10 Jurusan Kuliah yang Paling Mudah untuk Cari Kerja




Pada bulan Februari 2019 Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat ada sekitar 6,87 juta pengangguran di Indonesia. Dari jumlah tersebut, 8,8% atau sekitar 604 ribu di antaranya adalah sarjana. Informasi tersebut dikeluarkan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Indonesia. Suatu kondisi yang mengkhawatirkan dan sekaligus juga menghadirkan rasa keraguan dalam diri para pemuda yang ingin kuliah.

Dari sekian banyak faktor penyebab para sarjana kenapa masih pada menganggur, penyebab yang paling utama adalah mereka salah memilih jurusan saat masuk kuliah, di samping faktor-faktor lain. Baik itu faktor penghambat dari dalam diri sarjana itu sendiri seperti terlalu selektif dalam memilih pekerjaan, motivasi yang rendah, keahlian yang minim, kreativitas yang rendah dan lain-lain. Sedangkan faktor penghambat dari luar seperti persaingan dunia kerja yang ketat, lapangan kerja yang sedikit, upah kerja yang rendah dan lain sebagainya.
Jurusan Kuliah yang Paling Mudah untuk Cari Kerja

Pada jurusan-jurusan perkuliahan tertentu di perguruan tinggi favorit, banyak para mahasiswa yang masih duduk di tingkat akhir, sudah ditawari oleh perusahaan-perusahaan besar berskala Internasional untuk bekerja di perusahaannya. Jika mahasiswa tersebut setuju, maka sejak itu mereka sudah dapat gaji cuma-cuma (uang kuliah), dengan perjanjian jika telah lulus, mereka harus bekerja di perusahaan tersebut.

Hal tersebut di atas menunjukkan bahwa jurusan perkuliahan semacam itu sangat dibutuhkan oleh dunia kerja. Maka dari itu kepada anda yang berniat kuliah atau para orangtua yang berniat menguliahkan anak-anaknya, harus selektif dalam memilih jurusan perkuliahan di perguruan tinggi. Jadi jangan asal kuliah. Walau kita kuliah berniat mencari ilmu karena Allah, namun perlu diingat pendidikan adalah modal hidup di masa depan.

Berikut adalah Daftar Jurusan Kuliah yang Paling Mudah untuk Mencari Kerja:

1. Jurusan Teknik

Ini merupakan jurusan kuliah yang paling mudah untuk mencari pekerjaan. Jurusan ini selain terkenal sebagai jurusan yang menghasilkan lulusan bergaji besar, juga jurusan teknik sampai hari ini masih memiliki daya tarik yang tinggi baik bagi calon mahasiswa maupun bagi dunia kerja. Jurusan Teknik yang paling menjanjikan gaji besar di antaranya Teknik Pertambangan, Teknik Perminyakan, Teknik Penerbangan (Aeronautika dan Astronautika) dan disusul dengan jurusan teknik-teknik lainnya.

Jurusan Kuliah yang Paling Mudah untuk Cari Kerja

Untuk bisa masuk jurusan teknik tentunya harus berlatar belakang ijazah SMA IPA atau yang sejenisnya. Walaupun tak mudah untuk masuk ke jurusan ini, namun setelah lulus kuliah dari jurusan teknik anda akan mudah dalam mencari kerja. Dan setelah bekerja anda akan menerima gaji pertama dengan nominal belasan juta. 



2. Jurusan Arsitektur

Jurusan kuliah yang gampang cari kerja yang satu ini memang tidak mudah. Mayoritas mata kuliah pada jurusan Arsitektur, selain menggambar yang membutuhkan keterampilan khusus serta kreativitas yang tinggi juga banyak mata kuliah yang berhubungan dengan perhitungan yang menuntut kecerdasan dan ketelitian.

Jurusan Kuliah yang Paling Mudah untuk Cari Kerja

Walau dianggap berat oleh sebagian calon mahasiswa untuk masuk jurusan Arsitektur, nyatanya jurusan ini selalu kebanjiran peminat. Hal ini karena mudahnya mencari pekerjaan setelah lulus kuliah. Berdasarkan data di Kementrian Riset dan Teknologi, sarjana lulusan jurusan Arsitektur memiliki potensi dipekerjakan sebesar 98 persen. 

3. Jurusan Ilmu Fisika

Ilmu Fisika berada di urutan tiga sebagai jurusan kuliah yang mudah untuk mendapat pekerjaan. Hal ini disebabkan karena lapangan kerja yang berhubungan dengan ilmu fisika cukup banyak di Indonesia, seperti pada bidang astronomi, kimia, geologi, geofisika, statistik, dan meteorologi. Bidang-bidang pekerjaan tersebut rata rata menjadi mata kuliah pada jurusan Ilmu Fisika.

Jurusan Kuliah yang Paling Mudah untuk Cari Kerja

Berdasarkan penelitian yang dilakukan Course Hero Survey Amerika Serikat, pada tahun lalu di sebutkan sarjana lulusan jurusan Ilmu Fisika memiliki kesempatan sebesar 95% untuk bisa langsung mendapat pekerjaan.

4. Jurusan Ilmu Komunikasi

Nah ini dia jurusan yang biasanya memiliki peminat paling tinggi di sejumlah universitas baik negeri dan swasta. Komunikasi sendiri merupakan salah satu jurusan yang membuat lulusannya mudah dalam mencari pekerjaan. Hal ini disebabkan ilmu komunikasi selalu diterapkan di setiap industri kerja misalnya humas, hubungan internasional, atau jurnalistik.

Jurusan Kuliah yang Paling Mudah untuk Cari Kerja

Komunikasi sendiri juga merupakan skill dasar yang harus dimiliki setiap calon pekerja di dunia lapangan nanti. Jurusan ini sendiri menurut survei sebesar 93 persen lulusannya bisa langsung mendapat pekerjaan setelah lulus kuliah.




5. Jurusan Keuangan  

Pada tahun lalu prospek kerja di bidang keuangan berada pada posisi tertinggi, karena memang sampai saat ini pun tenaga-tenaga ahli dalam bidang keuangan (finansial) masih sangat banyak dibutuhkan oleh banyak perusahaan dan perbankan. Jadi tidaklah heran jika jurusan Keuangan merupakan salah satu jurusan yang paling gampang untuk cepat bekerja.

Jurusan Kuliah yang Paling Mudah untuk Cari Kerja

Bahkan NACE (National Association of Corrosion Engineers) mencatat ada 60,4% lulusan finance yang dicari dalam perusahaan-perusahaan termasuk perbankan.

6. Jurusan Akuntansi

Baik jurusan Keuangan maupun Akuntansi, kedua-duanya merupakan jurusan perkuliahan yang mudah untuk mencari pekerjaan. Kedua jurusan ini berada pada bidang yang sama, yaitu ekonomi. Mungkin dalam bidang pekerjaannya kalau jurusan akuntansi mengurus laporan keuangan, sedangkan jurusan keuangan atau finance bertugas untuk mengatur pemasukan dan pengeluarkan keuangan. 

Jurusan Kuliah yang Paling Mudah untuk Cari Kerja

Dalam praktiknya di dunia kerja sering kali terjadi orang yang kuliahnya dari jurusan Keuangan tapi bekerja sebagai Akunting, demikian pula sebaliknya, kuliah di jurusan Akuntansi tapi bekerja sebagai tenaga ahli keuangan. Itulah barangkali yang membuat kedua jurusan perkuliahan ini banyak dibutuhkan perusahaan.

7. Jurusan Ilmu Komputer

Jurusan ini banyak diminati karena adanya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang sangat pesat dewasa ini. Yang menjadi alasan kenapa begitu favorit, karena lulusan dari ilmu komputer banyak dicari dan dibutuhkan dalam dunia kerja.

Jurusan Kuliah yang Paling Mudah untuk Cari Kerja

Jurusan Ilmu Komputer selain menjadi jurusan kuliah yang paling gampang kerja, juga setelah berada di dunia kerja, rata-rata mereka mempunyai gaji yang tinggi. Jadi tidak heran kalau juruna Ilmu Komputer menjadi favorit generasi muda Zaman Now. 



8. Jurusan Kedokteran

Dua puluh sampai sepuluh tahun yang lalu, kedokteran merupakan jurusan yang paling mudah untuk kerja, namun seiring dengan perkembangan rumah sakit yang jauh ketinggalan dengan perkembangan perusahaan dan industri sementara di sisi lain jumlah lulusan kedokteran semakin membeludak. 

Jurusan Kuliah yang Paling Mudah untuk Cari Kerja

Barangkali hal inilah yang membuat lulusan kedokteran mengalami penurunan rating dalam kemudahan mencari kerja, karena bisanya seorang dokter dianggap telah mapan bekerja bila dia telah diangkat tetap di sebuah rumah sakit atau instansi terkait lainnya. Walau demikian jurusan kedokteran masih menjadi yang paling menjanjikan dalam penghasilan. 

9. Jurusan Hukum

Jurusan hukum punya banyak bidang seperti hukum perdata, hukum pidana, hukum tata negara, hukum ekonomi bisnis, dan hukum internasional. Banyaknya bidang hukum dalam jurusan ini yang membuat Jurusan Hukum masih menjadi salah satu jurusan yang mudah untuk mendapat pekerjaan.

Jurusan Kuliah yang Paling Mudah untuk Cari Kerja

Jika jaman dulu lulusan jurusan Hukum lebih berorientasi pada pemerintahan seperti pengadilan dan kejaksaan, namun sekarang prospek kerja hukum lebih banyak dibutuhkan oleh perusahaan.

10. Jurusan Bisnis

Jurusan ini seakan tidak akan lekang oleh zaman. Dari dulu hingga sekarang lulusan dari jurusan bisnis hingga ekonomi selalu dibutuhkan di dunia kerja. Hal ini tidak akan membuat kamu pusing untuk melamar pekerjaan.

Jurusan Kuliah yang Paling Mudah untuk Cari Kerja

Dua jurusan yang besinggungan dengan keuangan ini buktinya masuk ke dalam deretan jurusan kuliah yang bikin lulusannya mudah untuk masuk ke industri kerja. Tapi tantangannya adalah, lulusan di jurusan ini sangat banyak dan kamu bersaing dengan mereka semua.

Itulah macam-macam 10 Jurusan Kuliah yang Paling Mudah untuk Bekerja. Jadi bagi anda yang mau kuliah atau menguliahkan anak-anaknya pertimbangankan dengan matang jurusan perkuliahan yang akan dimasukinya. Semoga artikel ini ada manfaatnya.

Diambil dari 10 Terpopuler dengan izin tertulis.

Terimakasih sudah berkunjung ke blog TUTORIAL LENGKAP di https://www.bostutorial.com





Previous
« Prev Post

Artikel Menarik Lainnya

10 Jurusan Kuliah yang Paling Mudah untuk Cari Kerja
4/ 5
Oleh

Post a Comment