Sejarah Android setelah Dibeli Google



Siapa yang tidak kenal dengan Android, mustahil bagi orang-orang yang memiliki Smartphone jika tidak mengenal OS Android, karena sampai hari ini Android masih jadi penguasa alias menjadi raja untuk operating system smartphone. Menurut laporan Akamai Technologies, 85% smartphone di dunia menggunakan OS Android. Siapa dan bagaimana Android  diciptakan dan kenapa Android sangat sukses? Berikut ini akan saya paparkan seklumit sejarah Android dan Kisah Suksesnya di dunia gadget.

Awal mula Android diciptakan sebetulnya bukan untuk operating system smartphone, tablet, jam tangan apalagi untuk televisi. Android yang diciptakan oleh Andy Rubin, Chris White, Nick Sears dan Rich Miner, tujuan awalnya adalah untuk sistem operasi canggih yang diperuntukan bagi kamera digital, namun perusahaan tempat mereka bekerja yaitu Android Inc yang berbasis di Palo Alto California menyadari bahwa pangsa pasar untuk kamera digital tidak banyak. Dengan melihat Symbian dan Windows Mobile yang pada saat itu menguasai sistem operasi untuk smartphone, Andy Rubin dan kawan-kawan akhirnya banting setir, yang semula Android diciptakan untuk sistem operasi kamera digital sekarang mereka merubahnya bahwa Android diciptakan untuk sistem operasi smartphone, yang pada saat itu Oktober 2003 handphone sedang booming.

Sejarah terciptanya Android dan Kisah Suksesnya dengan Google
Pencipta Android: Andy Rubin, Rich Miner, Nick Sears dan Crish White

Setelah dua tahun Android diluncurkan kurang mendapat sambutan yang bagus dari masyarakat dan industri smartphone di dunia. Mata jeli dan naluri bisnis Google melihat kejadian yang dialami Android Inc merupakan sebuah peluang yang sangat prospektif. Setelah bersaing dengan Samsung, akhirnya Google memenangkan pertarungan untuk mengakusisi Android. Secara resmi pada tanggal 17 Agustus 2005 Google mengakusisi Android dengan nilai 50 juta US Dollar atau hanya sekitar 650 milyar rupiah. Harga yang terbilang sangat murah jika dibandingkan dengan nilai akusisi Whatsapp oleh Facebook yang mencapai 22 Triliun rupiah.

Andy Rubin dan kawan-kawan serta sebagian karyawan Android Inc diboyong untuk dipekerjakan di Google, karena menurut pandangan Google masih banyak celah-celah dari sistem operasi Android yang perlu diperbaiki dan ditingkatkan.

Sejarah Handphone Pertama Berbasis Android di Dunia
Selama dua tahun lebih sistem operasi Android disempurnakan di dapur Google baru pada bulan November 2007, Google mengumumkan bahwa mereka sedang mengembangkan ponsel Google dengan sistem operasi terbaru yang diberi nama Android. Barulah pada tanggal 22 Oktober 2008 Google mengumumkan secara resmi Telepon Seluler pertama yang menggunakan sistem operasi Android yaitu HTC Dream.


Dalam sejarah perkembangan Android, versi Android yang pertama belum memiliki nama, dan akhirnya Google memutuskan untuk memberi nama versi Android berikutnya dengan nama makanan ringan, tujuannya tentu saja biar mudah diingat karena nama-nama makanan tersebut sudah sangat familiar dengan telinga semua orang di dunia. Dan pada tahun 2009 Google meluncurkan Android versi terbarunya dengan nama  Androis Cupcake.

Sejak itulah perkembangan Android terus meningkat dengan tajam yang membuat perusahaan-perusahaan raksasa seperti Samsung dan Sony menggandeng Android sebagai sistem operasi pada produk teknologi mereka. Dan akhirnya seperti kita ketahui dan saksikan sendiri, Android telah menjadi raja sistem operasi untuk smartphone, tablet, jam tangan bahkan Televisi

Sejarah Nama-Nama Versi Android

Sejarah terciptanya Android dan perjalanan Kisah Suksesnya

Berikut ini adalah nama-nama versi Android yang telah diliris hingga saat sekarang:
  1. Versi 1.5 dengan nama: Cupcake, tanggal liris: 30 April 2009
  2. Versi 1.6 dengan nama: Donut, tanggal liris: 15 September 2009
  3. Versi 2.1 dengan nama: Eclair, tanggal liris: 26 Oktober 2009
  4. Versi 2.2 dengan nama: Froyo, tanggal liris: 20 Mei 2010
  5. Versi 2.3 dengan nama: Gingerbread, tanggal liris: 09 Februari 2011
  6. Versi 3.1 dengan nama: Honeycomb, tanggal liris: 10 Mei 2011
  7. Versi 3.2 dengan nama: Honeycomb, tanggal liris: 15 Juli 2011
  8. Versi 4.0 dengan nama: Ice Cream Sandwich, tanggal liris: 16 Desember 2011
  9. Versi 4.1 dengan nama: Jelly Bean, tanggal liris: 09 Juli 2012
  10. Versi 4.2 dengan nama: Jelly Bean, tanggal liris: 13 November 2012
  11. Versi 4.3 dengan nama: Jelly Bean, tanggal liris: 24 Juli 2013
  12. Versi 4.4 dengan nama: KikKat, tanggal liris: 31 Oktober 2013
  13. Versi 5.0 dengan nama: Lollipop, tanggal liris: 15 Oktober 2015
  14. Versi 6.0 dengan nama: Marshmallow, tanggal liris: 05 Oktober 2015
  15. Versi 7.0 dengan nama: Nougat, tanggal liris: 04 Oktober 2016
  16. Versi 8.0 dengan nama: Oreo, tanggal liris: 21 Agustus 2017

Kelebihan Android

Sejarah terciptanya Android dan Kisah Suksesnya setelah diakusisi Google
Grafik pengguna Android dan OS lainnya di dunia

Mengapa Android begitu disukai oleh para pengguna smartphone di dunia, karena Android memiliki kelebihan-kelebihan yang mungkin saja tidak dimiliki oleh sistem operasi yang lainnya. Berikut ini adalah kelebihan-kelebihan Android.


  1. Android Gratis dan bersifat Open Source, karena Android dibangun di atas kernel Linux, maka siapa pun boleh mengembangkan dan memodifikasi Android tanpa harus membayar.
  2. User Friendly. Android sangat mudah dioperasikan oleh siapa pun termasuk oleh orang awam sekali pun, dan para pengguna Android akan dengan cepat menguasai fitur-fitur Android.
  3. Dukungan Bahasa di Seluruh Dunia. Android mendukung seluruh bahasa di dunia, yang membuat masyarakat dari kalangan bawah sampai atas menyukai sistem operasi Android.
  4. Dukungan berbagai Aplikasi, Android didukung oleh ribuan bahkan mungkin jutaan aplikasi yang tersedia untuk menunjang performa Android. Dan hebatnya lagi hampir semua aolikasi pendukung Android bersifat free alias gratis.
  5. Dukungan dari Google, karena Android adalah milik raja internet Google, maka tidak heran jika Android sangat disupport oleh berbagai aplikasi Google, yang hampir semuanya gratis.
Demikian tadi sekilas tentang sejarah terciptanya Android dan perjalanannya hingga mencapai sukses seperti sekarang ini. Semoga para sahabat BossTutorial bisa mengambil hikmahnya. Bila ada saran atau pertanyaan silakan masukkan dalam kotak komentar di bawah.
Terimakasih.

Previous
« Prev Post

Artikel yang Sangat Penting

Artikel Menarik Lainnya

Sejarah Android setelah Dibeli Google
4/ 5
Oleh

4 comments

25 October 2017 at 13:40 delete

Makasih infonya

28 October 2017 at 18:49 delete

Sama-sama

10 July 2018 at 21:15 delete

http://elomoney.bid/5125012361086/

Yuk join web diatas
Web penghasil dollar
Cara nya gampang aja
Langsung widraw kok
Udah di buktiin

20 July 2018 at 13:34 delete

lumayan perhari bisa dapat 20 $ thx silahkan coba lumayan buat tambah penghasilan perbulan, hanya untuk berbagi http://buxanger.com/?id=11859

Post a Comment