Cara Konversi File PDF Ke Word Pakai Microsoft Word Itu Sendiri





Bagi teman-teman yang mau mengkonversi file PDF ke Word atau file DOC, tidak usah repot-repot mencari dari internet aplikasi gratis Convert PDF To Word, karena sekarang BossTutorial akan membagikan trik mudah Cara Konversi File PDF ke File Word  dengan hanya menggunakan Microsoft Word itu sendiri.

Cara Konversi File PDF Ke Word

Trik ini tentu lebih mudah, cepat dan praktis karena kita tidak usah menginstall aplikasi tambahan apapun. Yang penting Microsoft Word yang ada di Komputer atau laptop anda sudah menggunakan versi 2013 ke atas. Saya sendiri dalam tutorial ini menggunakan Microsoft Word versi 2019.

Berikut langkah-langkah Cara Konversi File PDF ke Word atau File DOC:
  • Silakan buka dokumen baru (New Document) pada Microsoft Word yang anda gunakan
  • Klik pada tab File, kemudian klik pada menu Open
Cara Konversi File PDF Ke Word dengan Microsoft Word Itu Sendiri

  • Klik pada bagian Browse, silakan cari dokumen file PDF yang mau dikonversi ke file Word
  • Jika sudah ketemu, klik dokumen file PDF tersebut, kemudian klik tombol Open yang ada di bagian bawah
  • Jika muncul kotak dialog konfirmasi, klik saja tombol OK
Tunggu beberapa saat selama Microsoft Word melakukan konversi dari File PDF ke file .doc. Lembar kerja Word akan tetap terlihat kosong selama proses konversi, namun pada taskbar di bagian halaman Word akan muncul tampilan indikator kemajuan proses konversi, seperti gambar di bawah ini:
Cara Konversi File PDF Ke Word dengan Microsoft Word Itu Sendiri


Lama dan sebentarnya proses konversi sangat tergantung pada ukuran besar-kecilnya file PDF yang dikonversi ke file doc. Semakin besar ukuran filenya maka proses konversi akan semakin lama. Di samping itu durasi proses konversi juga dipengaruhi oleh kecepatan memori dan processor komputer anda. 

Sebagai gambaran, saya mengkonversi file PDF berukuran 1,8 MB diperlukan waktu sekitar 30 detik dengan menggunakan komputer yang memiliki processor Core i5 dan RAM 8 GB, sedangkan Microsoft Word yang digunakan yaitu versi 2019.





Jadi jangan dikira konversi gagal ketika pada halaman lembar kerja Microsoft Word tetap kosong. Tanda-tanda proses konversi masih tetap berlangsung selain di bagian taskbar ada Indikator Progres, juga pointer kursor berubah menjadi lingkaran loading.

Setelah proses konversi selesai maka di halaman lembar kerja Word akan langsung tampil dokumen yang sama persis dengan dokumen file PDF yang anda konversi. Teman-teman sekarang bisa melakukan editing pada dokumen tersebut. Setelah itu silakan simpan.

  • Klik tab File, kemudian klik menu Save As
  • Klik browse atau bisa langsung memilih folder tempat penyimpanan yang tampil di sebelah kanan, maka akan muncul kotak dialog penyimpanan seperti di bawah ini:
Cara Konversi File PDF Ke Word dengan Microsoft Word Itu Sendiri

  • Pada bagian File name, silakan ketikan nama file yang diinginkan
  • Pada bagian Save as type, silakan pilih type penyimpanan yang diinginkan
Pada bagian Save as type:
  • Jika memilih Word Document, maka file ini hanya bisa dibuka dengan baik pada Microsoft Word pada versi yang teman-teman gunakan juga pada versi di atasnya. Jika anda nanti membukanya di Microsoft Word versi 2010 atau 2007 atau 2003, maka file tersebut akan terlihat berantakan.
  • Jika memilih: Word 97-2003 Document, file tersebut dapat dibuka di semua versi Microsoft Word, namun memiliki kelemahan yaitu banyak fitur Word yang hilang.
  • Setelah anda memilih type penyimpanan yang diinginkan klik tombol Save
Kalau anda menyimpannya pada folder yang sama antara file PDF dan hasil konversinya, maka akan ada dua nama file yang sama namun dengan jenis file yang berbeda
Cara Konversi File PDF Ke Word dengan Microsoft Word Itu Sendiri
Yang  sebelah kanan file dengan type PDF dan yang kiri merupakan hasil konversi dari PDF dalam bentuk file DOC.

Anda juga bisa menonton video tutorialnya, silakan klik link berikut ini: https://youtu.be/Y01uGBhhkPA


Demikian tutorial lengkap Cara Konversi File PDF ke File Word dengan menggunakan Microsoft Word itu sendiri. Semoga tutorial ini bermanfaat, jika ada saran atau pertanyaan silakan tuliskan dalam komentar. Dengan senang hati BossTutorial akan membalas secepat yang kami bisa.

Terimakasih sudah mampir ke blog TUTORIAL LENGKAP di www.bosstutorial.com




Previous
« Prev Post

Artikel Menarik Lainnya

Cara Konversi File PDF Ke Word Pakai Microsoft Word Itu Sendiri
4/ 5
Oleh

Post a Comment