Cara Membuat Channel YouTube Menggunakan Handphone





TUTORIAL LENGKAP - Bagi anda yang ingin membuat channel di YouTube namun tidak punya laptop atau komputer, jangan khawatir dan berkecil hati, karena dengan hanya berbekal handphone Android saja anda sudah bisa membuat channel dan menjadi seorang creator YouTube yang tentu saja berpeluang untuk menghasilkan dollar dari YouTube.

Cara Membuat Channel YouTube pakai Handphone

Cara membuat channel YouTube dengan menggunakan handphone sangat mudah, yang penting handphone anda sudah terkoneksi ke internet. Modal utama lainnya yang harus ada dalam diri anda adalah kemauan dan kreativitas, agar nantinya channel YouTube anda bisa menghasilkan ratusan bahkan ribuan dollar seperti mereka para creator YouTube yang telah sukses mendahului kita.

Syarat utama agar kita bisa membuat channel di YouTube, yaitu kita harus memiliki email di Gamil sebagai akun Google. Jika anda belum memiliki akun Google silakan buat dulu email Gmail sebagai akun Google. Caranya anda bisa membaca artikel: Cara Membuat Email Gmail Tutorial Lengkap

Baiklah berikut langkah-langkah cara membuat channel YouTube dengan menggunakan smartphone yang berbasis Android.
Cara Membuat Channel YouTube Menggunakan Handphone

  • Klik pada gambar akun anda, maka akan tampil halaman seperti berikut
Cara Membuat Channel YouTube Menggunakan Handphone

  • Klik pada menu Channel Saya, muncul halaman seperti berikut
Cara Membuat Channel YouTube Menggunakan Handphone

  • Klik pada ikon Pengaturan yang bergambar roda bergigi, maka akan muncul halaman seperti di bawah ini
Cara Membuat Channel YouTube Menggunakan Handphone
Penjelasan ikon menu di atas adalah sebagai berikut:

Ikon 1: Cara mengganti foto akun Google dan YouTube anda,

Jika anda ingin mengganti atau memberi foto pada akun, caranya sebagai berikut:
  • Klik pada ikon kamera yang ada di gambar akun
  • Klik  Pilih dari foto Anda
  • Silakan cari gambar atau foto yang mau dijadikan gambar akun Channel YouTube Google dari koleksi foto yang ada di handphone anda
  • Atur posisi dan ukuran dengan cara menggeser dan memperbesar atau memperkecil foto yang mau dijadikan gambar akun
  • Jika sudah dirasa pas, klik tab SIMPAN yang ada di pojok atas kanan





    Ikon 2: Cara Untuk mengganti gambar header Channel YouTube anda

    Walau pun header channel tidak begitu berpengaruh terhadap hasil pencarian Google, namun keberadaan header channel sangat penting agar lebih menarik bagi para penonton. Jika anda membiarkan tanpa mengganti atau memodifikasi header channel YouTube anda, mungkin saja orang akan menganggap anda tidak keatif yang akhirnya akan segera menutup channel anda.

    Cara Membuat Channel YouTube Menggunakan Handphone
    Contoh header Channel YouTube sederhana

    Berikut langkah-langkah cara mengganti header channel YouTube:
    • Klik pada ikon kamera yang ada di pojok kanan atas
    • Pada kotak dialog yang muncul, klik  Pilih dari foto Anda
    • Silakan cari gambar atau foto yang mau dijadikan gambar header Channel YouTube, dari koleksi foto yang ada di handphone anda
    • Atur posisi dan ukuran dengan cara menggeser dan memperbesar atau memperkecil foto yang mau dijadikan gambar akun
    • Jika sudah dirasa pas, klik tab SIMPAN yang ada di pojok atas kanan
    Rekomendasi:
    Untuk membuat header Channel YouTube, agar tampak lebih menarik gunakan gambar atau foto atau teks yang relevan dengan nama dan isi dari channel YouTube anda. Akan lebih bagus dan nampak lebih profesional jika anda mendesain secara khusus herader channel YouTube dengan aplikasi design grafis, seperti Cowel Draw, Adobe Photoshop atau anda bisa mendesainnya dengan PowerPoint, yang penting dimensinya 2560 x 1440 pixel dengan ukuran file maksimal 5 MB.





    Ikon 3: Cara Membuat Nama Channel YouTube yang Baik

    Nama channel YouTube akan secara otomatis sama dengan nama yang anda buat saat membuat akun Google. Misalnya saja pada saat membuat akun Google, nama depan yang anda masukkan: Dodi, dan nama belakang: Sukmanaga, maka nama otomatis chennel YouYube anda adalah Dodi Sukmanaga.

    Tidak ada salahnya anda menggunakan nama anda sendiri sebagai nama channel YouTube, namun secara teori dalam teknik SEO, channel YouTube dengan menggunakan nama sendiri yang tidak terkait dengan isi atau contain channel, akan lama terindex oleh mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing dan yang lainnya.

    Jadi jika anda menginginkan channel YouTube anda lebih cepat terindex oleh mesin pencari, sesuaikan nama channel dengan contain. Misalnya jika channel anda berisi tentang video games, anda bisa membuat nama channel menjadi Top Games, Games Populer, Jago Games dan lain sebagainya, atau mungkin anda bisa memadukan antara nama anda dengan contain channel, misalnya saja Naga Games, Dodi D'Gamer, Sukma Jago Games dan lain sebagainya.

    Jadi silakan ganti nama akun Google anda dengan nama channel yang disesuaikan dengan contain, caranya:
    • Klik pada ikon pensil yang ada di sebelah kanan nama akun
    • Silakan ganti nama akun anda dengan nama channel YouTube yang disesuaikan dengan contain channel
    • Klik OK jika sudah yakin dengan nama channel pilihan nada
    Perlu diketahui bahwa penggantian nama akun hanya diperbolehkan tiga kali selama kurun waktu 90 hari.

    Ikon 4: Cara Membuat Deskripsi yang Tepat di Channel YouTube

    Deskripsi Channel merupakan penjelasan isi atau contain secara keseluruhan yang ada dan yang akan anda upload ke channel YouTube anda. Dengan deskripsi channel yang tepat yang mengandung beberapa kata kunci (keyword) yang relevan dengan contain channel akan sangat membantu para pemirsa menemukan channel YouTube anda.

    Di samping deskripsi channel, ada juga deskripsi video yaitu deskripsi yang dibuat pada setiap mengupload sebuah video baru ke channel anda. Jika deskripsi channel mejelaskan secara keseluruhan tentang channel anda, sedangkan deskripsi video khusus menjelaskan secara spesifik tentang video baru yang anda upload.

    Baik deskripsi channel maupun deskripsi video ketentuannya sama yaitu:
    • Panjangnya maksimal 5000 karakter termasuk spasi dan tanda baca
    • Gunakan kata-kata yang mengandung keyword di awal kalimat serta dengan susunan kalimat yang alami
    • Deskripsi harus sesuai dengan contain channel dan video yang diupload
    • Gunakan kata-kata yang menarik, unik, baik yang sopan
    • Jangan pernah menuliskan deskripsi yang tidak sesuai dengan isi chanel dan video yang anda upload, karena hal tersebut melanggar kebijakan YouTube
    • Jika anda mau menuliskan link ke website seperti blog, media sosial atau yang lainnya di akhir deskripsi, awali dengan http://di depan alamat web agar bisa diklik




    Cara Mencantumkan Meta Tag yang Benar di Channel YouTube

    Selain di bagian deskripsi anda juga bisa mencantumkan beberapa hashtag secara khusus di bagian kotak meta tag yang ada di bawah deskripsi. Tag-tag yang kita cantumkan sangat membantu video kita berpeluang ditemukan orang saat mereka melakukan pencarian video dengan tag atau kata tertentu. 

    Cara Membuat Channel YouTube Menggunakan Handphone

    Misalnya saja dalam kotak meta tag anda mencantumka .n tag"game motogp", kemudian ada orang melakukan pencarian di halaman YouTube dengan kata kunci game motogp, maka video anda yang memiliki meta tag game motogp kemungkinan besar akan tampil dalam hasil pencarian tersebut, walaupun tidak menjadi jaminan 100% video anda akan muncul di kelompok atas.

    Dengan menggunakan meta tag yang relevan dengan judul video, kesempatan video anda untuk ditonton orang semakin besar. Jadi silakan buat beberapa tag yang merupakan penjabaran dari judul video anda.
    Tag bisa mengandung satu kata atau lebih, yang terpenting relevan dengan judul serta video yang anda upload. Sedangkan sesuai dengan kebijakan YouTube, meta tag tidak boleh lebih dari 15 buah tag dalam satu judul video.

    Demikian tutorial lengkap Cara Membuat Channel YouTube Menggunakan Handphone. Semoga tutorial ini bermanfaat, jika ada saran atau pertanyaan, silakan tuliskan dalam komentar. Dengan senang hati BossTutorial akan membalas secepat yang kami mampu.

    Terimakasih sudah berkunjung ke blog TUTORIAL LENGKAP di www.bosstutorial.com


    Previous
    « Prev Post

    Artikel yang Sangat Penting

    Artikel Menarik Lainnya

    Cara Membuat Channel YouTube Menggunakan Handphone
    4/ 5
    Oleh

    1 comment

    1 September 2018 at 22:24 delete

    Bermanfaat sekali, thanks

    Post a Comment