Tips Cara Memilih Warna yang Serasi pada Presentasi PowerPoint






Mana yang lebih anda sukai tayangan televisi berwarna atau hitam putih? Saya yakin jawaban anda semua pasti lebih suka yang berwarna. Begitu juga ketika menyaksikan tayangan presentasi, pasti semua audiens lebih menyukai yang berwarna dari pada yang hitam putih.

Tips Cara Memberi Warna yang Serasi dalam Presentasi PowerPoint

Jika ada yang bertanya, warna apa yang terbaik untuk presentasi PowerPoint? Jawabannya warna yang terbaik sangat tergantung pada siapa audiens kita dan apa yang ingin dirasakan oleh audiens tersebut. Ketika warna digunakan dengan benar, warna mampu membangkitkan emosional para audiens.

Setelah kita tahu betapa pentingnya warna dalam presentasi PowerPoint, selanjutnya kita tinggal mengolah bagaimana cara menyajikan warna tersebut dalam presentasi agar audiens menyukainya, sebab walaupun semua orang rata-rata menyukai warna, dalam presentasi, kita harus menyesuaikan warna yang kita gunakan dengan situasi serta kondisi tertentu.

Bagaimana Cara Menyesuaikan Warna Presentasi PowerPoint dengan Audiens

Secara umum audiens bisa dibagi ke dalam kategori berdasarkan usia, dan kategori berdasarkan jenis kelamin.

1. Warna Presentasi PowerPoint untuk Anak-Anak 

Panduan Cara Memilih Warna yang Serasi dalam Presentasi PowerPoint

Yang termasuk audiens kelompok ini adalah usia pra-SD, SD dan SMP. Pada umumnya kelompok ini lebih menyukai warna-warna yang cerah dengan banyak variasi warna. Presentasi untuk kelompok usia ini biasanya adalah presentasi yang dibuat oleh bapak/ibu guru untuk membantu proses belajar-mengajar di kelas.

Presentasi dengan warna cerah serta dengan variasi warna yang tajam serta dipadukan dengan berbagai gambar serta video pendek yang relevan serta disesuaikan dengan usia mereka, hasilnya akan jauh  lebih berhasil daripada presentasi hanya berupa teks yang monoton.






Kelompok anak-anak juga cenderung lebih menyukai presentasi yang disajikan dalam berbagai bentuk animasi serta berbagai bentuk transisi antara slide yang satu dengan slide berikutnya. Dengan tayangan presentasi semacam ini anak-anak lebih bersemangat untuk mengikutinya, apa lagi jika presentasi kita dilengkapi dengan efek background suara bawaan PowerPoint.

Warna presentasi yang disarankan di antaranya: Kuning, Merah Muda atau Pink, Ungu, Biru Muda dan Orange.

2. Warna Presentasi PowerPoint untuk Remaja

Tutorial Cara Memilih Warna yang Serasi dalam Presentasi PowerPoint

Audiens kelompok ini adalah mereka yang berada di usia SMA dan Mahasiswa S-1. Orang-orang yang berada di usia ini sedang dalam keadaan mempunyai semangat dan energi yang tinggi, jadi pada umumnya warna presentasi yang cocok di antaranya orange, pink, hijau muda, biru muda dan kuning.

Kelompok usia ini adalah mereka yang rata-rata sedang memiliki rasa idealisme dan sikap kritisi yang tinggi. Jadi dalam membuat presentasi untuk mereka harus lebih hati-hati, baik dalam kata-kata yang digunakan mau pun dalam warna. Jika anda membuat sebuah presentasi dengan seluruh slide didominasi dengan satu warna, misalnya biru, maka mungkin saja di antara mereka akan mengira bahwa kita merupakan pendukung salah satu partai politik.

3. Warna Presentasi PowerPoint untuk Orang Dewasa

Tips Memilih Warna yang Serasi dalam Presentasi PowerPoint

Yang tergolong kelompok ini adalah mereka yang rata-rata sudah memiliki pekerjaan dan juga sudah berumah tangga sehingga kelompok ini boleh disebut sebagai kelompok yang sudah ajeg atau sudah mapan. Warna dalam presentasi yang cocok pada umumnya seperti biru tua, merah maroon, abu-abu, hijau toska dengan warna teks yang cenderung kontras dengan background.

Orang-orang yang sudah mapan apalagi mereka yang punya karir dan jabatan bagus biasanya sangat sedikit punya waktu, dengan demikian presentasi untuk mereka harus dibuat simpel dan tidak bertele-tele. Hindari penggunaan warna yang terlalu variatif, cukup dua atau tiga warna saja. Disamping itu hindari menggunakan animasi dan transisi yang terlalu banyak menghabiskan waktu.

Jika kebetulan dalam presentasi anda mengharuskan menampilkan gambar manusia, usahakan untuk memilih gambar foto yang menarik yang memiliki resolusi tinggi, misalnya foto seorang perempuan cantik. Hal ini akan lebih baik dari pada anda menampilkan gambar manusia dalam bentuk siluet atau kartun atau gambar animasi.





4. Warna Presentasi untuk Perempuan

Jika kebetulan para audiens anda adalah perempuan, ada baiknya anda mengikuti selera kebanyakan dari wanita. Warna-warna yang paling banyak disukai wanita di antaranya pink, ungu atau violet, hijau muda, dan biru muda. Di samping itu juga anda harus menyesuaikan warna dengan usia dan keadaan mereka.

Walau sama-sama wanita tentu akan berbeda antara yang muda dengan yang dewasa, antara wanita karir dengan wanita ibu rumah tangga dalam hal emosionalnya terhadap warna. Dan selain itu juga kita harus menyesuaikan warna dengan tujuan presentasi kita. Ingat tingkat emosional wanita lebih sensitif dari pada kaum pria.

Menyesuaikan Warna Presentasi PowerPoint dengan Kondisi Tempat

Warna yang anda gunakan dalam presentasi sebaiknya di sesuaikan dengan kondisi tempat di mana anda memberikan presentasi tersebut.  Jika di ruangan dengan minim cahaya sebaiknya jangan menggunakan warna latar belakang yang cerah, karena hal ini akan menyilaukan pandangan audiens akibat pantulan cahaya dari layar projector.

Tips Cara memadukan Warna yang Serasi dalam Presentasi PowerPoint

Jika ruangan minim cahaya lebih baik anda menggunakan warna yang gelap namun lembut seperti abu tua, biru tua atau warna lembut lainnya, dengan demikian audiens tidak akan disilaukan dengan pantulan sinar yang berlebihan dari layar projector.

Makna Warna dalam Presentasi

Seperti kita tahu sebuah warna memiliki banyak makna tergantung pada situasi dan persepsi masing-masing. Misalnya saja warna merah sering diartikan sebagai keberanian, marah, berhenti, semangat tinggi, kekuatan, gairah, energi, adrenalin dan lain sebagainya.

Dalam Presentasi setiap warna juga memiliki makna dan kesan yang berbeda, sebagai bahan pertimbangan dasar dalam penggunaan warna dalam presentasi, di bawah ini adalah daftar beberapa warna dan kesan yang ditimbulkannya.
  1. Hitam = misteri, kejahatan dan kekuatan serta kesetiaan
  2. Putih = kesucian, pemurnian, kebijakan, profesionalisme
  3. Merah = kekuasaan, gairah, cinta, kegembiraan
  4. Hijau = Segar, kelimpahan, alam, kesehatan, kreasi, teduh
  5. Orange = energi, daya, vitalitas, kehangatan, kemarahan
  6. Biru = tenang, bertanggung jawab, kejayaan, kebenaran, keteguhan
  7. Kuning = kesenangan, kepercayaan diri, harga diri, harapan
  8. Ungu = kreativitas, royalti, kayakinan, melankolis
  9. Coklat = bertindak tegas, kerendahan hati, musim gugur, persekutuan

Warna Background yang Paling Populer

Tips Cara Memilih Warna yang Serasi dalam Presentasi PowerPoint

Biru adalah salah satu warna latar belakang yang paling umum digunakan. Alasannya karena warna ini bersifat menenangkan dan konservatif. Warna background ini paling umum digunakan dalam presentasi bisnis dan pelatihan. Hasil penelitian telah menunjukkan bahwa warna biru memiliki kekuatan untuk memperlambat tingkat pernapasan dan denyut nadi audiens.

Presentasi dengan latar belakang yang berwarna biru gelap dengan warna teks cerah, sebagian besar digunakan untuk presentasi perusahaan konservatif, sedangkan latar belakang dengan biru muda lebih cocok digunakan dalam presentasi yang sifatnya santai, dengan kondisi ruangan yang terang sehingga mampu membantu meningkatkan interaksi antara audiens dengan presenter.

Hijau Mampu Mendorong Interaksi Emosional Audiens

Hijau sama dengan alami warna dalam Presentasi PowerPoint

Hijau sebagai warna ramah ini dapat menimbulkan ke hangat emosi. Hijau pada  umumnya digunakan dalam presentasi PowerPoint oleh pelatih, pendidik, dan presentasi yang bertujuan untuk diskusi. Warna ini cocok untuk presentasi yang berhubungan dengan lingkungan berorientasi alam.

Merah untuk Menyajikan Presentasi yang Bersemangat 

Tips Cara Memilih Warna yang Serasi dalam Presentasi PowerPoint

Merah adalah salah satu warna yang paling berpengaruh yang dalam dapat digunakan untuk presentasi anda, tetapi warna merah juga memiliki konotasi budaya negatif, jadi digunakan warna ini dengan hati-hati

Merah merupakan warna yang cocok untuk menyampaikan semangat dan kegembiraan, misalnya pada presentasi yang berbicara tentang kompetisi. Namun, jangan gunakan warna merah untuk menyimpan informasi keuangan dalam tabel dan grafik.

Ungu Memberi Kesan Mistik dan Emosional

Tips Cara Memilih Warna yang Serasi dalam Presentasi PowerPoint

Ungu sering dikaitkan dengan kebangsawanan dan kekayaan. Warna ungu juga memberikan kesan kebijaksanaan dan spritualitas. Sebagian besar audiens yang menghadiri presentasi yang menampilkan warna ungu atau lavender adalah wanita

Ungu adalah warna feminim dan warna ini cocok untuk presentasi yang bersifat emosional dan spiritual.

Kuning Mampu Merebut Perhatian Audiens

Tips Cara Memilih Warna yang Serasi dalam Presentasi PowerPoint

Warna kuning adalah warna yang paling cerah, sehingga warna kuning akan mendapatkan yang paling mencolok. Kuning dapat digunakan untuk menarik perhatian audiens pada presentasi anda. Daripada anda menggunakan kuning polos atau kuning muda sebagai warna latar belakang, anda dapat mempertimbangkan menggunakan warna yang lebih tua atau emas atau oranye. 

Cukup tambahkan teksture latar belakang kuning atau melapisi superimpose foto dengan transparansi yang rendah untuk menambahkan warna kuning yang lebih kaya.

Hitam Warna Dominan yang Terabaikan

Tips Cara Memberi Warna yang Serasi dalam Presentasi PowerPoint

Meskipun sering diabaikan sesungguhnya hitam adalah warna latar belakang dengan nada psikologis yang cukup berguna. Netralitas warna ini mampu menciptakan latar belakang yang netral untuk menyampaikan informasi keuangan.

Hitam berkonotasi finalitas bekerja dengan baik sebagai warna transisi mampu memberikan kesan mulai ketegasan hingga transisi memudar (fade).

Putih Warna Polos dan Bersih tetapi Membosankan

Tips Cara Memilih skema Warna yang Serasi dalam Presentasi PowerPoint

Putih adalah warna yang netral untuk presentasi. Cocok untuk menyampaikan sebuah awal baru seperti efek memudar jadi putih. Warna putih mencerminkan kepolosan atau kemurnian. Sangat cocok untuk menyampaikan informasi positif di mana anda ingin berfokus pada pesan anda dan tidak ingin perhatian audiens terpecah oleh elemen lain misalnya logo atau gambar dalam presentasi.

Warna ini bersih dan mampu menciptakan nuansa ruang yang lapang, namun warna ini dianggap kurang ber-kelas, datar, dan cenderung menyilaukan mata. Anda dapat mempertimbangkan warna abu-abu sebagai warna latar belakang yang lebih baik dari pada putih.

Warna Konservatif dan Alternatif selain Hitam dan Putih

Menurut psikolog, warna abu-abu sering dianggap sebagai warna yang negatif. Abu-abu merupakan warna penggelapan dan non-komitmen karena bukan hitam dan bukan pula putih, tetapi berada di antara kedua warna tersebut.

Tips Cara Memilih Warna yang Serasi dalam Presentasi PowerPoint

Tetapi ada pula yang mengatakan abu-abu merupakan warna kemerdekaan dan kemandirian. Dalam dunia presentasi warna tenang ini merupakan latar belakang yang lebih lembut dibanding dengan putih yang menyilaukan.






Yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Skema Warna Presentasi PowerPoint

Warna yang berbeda akan memberikan kesan yang berbeda untuk audiens yang berbeda. Seseorang presenter perlu memilih tema warna yang cocok untuk mempengaruhi audiens. Warna dapat menimbulkan dampak ciptakan minat, dan memusatkan perhatian audiens ke presentasi anda.

  1. Pilih warna teks yang kontras dengan latar belakang sehingga audiens Anda dapat membaca poin utama anda dengan mudah, misalnya gunakan warna teks yang cerah pada layar belakang gelap atau sebaliknya. 
  2. Hindari menggunakan warna teks dan warna latar belakang yang sama atau warna teks gelap latar belakang yang gelap, misalnya biru dengan hijau, merah dengan ungu dan sebagainya.
  3. Bila menggunakan warna cerah kombinasikan dengan warna latar belakang yang netral. Hindari menggunakan teks berwarna merah dan latar belakang biru, karena teks berwarna hijau pada latar belakang merah, kombinasi warna ini dapat menyebabkan ketegangan mata. Audiens juga mungkin kesulitan melihat warna dengan benar, jika kombinasi warna yang digunakan antara merah dengan hijau.
  4. Hindari menggunakan warna dengan kontras yang rendah perbedaan di antara kedua warna tersebut. Hal ini akan menyebabkan presentasi PowerPoint anda tidak akan terlihat dengan jelas, terutama dari jarak yang jauh.
  5. Jangan menggunakan terlalu banyak warna, karena akan membingungkan audiens anda. Gunakan dua warna teks yang berbeda dengan satu warna latar belakang.
  6. Gunakan warna teks dan latar belakang yang cocok dengan grafis atau gambar yang Anda gunakan dalam presentasi PowerPoint.
  7. Hindari penggunaan warna latar belakang yang tidak konsisten, seperti penggunaan warna yang berbeda di setiap slide. Gunakan warna latar belakang yang sama untuk semua slide agar memberikan nuansa presentasi yang konsisten.
  8. Sebagian audiens mungkin akan mengalami kekurangan persepsi warna yang menimbulkan rasa pening, dengan kombinasi warna tertentu seperti: merah/hijau, coklat/hijau, biru/hitam, biru/ungu, kombinasi warna seperti itu harus dihindari.
  9. Jangan menggunakan warna gradien dalam teks, kecuali ukuran teks tersebut besar  dan dimaksudkan hanya untuk dekoratif.
Demikian tutorial cara memilih dan memadukan warna yang serasi untuk presentasi PowerPoint, semoga tutorial ini bermanfaat. Jika ada saran, kritik atau pertanyaan, silakan tuliskan dalam komentar, dengan senang hati kami akan membalas secepat yang kami mampu.

Terimakasih sudah mampir ke blog BossTutorial.com




Previous
« Prev Post

Artikel Menarik Lainnya

Tips Cara Memilih Warna yang Serasi pada Presentasi PowerPoint
4/ 5
Oleh
Facebook
0 Blogger