Cara Aktivasi Office 2016 Permanen

Apabila kita menginstal Microsoft Office versi trial atau versi gratisan di komputer atau laptop Windows maka dalam jangka waktu tertentu (biasanya satu bulan) sebagian dari fungsi fitur-fiturnya akan menjadi nonaktif alias tidak bisa digunakan lagi.

Maka dari itu setelah install Microsoft Office sebaiknya lakukan pula aktivasi Microsoft Office tersebut agar tetap memiliki fitur-fitur lengkap selamanya, jangan menunggu sampai munculnya peringatan berupa warna merah pada bagian Title Bar dengan tulisan: Product Activation Failed, seperti di bawah ini.

Cara Aktivasi Office 2016


Ada banyak cara untuk aktivasi Microsoft Office, dalam hal ini Paktor akan mencontohkan bagaimana Cara Aktivasi pada Microsoft Office 2016 secara permanen di komputer atau laptop yang menggunakan windows 10, Windows 8/8.1, maupun Windows 7. 

Anda bisa menggunakan product key resmi dari Microsoft atau menggunakan software aktivator. Apabila anda sudah memiliki product key, maka anda bisa mengaktifkan Microsoft Office 2016 tanpa bantuan software. 

1. Cara Aktivasi Office 2016 via CMD

  • Silakan copy code HTML berikut ini:
@echo off
title Activate Microsoft Office 2016 ALL versions for FREE!&cls&echo ============================================================================&echo #Project: Activating Microsoft software products for FREE without software&echo ============================================================================&echo.&echo #Supported products:&echo - Microsoft Office Standard 2016&echo - Microsoft Office Professional Plus 2016&echo.&echo.&(if exist "%ProgramFiles%\Microsoft Office\Office16\ospp.vbs" cd /d "%ProgramFiles%\Microsoft Office\Office16")&(if exist "%ProgramFiles(x86)%\Microsoft Office\Office16\ospp.vbs" cd /d "%ProgramFiles(x86)%\Microsoft Office\Office16")&(for /f %%x in ('dir /b ..\root\Licenses16\proplusvl_kms*.xrm-ms') do cscript ospp.vbs /inslic:"..\root\Licenses16\%%x" >nul)&(for /f %%x in ('dir /b ..\root\Licenses16\proplusvl_mak*.xrm-ms') do cscript ospp.vbs /inslic:"..\root\Licenses16\%%x" >nul)&echo.&echo ============================================================================&echo Activating your Office...&cscript //nologo ospp.vbs /setprt:1688 >nul&cscript //nologo ospp.vbs /unpkey:WFG99 >nul&cscript //nologo ospp.vbs /unpkey:DRTFM >nul&cscript //nologo ospp.vbs /unpkey:BTDRB >nul&cscript //nologo ospp.vbs /unpkey:CPQVG >nul&cscript //nologo ospp.vbs /inpkey:XQNVK-8JYDB-WJ9W3-YJ8YR-WFG99 >nul&set i=1
:server
if %i%==1 set KMS=kms7.MSGuides.com
if %i%==2 set KMS=kms8.MSGuides.com
if %i%==3 set KMS=kms9.MSGuides.com
if %i%==4 goto notsupported
cscript //nologo ospp.vbs /sethst:%KMS% >nul&echo ============================================================================&echo.&echo.
cscript //nologo ospp.vbs /act | find /i "successful" && (echo.&echo ============================================================================&echo.&echo #My official blog: MSGuides.com&echo.&echo #How it works: bit.ly/kms-server&echo.&echo #Please feel free to contact me at msguides.com@gmail.com if you have any questions or concerns.&echo.&echo #Please consider supporting this project: donate.msguides.com&echo #Your support is helping me keep my servers running everyday!&echo.&echo ============================================================================&choice /n /c YN /m "Would you like to visit my blog [Y,N]?" & if errorlevel 2 exit) || (echo The connection to my KMS server failed! Trying to connect to another one... & echo Please wait... & echo. & echo. & set /a i+=1 & goto server)
explorer "http://MSGuides.com"&goto halt
:notsupported
echo.&echo ============================================================================&echo Sorry! Your version is not supported.&echo Please try installing the latest version here: bit.ly/downloadmsp
:halt
pause >nul

  • Buka aplikasi NotePad di Windows anda (Klik Start > Accsessories > Notepad)
  • Pada halaman Notepad Klik Edit > Klik Paste atau boleh juga tekan tombol CTRL+V pada keyboard
  • Simpan kode HTML tersebut. Nama filenya bebas yang penting akhiri dengan extention .cmd seperti gambar di bawah ini
Cara Aktivasi Microsoft Office 2016


  • Simpan file kode HTML tersebut misalnya di Desktop
  • Sekarang silakan buka Desktopnya, kemudian klik kanan pada file kode HTML Aktivasi_Office_2016 tersebut, seperti gambar berikut


  • Pada kotak dialog yang muncul pilih Run Administrator
  • Muncul jendala CMD Administrator yang berarti proses aktivasi Office 2016 sedang berlangsung
Cara Aktivasi Ms Office 2016


  • Jika sudah muncul pesan Activation Successful, berarti aktivasi Office 2016 telah selesai
  • Sekarang silakan cek status aktivasi Office 2016 

Cara Cek Status Aktivasi Office 2016

Untuk mengetahui apakah Microsoft Office yang kita gunakan sudah diaktivasi atau belum, caranya:
  • Buka salah satu aplikasi Office, misalnya Word
  • Klik pada Tab File
  • Klik pada menu Account, maka akan muncul halaman Account dan status aktivasi Office seperti di bawah ini
Cara Aktivasi Office 2016

  • Jika pada bagian Product Information Office sudah tertera teks: Product Activated, berarti Microsoft Office yang kita gunakan sudah diaktivasi

2. Cara Aktivasi Office 2016 dengan Product Key

Pada metode yang pertama ini, anda wajib memiliki product key dari microsoft office 2016. Pastikan sudah memasang Microsoft Office 2016 versi retail di komputer atau laptop anda. 

Cara mengaktifkan microsoft office 2016 permanen:
  • Buka salah satu program Microsoft Office (Word, Excel, PowerPoint atau yang lainnya) 
  • Klik pada Tab File
  • Klik pada Account, maka akn tampil halaman account seperti di bawah ini
  • Klik pada Change Product Key
  • Silakan masukkan 25 digit Product Key yang telah anda miliki
  • Lalu klik tombol Continue
  • Selanjutnya pilih tombol Redeem Online
  • dan seterusnya

3. Cara Aktivasi Office 2016 dengan KMSpico

KMSpico adalah software aktivator Office 2016 yang cukup populer. Apabila anda tidak memiliki product key, maka software ini bisa membantu untuk mengaktifkan Office 2016 meskipun tanpa product key. 

Cara aktivasi Microsoft Office 2016 tanpa product key:
  • Download terlebih dahulu software nya di LINK INI
  • Ekstrak file tersebut yang telah anda download.
  • Klik kanan KMSPico.exe lalu pilih Run as administrator.
  • Kemudian proses aktivasi Office 2016 akan berjalan.
  • Tunggu proses tersebut hingga selesai.
  • Jika KMSPico menutup, maka Microsoft Office sudah aktif.

Metode ini adalah cara yang paling sederhana dan hanya memerlukan waktu yang singkat. Cukup dengan bantuan software ini, anda bisa mengaktifkan Office 2016 secara permanen dan gratis. 

4. Aktivasi Office 2016 via KMS 2019


Cara mengaktifkan Microsoft Office yang berikutnya yaitu menggunakan bantuan aktivator KMS 2019. Cara ini tergolong sangat mudah dan sudah terbukti mampu mengatasi peringatan Product Activation Failed di Office 2016 dan di versi yang lainnya. 

Berikut cara mengaktifkan Ms Office 2016:

1. Pertama, unduh software di LINK INI
2. Jika download selesai, ekstrak file tersebut.
3. Klik kanan file OInstall.exe lalu pilih Run as administrator.
4. Masuk ke tab menu Utilities di bagian atas.
5. Centang checkbox Office reactivation task.
6. Kemudian klik tombol Office RETAIL => VL.
7. Tunggu hingga proses menampilkan pesan Completed.
8. Lalu klik tombol Activate Office.
9. Jika muncul Windows Security Alert, pilih Allow access.

Apabila kotak di bagian keterangan menampilkan pesan Product activation successful, maka aktivasi Microsoft Office 2016 sudah berhasil dilakukan. Selain Office 2016, Anda bisa menggunakan metode ini untuk semua versi Office baik itu 2013 maupun 2019. 

5. Aktivasi Office 2016 pakai KMS Auto Lite

KMS Auto Lite adalah salah satu software yang mampu mengaktivasi office 2016 secara mudah dan permanen. Meskipun ukuran dari software ini hanya 3 MB saja, namun fungsinya sangat bermanfaat dan sudah terbukti cukup ampuh. 

Cara aktivasi office 2016 dengan kmsauto:
1. Anda harus mengunduh KMSAuto di LINK INI
2. Setelah itu ekstract file RAR tersebut.
3. Jalankan software nya dengan Run as administrator.
4. Ketika software terbuka, klik tab menu Tools.
5. Centang kotak Convert Office 2010/2013/2016 RETAIL => VL.
6. Di Main window pilih opsi Install GVLK dan centang Forcibly.
7. Selanjutnya klik tombol Office key.
8. Tunggu hingga muncul pesan KEY INSTALLED SUCCESSFUL.
9. Terakhir klik tombol Activate Office.

Jika pesan di kotak keterangan menampilkan ACTIVATION SUCCESSFUL, maka microsoft office 2016 sudah berhasil diaktivasi. Software ini juga mampu digunakan untuk aktivasi windows secara permanen. 

Catatan: 
  • Pastikan anda menggunakan software yang sesuai dengan spesifikasi laptop atau komputer. Apabila anda menggunakan windows 64 bit, maka gunakan aktivator yang 64 bit juga.
  • Aplikasi tidak bisa dibuka? Pastikan menonaktifkan antivirus terlebih dahulu dan juga Windows Deffender
Demikian tutorial lengkap bagaimana mudahnya Cara Aktivasi Office 2016, semoga bermanfaat. Terimakasih sudah mampir ke blog Pakar Tutorial di www.bosstutorial.com