Cara agar Video YouTube Lancar tanpa Buffering tanpa Tersendat



Barangkali anda pernah merasa kesal ketika sedang asyik-asyiknya menikmati Video Musik kesayangan di YouTube tiba-tiba berhenti dan terputus-putus alias buffering, hal tersebut biasanya terjadi karena koneksi yang kita gunakan memiliki kecepatan yang rendah alias lelet bin lemot sedangkan video yang kita putar memiliki memiliki resolusi yang cukup tinggi.

Video dengan resolusi tinggi seperti HD (High Definition) 720 pixel dan Full HD 1080 pixel, memang sangat mengasyikan bagi mata kita karena gambarnya jernih, jelas dan tanpa blur, namun untuk memutar video secara online dari YouTube diperlukan koneksi internet dengan speed yang tinggi pula. Jika kita memaksakan memutar video resolusi tinggi dengan menggunakan koneksi internet yang rendah, ya jadinya buffering alias putus-putus.

Trik Cara agar Video Youtube lancar tanpa putus tanpa buffering
Cara Mengatasi Video YouTube tanpa Buffering

Trik berikut adalah cara untuk mengatasi agar video YouTube tersebut lancar diputar dan tidak mengalami putus-nyambung putus-nyambung.

Cara 1: Agar Video Youtube tanpa Buffering

  • Buka Youtube kemudian cari sebuah video musik yang anda ingin putar
  • Saat video berjalan, klik tombol Setelan atau Setting yang ada di bagian bawah kanan video (lihat gambar di atas)
  • Klik pada bagian Kualitas
Cara agar Video Youtube lancar tanpa putus-putus tanpa buffering
Pengaturan Kualitas Video Youtube

  • Pada jendela baru pilihan kualitas video, silakan pilih kualitas yang paling sesuai dengan kecepatan koneksi internet yang ada gunakan.
Cara agar Video Youtube lancar tanpa putus tanpa buffering saat diputar online
Pilih kualitas video sesuai dengan kecepatan koneksi internet

  • Pada contoh video musik seperti di atas memiliki kualitas 1080p HD, walaupun dalam pengaturan default sudah otomatis, tetapi tetap saja ada buffering.
  • Supaya video lancar tanpa putus, maka pilih kualitas menjadi 240p
  • Tunggu beberapa saat, dan sekarang video lancar tanpa buffering
Saran saya jika anda memutar video musik turunkan saja pada angka yang paling rendah yaitu 144p, karena yang utama kita nikmati dari video musik adalah musiknya bukan videonya, sebab menurunkan kualitas video tidak serta merta menurunkan kualitas musik. Apalagi jika anda membuka Youtube menggunakan handphone dengan koneksi internet mengandalkan kuota yang terbatas, dengan kualitas video 144 pixel saja sudah cukup bagus dan hemat kuota lagi.

Cara 2: Agar Video Youtube Lancar tanpa Buffering

Jika trik pertama yang anda lakukan masih kurang berhasil, karena koneksi internet yang anda gunakan super lelet sehingga video Youtube walau sudah diturunkan kualitasnya masih saja terputus-putus, Trik berikut patut anda coba.
  • Buka situs YouTube seperti biasa dengan mengetikkan URL youtube.com
  • Di belakang URL youtube.com tambahkan /html5 seperti ini jadinya: youtube.com/html5 (Ingat tambahannya /HTML5 pakai huruf kecil. Jadi bukan HTM15)
  • Tekan enter, maka akan tampil halaman seperti di bawah ini. Jika pada tanda centang paling bawah sudah muncul tulisan: Saat ini pemutar HTML5 sedang digunakan jika memungkinkan. ini artinya pemutar video YouTube html5 sudah aktif.
Trik agar supaya Video Youtube lancar tanpa putus tanpa buffering
Tampilan halaman Youtube HTML5

  • Silakan masukkan kata kunci video yang mau diputar pada kotak pencarian, kemudian tekan enter
  • Silakan putar video kesayangan anda dan rasakan bedanya
Cara agar Video Youtube lancar saat diputar tanpa putus tanpa buffering
Video dengan kualitas HD tanpa Buffering dengan HTML5

Sekarang ini beberapa browser seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, Microsoft Edge, Opera, Apple Safari, telah mendukung pemutar Video YouTube HTML5. Jadi jika anda menggunakan selain browser yang telah saya sebutkan tadi, kemungkinan pemutar Video YouTube HTML5 tidak akan muncul.

Demikian sedikit trik dan tips cara mengatasi Video YouTube yang terputus-putus saat diputar online. Jika ada saran atau pertanyaan silakan masukan dalam kotak komentar.

Semoga Bermanfaat dan terimakasih.

Previous
« Prev Post

Artikel Menarik Lainnya

Cara agar Video YouTube Lancar tanpa Buffering tanpa Tersendat
4/ 5
Oleh
Facebook
0 Blogger