Durasi Video YouTube yang Ideal




Ukuran maksimal file video yang bisa diupload ke YouTube adalah 128 GB atau berdurasi maksimal 12 jam atau 720 menit. Ini adalah ketentuan terbaru batas upload video ke YouTube. Jadi jika anda pernah menyaksikan video YouTube yang berdurasi lebih dari 12 jam, mungkin video tersebut diupload sebelum regulasi baru ini diterapkan.

Durasi Video YouTube yang Ideal


Sedangkan berapa batasan durasi video terendah yang bisa diupload ke YouTube, secara spesifik YouTube tidak menentukan angka. Sebab video pertama saja yang diupload oleh salah satu pendiri YouTube Jawed Karim pada 23 April 2005 hanya berdurasi 19 detik.

Nah, jadi berapa lama durasi video YouTube yang paling ideal?

Untuk mencari jawaban yang pas kita harus mengkaji laporan data analisis pada video yang ada di channel YouTube kita. Minimal kita harus mengkaji data analisis pada tiga video yang berbeda durasi tayangnya. Misalnya durasi pendek yang kira-kira 5 menit, pertengahan kira-kira 15 menit dan yang panjang kira-kira 30 menit.

Cara untuk melihat atau mengambil data analisis tiap video di channel di YouTube versi desktop adalah sebagai berikut, sedangkan jika menggunakan handphone, kita harus menginstall dulu App YT Studio:
  • Silakan masuk ke Dasbor channel, kemudian Klik pada menu Video yang ada di samping kiri
  • Silakan klik pada thumbnail salah satu video yang memiliki usia minimal satu bulan sejak diupload
Durasi Video YouTube yang Ideal

  • Pilih dan klik pada bagian Analisis
  • Kemudian tentukan kurun waktu yang ada di pojok kanan atas, misalnya 28 hari Terakhir
  • Lakukan Screenshot pada data Analisis yang ada pada video tersebut, seperti di bawah ini
Durasi Video YouTube yang Ideal

  • Kemudian data analisis tersebut copy ke Microsoft Word atau aplikasi lainnya untuk dibandingkan dengan data analisis dua video yang lainnya
  • Lakukan screenshot pada data analisis video yang lainnya kemudian bandingkan, seperti di bawah ini
Durasi Video YouTube yang Ideal

Untuk melakukan kajian data terhadap data analisis video tersebut agar hasilnya lebih mendekati akurat, kurun waktu yang diambil harus sama. Dalam contoh di atas kurun waktu ke tiga video tersebut sama-sama dalam jangka 28 hari terakhir.




Durasi Video yang Paling Besar Menghasilkan Uang

Untuk mencari durasi video mana yang paling besar menghasilkan dollar, silakan bagi besarnya pendapatan dengan jumlah tayang. Hasilnya dari data contoh tiga video di atas adalah sebagai berikut:
  • Video 1 (Durasi 6:56) menghasilkan nilai 3,05
  • Video 2 (Durasi 14:32) menghasilkan nilai 6,92
  • Video 3 (Durasi 37:54) menghasilkan nilai 9,35
Asumsi:
Dari kajian analisis data di atas sementara dapat disimpulkan bahwa video dengan durasi lama akan semakin berpotensi menghasilkan pendapatan yang lebih besar.

Dengan demikian jika kita gambarkan dengan sebuah grafik, maka grafiknya kurang lebih akan seperti di bawah ini:

Durasi Video YouTube yang Ideal

Grafik di atas menunjukan bahwa durasi video berbanding lurus dengan pendapatan. Artinya semakin panjang durasi video, maka potensi untuk memperoleh pendapatan semakin besar.





Durasi Video yang Paling Diminati Penonton

Untuk mencari durasi video yang paling diminati penonton adalah dengan cara membagi angka Durasi Rata-Rata Video Ditonton terhadap Durasi Video yang sesungguhnya kali 100%. Seperti contoh di bawah ini. Durasi Rata-rata Video Ditonton merupakan hasil bagi Jumlah Waktu Menonton dengan Jumlah Penayangan.

Durasi Video YouTube yang Ideal

Hasilnya dari data contoh tiga video di atas adalah sebagai berikut:
  • Video 1 (Durasi 6:56) menghasilkan nilai 39%
  • Video 2 (Durasi 14:32) menghasilkan nilai 23%
  • Video 3 (Durasi 37:54) menghasilkan nilai 15%
Asumsi:
Dari kajian analisis data di atas sementara dapat disimpulkan bahwa video dengan durasi pendek lebih disukai atau lebih diminati oleh penonton.

Dengan demikian jika kita gambarkan dengan sebuah grafik, maka grafiknya kurang lebih akan seperti di bawah ini:

Durasi Video YouTube yang Ideal

Grafik di atas menunjukan bahwa durasi video berbanding terbalik dengan pendapatan. Artinya semakin panjang durasi video, maka animo atau minat penonton semakin rendah.




Durasi Video yang Paling Ideal

Sebuah video yang ideal tentunya harus memperhatikan dua sudut titik di atas yaitu kita harus memperhatikan minat penonton dan juga sebagai creator kita harus memperhatikan pendapatan. 

Video berdurasi panjang lebih berpotensi menghasilkan uang yang lebih besar, karena kita bisa mengatur penempatan jeda iklan di tengah video sebanyak yang kita mau, misalnya setiap jeda empat menit atau jeda waktu lainnya. Tentunya berikut iklan default di awal video yang ditetapkan YouTube.

Sedangkan video yang berdurasi pendek (di bawah 10 menit) kita tidak bisa mengatur penempatan jeda iklan. Jadi penempatan iklan pada video kita sepenuhnya diatur oleh YouTube. Dan munculnya jeda iklan di tengah video kemungkinannya sangat tipis.

Video berdurasi panjang kelemahannya kurang diminati penonton
Video berdurasi panjang kelebihannya berpotensi menghasilkan uang besar
Video berdurasi pendek kelemahannya sedikit menghasilkan uang
Video berdurasi pendek kelebihannya disukai penonton

Jadi sebuah video YouTube yang ideal adalah dengan memadukan antara penghasilan dengan minat penonton, seperti gabungan dua grafik di atas yang akan menghasilkan grafik seperti di bawah ini:

Durasi Video YouTube yang Ideal

Berdasarkan kajian data analisis dan grafik di atas maka sebuah video YouTube yang paling ideal adalah antara 10 sampai 20 menit. Pada rentang angka ini minat penonton dan penghasilan masih dalam angka yang cukup bagus.

Bagi para YouTuber pemula yang masih mengejar syarat monetisasi hal ini sangat penting, karena persyaratan untuk monetisasi adalah jumlah jam tayang bukan jumlah tayang (viewer). Dengan membuat video berdurasi terlalu pendek misalnya di bawah 3 menit, rasanya akan lebih lama untuk mencapai 4000 jam tayang.

Karena seperti data analisis di atas durasi video berbanding lurus dengan durasi rata-rata video ditonton. Artinya durasi video pendek akan memiliki durasi rata-rata video ditonton lebih pendek pula, walau pun rata-rata tayang akan lebih tinggi.

Demikian tutorial bagaimana cara memilih durasi video yang paling ideal untuk diupload ke YouTube. Semoga tutorial ini bermanfaat.

Terimakasih sudah mampir ke blog TUTORIAL LENGKAP di BossTutorial.com




Previous
« Prev Post

Artikel Menarik Lainnya

Durasi Video YouTube yang Ideal
4/ 5
Oleh

Post a Comment