Cara Membuat Channel YouTube yang Benar agar Cepat Menghasilkan Dollar





YouTube sekarang ini sedang mengalami kejayaannya yang luar biasa, baik di Indonesia maupun di dunia. Hal ini bukan saja karena YouTube telah menjadi situs nomor dua di dunia yang paling banyak dikunjungi orang, melainkan karena YouTube merupakan sebuah situs yang paling besar dalam berbagi pundi-pundi dollar kepada siapa pun yang mau bergabung dan berkontribusi terhadap YouTube.

Langkah Merintis Channel YouTube agar Cepat Menghasilkan Dollar


Untuk mendapatkan cipratan dollar yang dibagi-bagikan YouTube syaratnya sangat mudah dan gratis. Hanya dengan bermodalkan sebuah handphone saja kita sudah memiliki kesempatan untuk mendapatkan empuknya dollar YouTube. Yang penting ada kemauan dan keseriusan dalam mengelola channel YouTube yang kita buat.

Bagi teman-teman yang serius ingin mendapatkan penghasilan dollar dari YouTube, silakan ikuti terus tutorial ini, karena BossTutorial akan membahas tuntas mulai dari nol sampai channel YouTube dapat menghasilkan dollar.

Tips dan trik merintis channel YouTube yang akan dibahas di sini semua berdasarkan pengalaman BossTutorial sendiri yang merintis channel Pakar Tutorial setahun yang lalu. Hasilnya alhamdulillah pada saat artikel ini ditulis channel Pakar Tutorial telah menghasilkan sekitar 250 dollar perbulan. Jika teman-teman penasaran silakan kunjungi https://youtube.com/pakartutorialOK

Berikut adalah tahapan-tahapan yang benar dalam membangun sebuah channel YouTube agar segera dapat menghasilkan dollar.

1. Pilih Tema Video yang Tepat

Bila anda serius ingin menjadi seorang YouTuber, langkah yang paling awal adalah memilih satu tema video untuk channel anda nanti. Menentukan tema video sebaiknya dilakukan sebelum membuat nama channel YouTube. Tujuannya agar nama channel YouTube yang anda pilih sesuai dengan tema dan content video. Pilihlah tema video yang paling sesuai dengan kemampuan penguasaan diri anda dalam tema video tersebut.

Macam-Macam Tema Video YouTube:
  • Vlog (Video Blog)
  • Video Games
  • Video Musik
  • Video Olahraga
  • Video Tutorial
  • Video Mixed (Video Campuran)
  • Video Berita
  • Video Lucu
  • Video Gallery
  • Video Serial
  • Video Seminar (Webinar)

Hindari upload berbagai jenis tema video pada channel anda, apalagi yang tidak ada hubungannya dengan nama dan deskripsi channel YouTube yang anda buat. Kalaupun anda punya banyak keahlian dalam membuat berbagai tema video, lebih baik jika membuat channel YouTube lebih dari satu.

Dampak buruk jika channel YouTube memiliki content dengan banyak jenis tema video akan sulit berkembang, karena channel semacam itu tidak disukai oleh algoritma YouTube. Misalnya nama channelnya JagoGame, tetapi content videonya beragam. Ada video vlog, olahraga, makanan, game, tutorial dan sebagainya.






2. Buatlah Nama Channel yang Baik dan Menarik

Cara membuat nama channel YouTube yang baik tidaklah sulit, sebab apapun nama channel yang anda inginkan pasti bisa. Namun sebelum memutuskan memilih nama channel sebaiknya anda memperhatikan hal-hal di bawah ini:
  • Nama Channel usahakan ada hubungannya dengan tema video yang dipilih
  • Nama channel sebaiknya mudah dibaca dan mudah diingat
  • Simpel jangan terlalu panjang
  • Jangan menggunakan bahasa alay
  • Unik artinya belum digunakan oleh orang lain
Cara mengetahui apakah sebuah nama channel sudah digunakan orang lain atau tidak, langkahnya sebagai berikut:
  • Buka browser kesayangan anda, misalnya Chrome
  • Pada Address bar ketikan https://youtube.com/namachannel yang anda inginkan
Contoh: https://youtube.com/JagoGame kemudian enter, jika hasil pencarian Google menampilkan halaman seperti di bawah ini, artinya nama channel tersebut belum digunakan orang lain, jadi anda bisa menggunakannya.

Langkah Merintis Channel YouTube agar Cepat Menghasilkan Dollar
Pemberitahuan bahwa nama Channel tidak ditemukan

Sebaliknya jika hasil pencarian Google menampilkan channel YouTube milik orang lain yang namanya kita masukkan tadi, berarti jelas nama tersebut sudah digunakan orang lain.


Contoh Nama Channel YouTube yang Bagus:
JagoGame
GamesKeren
AdventureGames
DoddyVlogger
PakarTutorialOK
ChannelTutorial
SpotlessTv
VengefulShows
TanFilms
VastPictures
DefectiveChannel
GamerSamurai
GamersNinja
GammerZombie
AnakGammer
GameManiaz
AloofVids
ObeisantVlogger
UniqueTv
CapriciousShows
BriefFilms
UbiquitousTv
SpottyShows
StereotypedDirector
WanderingVlogger
dan masih banyak lagi yang lainnya


3. Membuat Channel YouTube

Langkah -langkah cara membuat channel YouTube sebetulnya sangat mudah, bisa melalui handphone atau pun komputer. Syarat utamanya anda harus memiliki akun Gooogle (Gmail), jadi bagi yang sudah memiliki akun Google, sesungguhnya sudah otomatis memiliki akun YouTube. Anda tinggal melakukan pengaturan pada akun YouTube, seperti mengganti nama channel, membuat header, menambahkan deskripsi, dll.

Tutorial lengkap cara membuat channel YotuTube sudah dibahas baik di blog BossTutorial ini maupun di channel YouTube PakarTutorial. Jadi untuk mengetahui bagaimana langkah-langkah membuat channel YouTube menggunakan handphone silakan buka link di bawah ini:

Cara Membuat Channel YouTube Menggunakan Handphone Android

Atau silakan tonton video tutorial berikut ini:

Video Tutorial Cara Membuat Channel YouTube Menggunakan Handphone






4. Lakukan Pengaturan Dasar yang Benar

Cara setting dasar pada channel YouTube sangat penting sekali agar nantinya channel kita cepat terindex oleh pencarian YouTube maupun Google. Dengan terindexnya channel kita maka kesempatan channel dan video kita ditonton orang akan semakin besar.

Banyak kasus yang dialami oleh para YouTuber pemula yaitu video mereka selalu sepi penonton, walaupun content videonya bagus, editingnya bagus, umur channelnya sudah lama dan jumlah video di channel juga sudah banyak. Jika hal yang serupa terjadi pada channel YouTube anda, mungkin saja setting dasar pada channel salah atau kurang tepat.

Walau pun banyak faktor yang menyebabkan hal ini terjadi, namun tidak ada salahnya jika kita mulai melakukan perbaikan pada setting dasar channel dengan tepat.

A. Cara Setting Dasar Default Upload

Cara untuk masuk ke pengaturan dasar Channel (menggunakan komputer dengan YouTube versi Klasik) adalah sebagai berikut:
  • Buka browser anda misalnya Chrome
  • Masuk dengan menggunakan akun Google yang juga digunakan sebagai akun YouTube
  • Silakan buka channel YouTube anda
Langkah Merintis Channel YouTube agar Cepat Menghasilkan Dollar

  • Klik pada gambar profile kemudian Pilih pada Create Studio
Setelah masuk ke halaman channel YouTube, jika anda menggunakan YouTube Studio Beta, silakan beralih dulu ke YouTube Studio Klasik, karena pengaturan yang di jelaskan di sini menggunakan versi YouTube Studio Klasik
  • Klik pada menu Creator Studio Klasik, yang ada di sisi kiri bagian bawah
Langkah Merintis Channel YouTube agar Cepat Menghasilkan Dollar

  • Beri tanda ceklis pada menu "Saya ada keperluan...."
  • Kemudian klik tombol KIRIM
  • Setelah masuk ke halaman Studio Klasik, klik pada menu CHANNEL yang ada di sisi kiri
Langkah Merintis Channel YouTube agar Cepat Menghasilkan Dollar

  • Pilih pada Default Upload, maka akan keluar halaman Default Upload seperti di bawah ini
Langkah Merintis Channel YouTube agar Cepat Menghasilkan Dollar

  • Pada bagian Privasi yang paling atas silakan pilih Publik, jika video anda ingin ditonton oleh semua orang tanpa kecuali
  • Pada Kategori, silakan pilih kategori yang paling sesuai dengan tema video yang anda pilih
  • Pada Lisensi, pilih Lisensi Standar YouTube jika video anda tidak ingin diupload ulang oelh orang lain. Jika anda memilih Crative Commons, maka orang lain boleh dan bisa mengklaim video milik anda
  • Judul, silakan tuliskan judul yang sesuai dengan tema video anda dan juga nama channel anda
  • Pada Deskripsi, silakan tuliskan deskripsi sesuai dengan tema dan content video anda





B. Pengaturan pada Deskripsi

Dalam channel YouTube ada dua jenis deskripsi yang harus kita buat yaitu:

Deskripsi Channel
Deskripsi untuk channel hanya dibuat satu kali saja yang isinya menjelaskan tentang channel itu sendiri, terutama yang menyangkut content video. Dalam membuat deskripsi sebaiknya menggunakan keyword (kata kunci) yang berhubungan dengan content tema video di channel kita.

Contoh:
Tema Video: Tutorial
Nama Channel: Pakar Tutorial
Deskripsinya: Channel Pakar Tutorial merupakan kumpulan video tutorial PowerPoint, tutorial Microsoft Word, Tutorial Microsoft Excel, Tutorial YouTube, Tutorial Internet dan tutorial blog.

Deskripsi Video
Sedangkan deskripsi video adalah deskripsi untuk setiap video yang kita upload. Deskripsinya pasti akan berbeda antara video yang satu dengan video yang lainnya.

Langkah Merintis Channel YouTube agar Cepat Menghasilkan Dollar
Contoh Deskripsi sebuah Video YouTube


C. Cara Memilih Tag Keyword yang Tepat untuk Channel YouTube

Tag video yang anda buat sangat berpengaruh terhadap hasil pencarian YouTube dan juga Google. Jadi silakan masukkan tag yang mengandung keyword sesuai dengan content video anda. Cara memasukkan keyword yang satu dengan yang lainnya pisahkan dengan koma. Seperti contoh di bawah ini:

Tema Video: Tutorial
Tag atau keywordnya: Tutorial lengkap, Tutorial PowerPoint, Tutorial Excel, Tutorial Word, Cara Membuat presentasi PowerPoint, dan seterusnya.

Secara otomatis YouTube akan mengubah tanda koma menjadi dobel kutip, sehingga hasilnya setelah disimpan akan seperti ini:
"Tutorial lengkap" "Tutorial PowerPoint" "Tutorial Excel" "Tutorial Word" "Cara Membuat presentasi PowerPoint"





D. Fungsi Tag pada Channel YouTube
Tag akan sangat membantu terhadap keberadaan channel dan video kita di internet, sebab ketika ada orang yang melakukan pencarian dengan kata kunci yang sama dengan yang ada di Tag channel kita, maka video kita akan ikut ditampilkan dari hasil pencarian tersebut.

Kalau pun orang (user) memutar video bukan dari channel kita, namun jika video tersebut memiliki tag yang sama dengan channel kita, maka video kita akan ditampilkan di samping kanan video yang sedang diputar. Yang kemungkinan besar akan diklik sebagai alternatif kedua. Dengan demikian jelas sangat penting membuat tag yang tepat dan sesuai dengan tema video.

Langkah-Langkah Penting Lainnya

Setelah langkah-langkah membuat channel YouTube di atas dilakukan dengan benar, selanjutnya kita tinggal melakukan langkah penting lainnya agar video di channel YouTube kita banyak ditonton orang.

Langkah-langkah penting tersebut di antaranya:

  • Cara Membuat Judul Video yang Tepat
  • Cara Membuat Desain Thumbnail yang Menarik (Cover Video)
  • Pengaturan Saat Upload Video yang Benar
  • Cara Pengaturan Privasi Channel yang Tepat
  • Cara Mengelola Komentar yang Baik
  • Cara Edit Video Menggunakan Aplikasi Video Editing
  • Cara Edit Video di YouTube itu Sendiri
  • Cara Share Video untuk Mendatangkan Penonton yang Banyak
  • Trik dan Tips Mendapatkan 1000 Subscriber dengan Cepat
  • Trik Mendapatkan 4000 Jam Tayang dengan Cepat
  • Cara Mengajukan Monetisasi Channel
  • Tips Selama Menunggu Persetujuan Dimonetisasi
  • Tips Mendapatkan Penghasilan Dollar yang Banyak dari YouTube
  • Dan berbagai tips dan trik lainnya seputar TouTube
Langkah-langkah tersebut akan BossTutorial bahas secara Tuntas pada artikel berikutnya.

Demikian sementara tutorial Langkah-langkah Membangun Channel YouTube agar Mendapatkan Penonton yang Banyak. Semoga tutorial ini bermanfaat, jika ada saran keritik atau pertanyaan silakan tuliskan dalam komentar.

Terimakasih sudah mampir ke blog TUTORIAL LENGKAP di https://bosstutorial.com



Previous
« Prev Post

Artikel Menarik Lainnya

Cara Membuat Channel YouTube yang Benar agar Cepat Menghasilkan Dollar
4/ 5
Oleh

Post a Comment