10 Cara Agar Blog Banyak Pengunjungnya Secara Alami



Beberapa hari yang lalu ada beberapa sahabat BossTutorial.com bertanya via box komentar, "Mas saya sudah bikin blog, tapi kenapa blog saya sepi pengunjung?" begitu kira-kira inti pertanyaannya. Jawaban untuk pertanyaan tersebut akan sangat panjang. Maka dari itu saya posting artikel Cara Agar Blog Banyak Pengunjungnya, sebagai jawaban bagi para blogger yang baru bikin blog tapi masih sepi pengunjung.
Saya akan membeberkan pengalaman saya sendiri yang baru mulai ngeblog sekitar delapan bulan yang lalu, namun sekarang alhamdulillah blog saya sudah dikunjungi rata-rata tiap hari tidak kurang dari 300 tayang. dan lebih alhamdulillah lagi sekarang blog saya ini telah diterima untuk menjadi salah satu publisher atau pengiklan Google Adsense.

Pada awal mulai ngeblog saya juga mengalami hal yang hampir membuat saya putus asa, BossTutorial.com blog saya ini sepi dari pengunjung, padahal saya sudah menggunakan domain sendiri (domain berbayar) namun tetap saja pengunjung di tiga bulan pertama paling banyak 18 tayang perhari. Saya terus berusaha, saya terus browsing mencari cara agar blog tidak sepi pengunjung, berkat bantuan artikel-artikel para sahabat blogger yang telah sukses, akhirnya perlahan-lahan seiring dengan waktu namun pasti, blog saya pun mulai lumayan ada pengunjungnya. Dan pada hari kemarin dalam statistik tercatat ada 880 tayang.

10 Cara agar Blog banyak dikunjungi orang secara natural
Cara Meningkatkan Trafik Blog Secara Alami


Para sahabat BossTutorial, perlu diketahui barangkali bahwa blog zaman dulu lain dengan keberadaan blog sekarang. Dulu ngeblog hanya dijadikan sekedar iseng atau sekedar menyalurkan hobi menulis, namun di era teknologi dan informasi sekarang ini keberadaan blog telah berubah. Bagi mereka yang punya naluri bisnis blog bisa jadi ladang uang dan ngeblog di zaman sekarang bisa jadi sebuah profesi yang menjanjikan dengan penghasilan puluhan juta bahkan milyaran rupiah tiap bulannya. Artikel terkait silakan baca Cara Membuat Blog Gratis di Blogger.

Perkembangan jumlah blogger dari hari ke hari terus meningkat pada awal tahun 2016 Marketing.co.id meliris data, bahwa di Indonesia jumlah pengguna internet mencapai angka 133 juta dan 3,8 % di antaranya adalah blogger. Jadi perkiraan jumlah blogger di Indonesia pada bulan Oktober 2017 bisa mencapai angka 3,5 juta orang. Nah bagi kita para newbie (sebutan bagi yang baru ngeblog) seperti saya ini, harus mampu bersaing dengan 3,5 juta para blogger di Indonesia dan sekitar 1 milyar website di dunia.

Panduan lengkap cara meningkatkan kunjungan ke blog secara natural
Statistik Trafik Blog BossTutorial.com


Berikut ini adalah sebagian hal-hal yang perlu mendapat perhatian agar blog banyak pengunjungnya secara natural.

1. Relevansi antar Judul dengan Isi

Jika anda sudah punya blog namun masih sepi pengunjung, silakan dievaluasi ulang, apakah antara URL atau alamat blog, judul blog, deskripsi blog, judul artikel, isi artikel dan kata kunci yang dibidik sudah relevan apa belum? Yang dimaksud relevan di sini yaitu ada keterkaitan antara hal-hal tersebut di atas. Misalnya kalau judul blog anda tentang "tutorial blog", maka deskripsi, isi artikel dan yang lain-lainnya juga harus berkaitan dengan "tutorial blog". Jika anda menulis artikel tentang kecantikan di blog anda, itu artinya tidak relevan. Ingat Google lebih menyukai blog yang relevan antara hal-hal tersebut di atas.

Selain relevan membuat judul artikel juga harus semenarik mungkin bagi pembaca, dengan judul yang menarik akan membuat mereka calon pengunjung penasaran untuk meng-klik judul artikel tersebut. Semakin menarik judul artikel yang anda buat, maka akan semakin besar kemungkinan blog banyak dikunjungi orang.

2. Daftarkan Blog ke Search Engine

Google merupakan mesin pencari nomor 1 di dunia, dan nomor duanya adalah Bing, jadi agar blog cepat terindex oleh mesin pencari daftarkan ke Google Webmaster dengan alamat: www.google.com/webmaster/tools/submit-url selain ke Google juga daftarkan ke mesin pencari Bing dengan alamat: www.bing.com/toobox/submit-site-url. Hal yang sama juga harus anda lakukan setiap selesai posting artikel.

3. Buatlah artikel yang banyak dan panjang

Ingat Google sangat menyukai blog yang gemuk, artinya semakin banyak artikel yang anda posting maka semakin baik blog anda di mata Google. Juga artikel yang anda posting sebaiknya tidak kurang dari 500 kata, idealnya antara 500 - 1500 kata tiap artikel. Jika dalam artikel terdapat gambar, jangan lupa beri judul dan deskripsi di setiap gambar yang anda sisipkan. Ada baiknya gambar yang akan diupload ke blog dikompres dulu agar ukuran filenya tidak terlalu besar. Karena semakin kecil ukuran file gambar maka akan semakin cepat louding gambar tersebut.

4. Buatlah Artikel yang Baik, Unik dan Banyak Dicari Orang

Artikel yang baik artinya memenuhi persyaratan standar penulisan artikel untuk blog. Unik maksudnya isi artikel lain dari pada yang lain, yaitu artikel tersebut tidak banyak diposting oleh para blogger lain, sebab semakin sedikit orang menulis artikel dengan judul tertentu maka akan semakin besar kemungkinan blog anda berada di halaman pertama pencarian Google atau mesin pencari lainnya. Sedangkan yang dimaksud banyak dicari orang, yaitu artikel tersebut dibutuhkan oleh orang banyak tapi sedikit blogger yang mempostingnya.

5. Kotinyu dan Konsisten

Agar blog anda banyak pengunjungnya, anda pun harus kontinyu dan konsisten dalam mengupdate blog. Jangan pernah berhenti memposting artikel ke blog anda, jika anda biasa posting 1 atau 2 artikel setiap hari lakukan terus hal yang sama setiap hari. Jangan sampai hari ini anda posting sampai lima artikel besok cuma satu, besoknya lagi kosong, besoknya lagi tidak posting, baru sebulan kemudian posting lagi. Nah cara tersebut kurang baik bagi blog anda terutama di mata Google.

Ingat setelah blog anda didaftarkan ke mesin pencari seperti Google, maka Google akan menulusuri dan merayapi (krawell) blog anda setiap waktu. Efek buruknya jika Google meng-krawell blog anda setelah beberapa kali dan tidak ada update, maka Google akan berhenti melakukan penelusuran terhadap blog anda. Dan akhirnya blog anda akan sulit terindex oleh Google.

6. Gunakan template Blog yang Baik

Walaupun Blogger Google telah menyediakan banyak variasi template blog, namun template bawaan Google masih memiliki kekurangan, maka dari itu gunakan template dari pihak ketiga agar blog anda tampilannya lebih menarik dan yang paling penting ramah dengan mesin pencari serta mudah digunakan baik oleh anda sebagai admin maupun oleh pengunjung sebagai pembaca.

Cara mudahnya anda bisa lihat dan tiru tampilan blog-blog para blogger yang telah sukses. Yang dimaksud sukses di sini yaitu blog tersebut banyak memiliki pengunjung, like, komentar dan yang paling penting ciri blog sukses yaitu di blog tersebut sudah banyak iklannya. 

7. Share Blog ke Media Sosial

Cara lain agar blog banyak pengunjungnya, adalah dengan membagikan setiap posting artikel ke media sosial. Anda bisa menggunakan semua media sosial yang ada. Saya sendiri hanya membagikannya ke empat media sosial saja, yaitu Facebook, Twitter, Whatsapp dan Google+ yang sudah terintegrasi secara otomatis dengan blog kita.

Dari pengalaman saya, yang paling besar datangnya pengunjung adalah dari Group di Facebook, jadi bergabunglah dengan beberapa Group Facebook yang relevan dengan judul blog anda. Yang lebih baik lagi adalah membuat grup sendiri, dengan membuat grup sendiri kita punya kuasa untuk mengatur lalu-lintas datangnya update status.

Saran saya bergabunglah dengan grup Facebook yang aktif namun yang memiliki anggota tidak terlalu banyak. Saya pernah bergabung dengan grup yang anggotanya sudah lebih dari satu juta, ternyata hasilnya tidak begitu memuaskan. Karena kalau anggota yang terlalu banyak, baru saja kita share artikel ke grup FB, dalam tempo lima menit shared artikel kita sudah jauh di bawah ditindih oleh shared-shared dari anggota lainnya.

8. Lakukan Blog Walking

Cara mudah memperbanyak pengunjung blog adalah dengan melakukan blog walking yaitu kita kunjungi blog lain yang sejenis dengan blog kita, isilah komentar apa saja di blog tersebut kalau bisa masukkan link aktif menuju blog kita. Cara ini sama dengan memperkenalkan blog kita ke orang lain dan sekaligus mendapatkan backlink. Semakin banyak backlink semakin baik untuk blog kita di mata Google.

9. Perkenalkan Blok ke Forum Online

Banyak sekali forum-forum online yang bisa anda manfaatkan untuk memperkenalkan blog ke seluruh anggotanya dengan cara menaruh backlink di dalamnya. Carilah forum online yang memiliki kesamaan dengan judul blog kita, kemudian masuklah menjadi anggotanya. Manfaatnya hampir sama dengan grup di Facebook. Ikuti aturan-aturan yang ditetapkan di forum tersebut agar kita tidak dianggap sebagai spam.

10. Perkenalkan Blog ke Sosial Bookmarking

Social bookmarking sangat berguna buat meningkatkan pengunjung ke blog kita, carilah bookmarking yang banyak di internet, kemudian upload setiap artikel yang ada di blog kita ke sosial bookmarking tersebut. Untuk menghindari agar tidak dianggap duplikat artikel, gantilah beberapa kata atau kalimat dalam artikel yang kan diupload ke sosial bookmarking tersebut.

Itulah sebagian cara-cara agar blog banyak dikunjungi orang. Untuk lebih meningkatkan lagi pengunjung ke blog, ada baiknya anda juga mempelajari teknik SEO yang lainnya.
Semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan atau saran silakan masukan di kotak komentar.
Terimakasih.


Previous
« Prev Post

Artikel Menarik Lainnya

10 Cara Agar Blog Banyak Pengunjungnya Secara Alami
4/ 5
Oleh
Facebook
0 Blogger