Mengatasi Laptop Lemot dengan Deep Freeze




Mungkin teman-teman sering merasa kesal dan jengkel ketika laptop dihidupkan mengalami booting dengan loading yang lama banget. Padahal pada saat baru beli, booting sangat cepat tidak lama seperti sekarang ini. Bahkan bukan hanya pada saat booting saja laptop jadi lemot, tapi pada saat membuka aplikasi juga kinerja laptop lemot.

Mengatasi Laptop Lemot dengan Deep Freeze


Penyebab laptop lemot atau lambat, secara global diakibatkan oleh tiga hal, yaitu:
  • Menurunnya kinerja hardware atau perangkat kerasnya seperti hard disk, processor, RAM, Chipset dan komponen lain yang ada di motherboard. 
  • Ada yang tidak beres pada software terutama pada sistem operasi
  • Semakin banyaknya aplikasi baik yang di-install secara sengaja maupun yang ter-install tanpa sengaja. 
Hal itulah menjadikan beban kerja hardware jadi semakin berat dan akibatnya komputer atau laptop jadi lemot

    Mengatasi Laptop Lemot dengan Install Deep Freeze

    Ini berdasarkan pengalaman selama saya bertugas sebagai pengelola laboratorium komputer. Pada saat itu tujuan awalnya di-install Deep Freeze agar para siswa tidak bisa mengubah setting-an komputer dan tidak bisa menambahkan atau menghapus aplikasi.

    Setelah beberapa tahun kemudian dari sekian banyak komputer yang tidak pernah mengalami trouble baik hardware maupun softwarenya, ternyata hanya komputer-komputer yang di-install aplikasi Deep Freeze. Semua komputer yang dipasang aplikasi Deep Freeze tetap memiliki kinerja yang stabil. Sedangkan komputer yang lainnya hampir semua bermasalah.

    Sejak itulah setiap ada penambahan komputer baru untuk laboratorium, selalu saya install terlebih dahulu Deep Freeze agar tetap memiliki kinerja yang stabil dan tentu saja jadi awet.




    Kenapa Deep Preeze Bisa Membuat Laptop tidak Lemot?

    Deep Freeze yang dibuat oleh Faronics adalah sebuah aplikasi yang tersedia untuk sistem operasi Microsoft Windows, Mac OS X, dan Linux SUSE yang memungkinkan administrator sistem untuk melindungi sistem operasi inti dan file konfigurasi pada workstation atau server dengan mengembalikan konfigurasi komputer kembali ke aslinya setiap kali restart komputer. Maka dari itu Deep Freeze dikenal sebagai Reboot to Restore Software.

    Lebih jelasnya, setelah komputer dihidupkan, user bisa melakukan tindakan apapun seperti mem-partisi hard disk, menambahkan aplikasi, menghapus aplikasi, menghapus data, merubah konfigurasi sistem, melakukan perubahan setting dan lain sebagainya. Namun, ketika komputer dihidupkan ulang (restart) semua tindakan perubahan tadi akan hilang dan komputer dikembalikan ke setting dan konfigurasi awal.

    Deep Freeze juga dapat melindungi komputer dari malware dan aplikasi berbahaya lainnya, karena ia akan secara otomatis menghapus semua file hasil download baik yang sengaja maupun yang tidak disengaja ketika komputer dihidupkan ulang.

    Bagi anda yang sering terkoneksi ke internet tentu sangat rawan komputer kita terinfeksi virus, malware, disusupi hacker dan aplikasi berbahaya lainnya. Dengan adanya Deep Freeze maka semua aplikasi dan program yang membahayakan tadi tidak akan bertahan lama, karena setelah komputer dimatikan dan dihidupkan kembali semua program penyusup tadi akan musnah.

    Deep Freeze menggunakan sumber daya sistem yang sangat sedikit, dengan demikian aplikasi ini tidak akan memberikan beban yang berat pada sistem dan kinerja komputer. Kelemahan yang dimiliki Deep Freeze yaitu tidak bisa membersihkan secara langsung (realtime) Virus, Maleware, dan aplikasi berbahaya lainnya, tetapi harus menunggu komputer dihidupkan ulang (restart).

    Dengan demikian sangat jelas kenapa komputer kita bisa awet dengan tetap memiliki kinerja dan performa yang baik, jika kita menginstall aplikasi Deep Freeze.



    Cara Install Deep Freeze

    Di internet banyak website yang menawarkan aplikasi Deep Freeze, baik yang original maupun yang versi bajakan. BossTutorial menyarankan gunakanlah Deep Freeze original. Anda bisa mencoba Deep Freeze versi gratis (free) dulu selama 30 hari.

    Cara untuk mendapatkan Deep Freeze versi trial (uji coba gratis 30 hari) silakan kunjungi website resminya yaitu: https://www.faronics.com/en-uk/products/deep-freeze

    Anda bisa memilih Deep Freeze ENTERPRISE (DEFent), atau pilih Deep Freeze STANDARD (DEStd). Dalam contoh ini BossTutorial menggunakan Deep Freeze Standar yang diintall pada Windows 10.

    Langkah-langkah install Deep Freeze adalah sebagai berikut:
    • Silakan extract terlebih dahulu file installer Deep Freeze hasil download menggunakan WinZip atau WinRAR

    Mengatasi Laptop Lemot dengan Deep Freeze

    • Buka folder hasil extract tadi dan dobel klik pada DFStd atau DFEnt yang bertipe file Application

    • Pada jendela installer Deep Freeze yang muncul klik Next dan terus ikuti sebagaimana kita install aplikasi lainnya
    Mengatasi Laptop Lemot dengan Deep Freeze

    • Pada bagian jendela untuk memasukkan Code Key Number, silakan masukan kodenya jika anda sudah memiliki kodenya, tapi karena dalam contoh ini kita menggunakan versi Trial, silakan beri tanda Ceklis pada kotak kecil bagian Use Evaluation
    Mengatasi Laptop Lemot dengan Deep Freeze

    • Pada tahapan berikutnya yaitu pada jendela Frozen Drives Configuration seperti di bawah ini kita harus menentukan drive mana yang mau kita bekukan
    Mengatasi Laptop Lemot dengan Deep Freeze

    • Drive yang harus kita bekukan  (Frozen) adalah drive dimana terinstall Windows dan pada umumnya adalah drive C:
    • Kemudian pada jendela ThawSpace Configuration yang muncul berikutnya seperti di bawah ini, jika mau kita juga bisa menentukan seberapa besar bagaian yang ingin tidak dibekukan dari drive yang kita bekukan 
    Mengatasi Laptop Lemot dengan Deep Freeze

    • Jika kita tak mau melakukan pengaturan pada Thawed Speace, hilangkan saja tanda ceklis pada kotak ThawSpace
    • Setelah itu klik pada tombol Install
    Sampai di sini kita sudah berhasil install Deep Freeze pada laptop atau komputer Windows. Agar Deep Freeze benar-benar berfungsi dengan baik, kita harus melakukan pengaturan Deep Freeze tersebut agar laptop tidak lemot dan laptop jadi awet.




    Cara Setting Deep Freeze pada Laptop

    Setelah selesai install silakan lakukan configurasi atau pengaturan Depp Freeze pada laptop Windows anda. Karena aplikasi Deep Frezze tidak memiliki ikon yang muncul di desktop dan juga di Start Menu, maka untuk menampilkan jendela pengaturan Deep Freeze adalah sebagai berikut:
    • Pada taskbar di sebelah kanan, klik tanda anak panah ke atas, maka akan muncul panel control seperti di bawah ini
    Mengatasi Laptop Lemot dengan Deep Freeze

    • Tekan dan tahan tombol Shift pada keyboard kemudian dobel klik pada ikon Deep Freeze atau anda juga bia menekan tombol Shift + CTRL + ALT + F6 pada keyboard, maka akan muncul jendela pengaturan awal seperti ini
    Mengatasi Laptop Lemot dengan Deep Freeze

    • Pada jendela Deep Freeze Standard di atas, Klik pada menu Boot Control
    • Silakan masukkan Code Lisensi jika anda menggunakan Deep Freeze versi berbayar atau telah memiliki kodenya
    • Lewati langkah ini jika anda menggunakan versi Trial dan langsung klik pada menu Password yang memiliki pengaturan password seperti di bawah ini
    Mengatasi Laptop Lemot dengan Deep Freeze

    • Silakan buat Password sesuai dengan keinginan anda. Biar tidak lupa buatlah password yang mudah diingat
    • Klik lagi pada menu ThawSpace, maka akan tampil bagian pengaturan seperti di bawah ini
    Mengatasi Laptop Lemot dengan Deep Freeze

    • Jika anda tidak ingin melakukan pengaturan space dari drive yang anda bekukan, klik aja pada tombol Apply and Reboot
    • Jika muncul jendela notifikai seperti ini klik aja tombol Yes
    Mengatasi Laptop Lemot dengan Deep Freeze


    Sampai di ini kita telah berhasil melakukan pembekukan pada drive C: tempat dimana Windows kita diinstall. Dengan demikian apapun yang anda lakukan perubahan pada drive C: baik sengaja maupun tidak sengaja, tidak akan pernah bisa disimpan.

    Jadi mulai saat ini silakan pindahkan folder penyimpanan My Document ke drive yang lain misalnya ke D; atau E;, atau bisa juga dengan membuat folder baru di drive selain C; untuk menyimpan semua hasil kerja anda.




    Cara Menonaktifkan Deep Freeze

    Jika kebetulan anda ingin menginstall sebuah aplikasi baru atau ingin melakukan perubahan configurasi pada Windows, silakan Nonaktifkan Deep Freeze untuk sementara. Caranya sebagai berikut:
    • Pada taskbar di sebelah kanan, klik tanda anak panah ke atas, maka akan muncul panel control seperti di bawah ini
    • Tekan dan tahan tombol Shift pada keyboard kemudian dobel klik pada ikon Deep Freeze atau anda juga bisa menekan tombol Shift + CTRL + ALT + F6 pada keyboard, maka akan muncul jendela pengaturan awal seperti ini
    Mengatasi Laptop Lemot dengan Deep Freeze

    • Silakan pilih pada bagian Boot Thawed, kemudian klik tombol Apply and Reboot
    • Pada kotak dialog  seperti di bawah ini, klik saja Yes
    Mengatasi Laptop Lemot dengan Deep Freeze

    Dengan menonaktifkan Deep Freeze, maka sekarang anda bisa melakukan perubahan pada drive C: sebagaimana seperti anda belum menginstall Deep Freeze.

    Cara Uninstall Deep Freeze

    Jika anda mencari aplikasi Deep Freeze di bagian Program and Feature atau di Apps & Features untuk diuninstall pasti tidak akan ketemu. Jadi cara uninstall Deep Freeze adalah sebagai berikut:

    • Silakan buka kembali file installer Deep Freeze Standar yaitu DFStd hasil download yang sudah diextract
    Mengatasi Laptop Lemot dengan Deep Freeze
    • Doubel klik pada file installer DFStd, seperti gambar di atas
    • Maka akan muncul jendela installer Deep Freeze seperti di bawah ini
    Mengatasi Laptop Lemot dengan Deep Freeze

    • Klik pada tombol Uninstall
    • Terus ikuti instruksi uninstall sampai laptop atau komputer restart sendiri
    • Jika udah terjadi restart berarti Deep Freeze telah berhasil diuninstall dari Windows kita.
    • Untuk memastikannya silakan cek ikon Deep Freeze di bagian Show hiden icon yang ada di taskbar, seperti gambar berikut
    Mengatasi Laptop Lemot dengan Deep Freeze

    • Jika ikon Deep Freeze sudah hilang berarti uninstall Deep Freeze berhasil
    Demikian tadi bagaimana cara agar laptop tidak lemot yang sekaligus juga agar laptop awet dan tetap memiliki kinerja yang baik.

    Semoga tutorial lengkap tentang Deep Preeze ini bermanfaat, dan terimakasih sudah sudi mampir ke blog TUTORIAL LENGKAP di www.bosstutorial.com



    Previous
    « Prev Post

    Artikel Menarik Lainnya

    Mengatasi Laptop Lemot dengan Deep Freeze
    4/ 5
    Oleh

    Post a Comment