Mengatasi Error Printer Epson Lampu Merah Berkedip-Kedip





Penyebab printer tidak mau mencetak bisa diakibatkan oleh beberapa masalah pada printer itu sendiri. Indikator penyebab printer ngadat bisa kita lihat secara langsung baik pada lampu indikator yang ada di printer itu sendiri maupun pada hasil proses pencetakan.

Mengatasi Printer Epson Lampu Merah Berkedip-Kedip

Pada kesempatan ini BossTutorial akan berbagi pengalaman Cara Mengatasi Printer Epson seri L yang Tidak Mau Mencetak karena lampu merah Indikator Tinta menyala berkedip-kedip secara terus menerus. Ini terjadi karena ada masalah dengan tinta.

Lampu indikator tinta pada printer Epson akan menyala berkedip-kedip jika salah satu tangki tinta kosong, demikian pula jika kita mengisi tinta pada tangkinya kepenuhan. Bahkan, pada printer Epson seri tertentu lampu indikator tinta tersebut akan berkedip-kedip jika kita menggunakan tinta yang berbeda atau bukan original.

Langkah-langkah cara mengatasi Printer Epson L dengan Lampu Indikator Tinta Berkedip-kedip
  • Periksa tangki tinta dan lihat volume tintanya
  • Jika kosong isi secukupnya 
  • Jika kepenuhan sedot menggunakan pipa jarum suntik
  • Atau bisa dengan menggunakan tissu
  • Selalu gunakan tinta original
Setelah langkah di atas dilakukan biasanya printer tidak langsung bisa mencetak dan lampu indikator tinta masih berkedip-kedip walau pun printer sudah di-reset. 





Untuk mengembalikan ke keadaan normal lagi printer Epson L tersebut, lakukan langkah manual berikut ini:


Mengatasi Printer Epson Lampu Merah Berkedip-Kedip
Posisi Tombol Resume pada Epson L310
  • Hidupkan printer anda
  • Tekan dan tahan selama 5 detik tombol Resume (yang ada gambar tinta dan kertas) pada printer anda, setelah 5 detik segera lepaskan
  • Segera tekan lagi tombol resume yang sama selama 3 detik, kemudian lepaskan
  • Segera tekan lagi tombol Resume selama 1 detik kemudian lepaskan
  • Tekan tombol power untuk mematikan printer, setelah itu hidupkan lagi
Jika setelah dinyalakan lagi printer Epson anda dan lampu indikator merahnya tidak berkedip-kedip lagi biasanya printer sudah bisa digunakan dan itu berarti langkah Cara Mengatasi Error pada Printer Epson secara Manual tersebut berhasil, namun jika lampu indikator merah masih ngeblink berarti printer Epson anda harus di-reset dengan menggunakan aplikasi Resetter.

Silakan baca:
Cara Mengatasi Error Printer Epson L110, L120, L300, L350, L355, L360

Demikian tutorial lengkap Cara Mengatasi Printer Epson seri L yang Tidak Mau Mencetak karena lampu merah menyala berkedip-kedip. Semoga tutorial ini bermanfaat, jika masih ada masalah silakan tuliskan di komentar.

Terimakasih sudah mampir ke blog TUTORIAL LENGKAP di www.bosstutorial.com