas kanan dan apabila anda malas mengetik kata atau kalimat yang mau diterjemahkan silakan klik icon mikrofon dan suara anda akan diubah menjadi teks, syaratnya komputer atau laptop anda harus dilengkapi dengan mikrofon.

Artikel terkait silakan baca: 25 Trik Rahasia Google yang Jarang Diketahui Orang


#10 Cara Mudah Membuat Blog

Bagi Pelajar dan Mahasiswa yang sudah memiliki blog, itu sangat bagus, teruskan dan kembangkan. Bagi anda yang belum memiliki blog sangat disarankan untuk segera membuat sebuah blog, karena akan banyak sekali manfaatnya terutama bagi pelajar dan mahasiswa. Berikut adalah manfaat sebuah blog bagi pemiliknya:

  • Sangat menunjang terhadap kegiatan belajar
  • Sebagai kumpulan catatan ilmu pengetahuan bagi penulisnya
  • Melatih cara mengekspresikan gagasan atau buah pikiran
  • Melatih keterampilan menyusun dan menulis
  • Menjadi terbiasa untuk berbagi ilmu dengan orang lain
  • Bisa belajar menerima kritik, saran dan pertanyaan
  • Dapat mendatangkan penghasilan (uang)
Cara Membuat Blog di Blogger
Blogger sangat cocok untuk pelajar dan mahasiswa


Para blogger yang kini telah sukses dengan penghasilan puluhan bahkan ratusan juta rupiah per bulan, kebanyakan dari mereka mulai ngeblog (istilah untuk menulis di blog) sejak masih berstatus sebagai pelajar. Jadi bagi anda yang belum ngeblog, segera buat blog. Kata pepatah "Tidak ada kata terlambat untuk belajar" atau "Lebih baik terlambat dari pada tidak sama sekali".

Google telah memfasilitasi kita dengan gratis untuk berpotensi menghasilkan jutaan rupiah dari Blogger. Sebagai syaratnya anda hanya diharuskan memiliki akun Google.

Bagaimana langkah-langkah cara membuat blog di Blogger Google, silakan buka link berikut ini: Langkah-Langkah Cara Membuat Blog Gratis di Blogger

Demikian tips dan trik cara memanfaatkan Google untuk kalangan pelajar dan mahasiswa. Semoga tutorial ini bermanfaat, jika ada saran atau pertanyaan silakan tuliskan dalam komentar. Dengan senang hati kami akan membalas secepat yang kami mampu.

Terimakasih sudah mampir ke BossTutorial.com



Previous
« Prev Post

Artikel Menarik Lainnya

10 Tips & Trik Google untuk Pelajar dan Mahasiswa
4/ 5
Oleh

Post a Comment