Rumus Excel IF Bertingkat dengan Banyak Kategori





Fungsi Excel logika IF digunakan untuk menentukan suatu kondisi sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan sebelumnya, sehingga hasil yang ditampilkan secara otomatis mengikuti ketentuan yang telah ditetapkan. Fungsi logika IF bisa digunakan untuk menentukan pada banyak kondisi dengan berbagai kategori dan juga bisa digunakan pada dua kondisi yang berlawanan.

Fungsi Excel IF Bertingkat dengan lebih dari dua kondisi

Contoh penggunaan fungsi logika IF untuk banyak kondisi yang disebut juga dengan istilah Fungsi IF Bertingkat, misalnya untuk menentukan predikat dari sebuah nilai, seperti: "Sangat Jelek", "Jelek", "Cukup", "Bagus", "Sangat Bagus" atau "Belum Tercapai", "Tercapai", "Terlampaui" atau "Cukup Memuaskan", "Memuaskan", Sangat Memuaskan", "Cum Laude" dan "Summa Cum Laude" atau dengan kategori lainnya sesuai kebutuhan.

Cara Menggunakan Fungsi Excel IF Bertingkat

Sebelum menggunakan fungsi IF bertingkat, kita harus menentukan batasan atau kriteria terhadap nilai yang akan kita beri fungsi IF bertingkat. Misalnya saja seperti contoh di bawah ini.

Rumus Fungsi IF Bertingkat dengan Banyak Kondisi

Setelah kita menentukan kriteria nilai untuk kategori seperti di atas, barulah kita bisa menerapkan fungsi Excel bertingkat pada sel yang kita inginkan. Misalnya saja kita akan menerapkan fungsi Excel dengan banyak kondisi tersebut pada kolom "Kategori" seperti pada daftar nilai Hasil Tes di bawah ini.

Cara Menggunakan Rumus Fungsi IF Bertingkat dengan Banyak Kategori

Langkah-langkah menerapkan fungsi Excel bertingkat tersebut adalah sebagai berikut:

  • Klik pada sel D3
  • Ketikan pada sel D3 fungsi Excel Bertingkat sebagai berikut:
=IF(C3<41;"KURANG SEKALI";IF(C3<56;"KURANG";IF(C3<71;"CUKUP";IF(C3<86;"BAIK";IF(C3<=100;"BAIK SEKALI")))))

Atau penulisan fungsi Excel dengan cara seperti berikut ini:
=IF(C3<=40;"KURANG SEKALI";IF(C3<=55;"KURANG";IF(C3<=70;"CUKUP";IF(C3<=85;"BAIK";IF(C3<=100;"BAIK SEKALI")))))

Atau penulisan fungsi Excel dengan cara seperti berikut ini:
=IF(C3>86;"BAIK SEKALI";IF(C3>71;"BAIK";IF(C3>56;"CUKUP";IF(C3>41;"KURANG";IF(C3>0;"KURANG SEKALI")))))
  • Tekan tombol enter
  • Copy rumus fungsi Excel Bertingkat yang ada di sel D3 ke semua sel di bawahnya, sehingga menghasilkan seperti gambar di bawah ini
Tutorial cara menerapkan Rumus Fungsi IF Bertingkat dengan Banyak Kondisi

Keterangan untuk rumus Fungsi Bertingkat di atas:
  1. =IF : Tanda = (sama dengan) sebelum IF hanya ditulis di awal saja, IF  selanjutnya tidak usah diawalai dengan tanda = (sama dengan)
  2. C3 : Merupakan sel yang berisi nilai rujukan
  3. Pemberian tanda kurung harus seimbang antara jumlah tanda kurung buka "(" dengan tanda kurung tutup ")"
  4. Tanda pemisah ";" (titik koma) pada kasus tertentu bisa diganti dengan tanda "," (koma)
  5. Penulisan rumus dan fungsi Excel boleh menggunakan huruf kapital (besar) atau huruf kecil





Cara Menggunakan Fungsi Excel IF Dua Kondisi

Fungsi Excel IF untuk dua kondisi digunakan untuk menyeleksi dua kondisi "True"dan "Flase" dengan dua kategori saja, seperti: "Lulus", "Gagal" atau "Benar", "Salah" atau "Naik", "Tidak Naik" atau "Lulus", "Tidak Lulus" dan lain sebagainya.

Misalnya saja dari daftar nilai Hasil tes di bawah ini, kita tentukan kriteria terlebih dahulu. Jika nilai tes sama dengan atau lebih dari 70 dinyatakan "Lulus", sedangkan jika kurang dari 70 adalah "Gagal"

Cara Menerapkan Rumus Excel Fungsi IF dengan Dua Kondisi

Langkah-langkah penerapan fungsi Excel IF dua kondisi Lulus atau Tidak Lulus adalah sebagai berikut.
  • Klik pada sel D3
  • Ketikan rumus fungsi Excel seperti berikut; =IF(C3=>70;"Lulus";"Gagal")
  • Atau boleh juga penulisan rumus fungsinya seperti berikut: =IF(C3<70;"Gagal";"Lulus")
  • Tekan tombol enter
  • Copy fungsi Excel IF dua kondisi yang ada di sel D3 ke semua sel di bawahnya, sehingga menghasilkan seperti gambar di bawah ini
Langkah-langkah menggunakan Rumus Excel Fungsi IF dengan Dua Kondisi






Fungsi Excel IF Bertingkat untuk Katrol Nilai

Bagi anda yang kebetulan sebagai pengajar, mungkin sering menemukan kasus dimana rata-rata nilai akhir yang diperoleh peserta didik masih jauh di bawah standar kelulusan atau di bawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal), sedangkan anda sendiri menginginkan semua peserta didik anda bisa lulus semua atau bisa naik kelas semua.

Solusi yang tercepat tentu adalah dengan mengkatrol atau menaikkan secara kumulatif rata-rata nilai akhir peserta didik tersebut. Jika anda melakukan katrol nilai secara manual tentu akan memakan waktu yang lama dan hasilnya belum tentu baik dan benar atau bahkan mungkin anda jadi berlaku tidak adil. 

Mengkatrol nilai dengan rumus Excel IF bertingkat, hasilnya akan adil atau setidaknya mendekati rasa adil. Berikut langkah-langkah cara katrol nilai dengan fungsi IF dengan banyak kondisi. 

Sebagai contoh kita akan mengkatrol daftar nilai Hasil Tes di bawah ini.

Langkah Cara Katrol Nilai dengan Rumus Excel Fungsi IF Bertingkat

  • Sebelumnya tentukan nilai batas terendah untuk "lulus" atau untuk "naik kelas", misalnya nilai terendahnya adalah 65
  • Carilah nilai terendah dari daftar nilai Hasil Tes tersebut, dengan menggunakan fungsi: =MIN(C3:C12) lalu enter, hasilnya 28
  • Carilah nilai tertinggi dari daftar nilai Hasil Tes tersebut, dengan menggunakan fungsi: =MAX(C3:C12) lalu enter, hasilnya 96
Dengan demikian berarti kita akan mengkatrol nilai terendah yaitu 28 menjadi 65, sedangkan nilai tertinggi yakni 96 harus menjadi nilai maksimum yaitu 100. Untuk nilai-nilai yang ada di antara 28 sampai 96 tentu akan terkatrol sesuai dengan fungsi Excel IF bertingkat yang kita terapkan.
  • Klik pada sel D3
  • Ketikan rumus fungsi Excel IF Bertingkat sebagai berikut: =IF(C3<=28;65;IF(C3<=36;70;IF(C3<=46;75;IF(C3<=56;80;IF(C3<=66;85;IF(C3<=76;90;IF(C3<=86;95;IF(C3<=96;100))))))))
  • Tekan tombol enter, 
  • Copy fungsi Excel IF bertingkat yang ada di sel D3 ke semua sel di bawahnya, sehingga menghasilkan seperti gambar di bawah ini

    Cara Konversi Nilai dengan Rumus Excel Fungsi IF Bertingkat


    Rumus fungsi Excel IF bertingkat bisa diterpakan dalam berbagai keperluan perhitungan Excel yang menghasilkan banyak kondisi dengan pilihan berbagai kategori.

    Demikian tutorial tentang cara menerapkan rumus fungsi Excel IF dengan dua kondisi, maupun fungsi IF bertingkat untuk banyak kondisi. Semoga tutorial ini bermanfaat, jika ada kritik, saran atau pertanyaan, silakan tuliskan dalam komentar. Dengan senang hati kami akan membalas secepat yang kami bisa.

    Terimakasih sudah mampir ke blog BossTutorial.com



    Previous
    « Prev Post

    Artikel Menarik Lainnya

    Rumus Excel IF Bertingkat dengan Banyak Kategori
    4/ 5
    Oleh
    Facebook
    0 Blogger