Cara Mudah Bikin Aplikasi Game Android Tanpa Coding Tanpa Pemerograman



Dulu bikin aplikasi dan game hanya bisa dilakukan oleh orang-orang tertentu yang ahli dan menguasai bahasa pemerograman atau coding. Namun sekarang dengan hadirnya sebuah web AppsGeyser siapapun termasuk anda, saya jamin pasti bisa membuat aplikasi atau game Android dengan mudah dan cepat. Saya sendiri telah membuktikannya hanya dalam waktu kurang dari 15 menit, saya berhasil menciptakan sebuah game yang saya beri judul "Name of Animals".

Pada web AppsGeyser banyak kategori program aplikasi dan game yang bisa anda buat. Dari setiap kategori yang ada, masing-masing telah disediakan model template atau rangka dasar dengan berbagai pilihan sesuai dengan selera anda. Selanjutnya anda tinggal menambahkan komponen-komponen yang diperlukan sesuai dengan tujuan pembuatan aplikasi atau game tersebut.

mudah Membuat aplikasi dan game Android tanpa bahasa pemerograman
Siapapun jadi bisa bikin aplikasi dan game Android

AppsGeyser merupakan sebuah portal online pertama di dunia yang dapat digunakan untuk membuat berbagai aplikasi dan game berbasis Android. Karena AppsGeyser bersifat portal online maka ada beberapa keuntungan yang kita dapatkan saat membuat aplikasi atau game dengan AppsGeyser, keuntungan tersebut di antaranya:

  1. Gratis. Banyak Apps Builder yang beredar di internet, namun harus beli. AppsGeyser gratis 100%.
  2. Proses Cepat. Membuat aplikasi atau game dengan AppsGeyser tidak membutuhkan waktu yang lama, karena kita tidak menggunakan bahasa pemerograman yang sulit dan ribet.
  3. Tidak menghabiskan memori dan sumber daya pada komputer kita, karena AppsGeyser bersifat online.
  4. Mudah. Karena sudah disediakan tempalet atau rangka dasarnya kita tinggal klik-klik dan klik saja.
  5. Iklan. AppsGeyser juga menyediakan pengelolaan iklan, jadi jika anda ingin game atau aplikasi buatan anda, ada iklannya. Tinggal lakukan monetisasi.


Baiklah supaya anda lebih jelas dalam tutorial kali ini saya akan menjelaskan tahap demi tahap cara membuat aplikasi dan game Android dengan menggunakan web AppsGeyser.

  • Pastikan komputer atau laptop anda terkoneksi dengan internet
  • Buka Browser kesayangan anda, dalam contoh ini saya menggunakan Chrome
  • Pada address bar silakan tuliskan www.appsgeyser.com kemudian Enter
  • Akan tampil homepage dari web AppsGeyser, seperti di bawah ini.
Tutorial Crara Membuat aplikasi dan game Android tanpa bahasa pemerograman
Homepage; www.AppsGeyser.com

  • Silakan klik tombol CREATE APP yang ada di pojok kanan atas
  • Pada halaman ini anda bisa memilih program aplikasi apa yang ingin anda buat. di menu sebelah kiri ada deretan kategori POPULER, NEW, MEDIA, dan lain-lain.
Dalam contoh kali ini kita akan membuat game Word Chalenge atau Tantangan Mencari Kata yang akan kita beri judul "Mencari Nama-nama Binatang dalam Bahasa Inggris". Tugas pemain atau pengguna nantinya mencari huruf-huruf dari nama binatang yang sudah ditentukan, dengan cara mengusap dengan ujung jari deretan kotak-kotak yang sejajar, yang berisi huruf-huruf untuk nama binatang tersebut, baik secara horizontal, vertikal maupun diagonal. 

Game ini terdiri dari tiga level yaitu: Easy, Medium dan Hard. Jadi walau sederhana namun cukup menantang dan cukup sulit ketika pada level yang lebih tinggi. Skor atau nilai yang diperoleh pemain yaitu ditentukan berdasarkan berapa kata yang berhasil didapat baik secara horizontal, vertikal maupun diagonal dalam waktu 60 detik atau satu menit.
  • Okey, sebagai contoh klik saja menu NEW, kemudian pilih dan klik Word Chalenge
Langkah demi langkah Membuat aplikasi dan game Android tanpa bahasa pemerograman
Salah Satu Pilihan untuk membuat game

  • Maka akan tampil halaman seperti di bawah ini, Klik saja tombol menu Load Vreview yang ada di tengah-tengah gambar handphone.
Cara Membuat aplikasi dan game Android tanpa bahasa pemerograman tanpa coding
Created game dengan menggunakan AppsGeyser

  • Maka akan tampil halaman TEMPLATE DESCRIPTIONS, seperti di bawah ini
Panduan Lengkap Membuat aplikasi dan game Android tanpa bahasa pemerograman
Tahapan memasukan komponen game

Pada level 1 yaitu Easy, silakan masukkan satu-persatu nama-nama binatang dalam bahasa Inggris yang terdiri dari 3 huruf, seperti: DOG, CAT, RAT, PIG, BEE, COW, FLY, EEL, ANT, APE, FOX, OWL, HEN, ELK, dan lain-lain. Siapkan kira-kira 20 - 30 nama binatang, semakin banyak semakin bagus. Caranya sebagai berikut:
  • Tuliskan kata DOG atau copy-paste pada kotak Enter Word yang pertama
  • Kemudian Klik menu +Add more yang ada di bawahnya, maka akan muncul lagi kotak Enter word yang kedua
  • Tuliskan kata CAT pada kotak Enter Word yang kedua, tersebut.
  • Kemudian Klik menu +Add more yang ada di bawahnya, begitu seterusnya sampai kira-kira 20 nama binatang yang terdiri dari tiga huruf.
Pada level 2 yaitu Medium, silakan masukkan satu-persatu nama-nama binatang dalam bahasa Inggris yang terdiri dari 4 atau 5 huruf, seperti: BEAR, BULL, CLAM, CRAB, COCK, CROW, DEER, DOVE, DUCK, FISH, FROG, GOAT, HAWK, KIWI, LAMB, LION, MITE, MOTH, NEWT, PUMA, SEAL, SWAN, TOAD, TUNA, WASP, WOLF, WORM, dan lain-lain.

Pada level 2 yaitu Medium, silakan masukkan satu-persatu nama-nama binatang dalam bahasa Inggris yang terdiri dari 4 atau 5 huruf, seperti: BISON, CAMEL, COBRA, CRANE, EAGLE, EGRET, GOOSE, HORSE, HYENA, KOALA, LEECH, LEMUR, MOUSE, OTTER, PANDA, QUAIL, RAVEN, SHARK, SHEEP, SNAIL, SNAKE, SQUID, STOAT, TAPIR, TIGER dan lain-lain. 



Baik untuk level Medium maupun untuk Hard cara memasukkan nama-nama binatang tersebut caranya sama dengan pada level Easy.

  • Setelah semua nama binatang diinput, klik Next.
  • Keluar Jendela seperti di bawah ini, pada baris APP NAME, tuliskan nama atau judul aplikasi yang anda buat. Misalanya 'Nama Binatang dalam Bahasa Inggris', kemudian klik saja Next
  • Pada bagian DESCRIPTION, silakan tuliskan deskripsi tentang game yang sedang dibuat. Kemudian klik Next
  • Pada pengaturan gambar icon, silakan pilih apakah mau menggunakan icon default atau mau menggunakan icon buatan sendiri. Jika mau menggunakan icon buatan sendiri silakan buat gambar dengan ukuran 512 x 512 pixel dalam format JPEG atau PNG, silakan klik UPLOAD untuk mengupload gambar dari komputer kita.
  • Setelah gambar icon berubah menjadi gambar hasil karya kita sendiri, klik saja NEXT
  • Kemudian klik CREATE
langkah-langkah Membuat aplikasi Android tanpa bahasa pemerograman
Pembuatan aplikasi game Android dengan AppsGeyser

  • Muncul jendela Login,
Cara Mudah Membuat aplikasi  Android tanpa bahasa pemerograman
Jendela Registrasi pada AppsGeyser

Silakan lakukan registrasi terlebih dahulu jika anda belum memiliki akun di web AppsGeyser. Bila pendaftaran anda berhasil maka anda akan menerima email verifikasi. Silakan buka email tersebut dan klik tombol Verifikasi yang ada email tersebut. Maka anda akan kembali masuk ke Dhasboard web AppsGeyser

  • Klik tombol EDIT
Cara Cepat Membuat aplikasi dan game Android tanpa bahasa pemerograman
Langkah akhir membuat aplikasi dengan AppsGeyser

  • Muncul gambar handphone di sebelah kanan, Klik Load Vreview, yang ada dalam gambar handphone tersebut.
  • Tunggu beberapa saat sampai louding  selesai. 
  • Silakan klik tombol Launch vreview yang ada di gambar handphone tersebut. 
Cara Mudah bikin aplikasi dan game Android tanpa bahasa pemerograman
Lunching Vreview game yang baru dibuat

Tugas anda harus mengambil empat screenshot berbeda, yang muncul dalam gambar handphone tersebut, dengan cara klik tombol Save Screenshot yang ada di bawah handphone tersebut. Berikut cara mengambil gambar screenshot yang muncul pada gambar handphone tersebut;
  • Setelah muncul judul aplikasi atau judul game yang kita buat, klik tombol Save Screenshot
  • Klik saja tombol Play yang ada di bawah judul, setelah muncul layar berikutnya segera klik Save Screenshot
Lakukan langkah di atas sampai anda mendapatkan empat buah screenshot, simpan empat screenshot tadi baik-baik, karena akan dibutuhkan lagi nanti.

  • Sekarang kita kembali, klik menu DHASBOARD yang ada di kiri atas
  • Klik PUBLISH yang ada di Play Store
Langkah-langkah bikin aplikasi dan game Android tanpa bahasa pemerograman
Langkah membuat game dengan AppsGeyser untuk dipublish ke Play Store

  • Maka akan muncul halaman persetujuan Publish your App to Google Play yang ke-1, beri tanda centang pada semua options yang ada di atas tombol CONTINUE, 
  • Setelah diberi tanda centang semua, klik CONTINUE, maka akan muncul halaman untuk memasukkan empat screenshot tadi
Cara Mudah bikin aplikasi dan game Android tanpa bahasa pemerograman tanpa coding
Memasukan screenshot

  • Silakan klik tombol Attack Image yang paling kiri (no.1), kemudian silakan upload screenshot yang paling awal.
  • Kemudian klik lagi Attack Image yang ke dua, upload screenshot yang ke dua. Dan seterusnya, sampai empat screenshot tadi semua terupload.
  • Setelah selesai upload screenshoot, klik tombol I HAVE SCREENSHOTS & ICON yang ada di bawah
  • Pada halaman persetujuan Publish your App to Google Play yang ke-3, silakan buat deskripsi yang lengkap tentang game yang baru saja anda buat, deskripsi minimal 200 huruf. Jika sudah klik saja tombol I HAVE A DESCRIPTON
  • Pada bagian halaman persetujuan Publish your App to Google Play yang ke- 4 anda dipersilakan untuk mendownload game yang baru saja dibuat dalam format zip, jika sudah klik I HAVE RESOURCES
  • Pada halaman persetujuan Publish your App to Google Play yang ke-5, anda diminta melakukan pendaftaran untuk jadi pengembang di Google Play.

Di sinilah kesempatan anda untuk meraih penghasilkan dari Google Play Store. Dengan biaya pendaftaran sebesar 25 US Dollar, nantinya anda bisa bebas membuat berbagai aplikasi dan game untuk Android yang bisa dipublikasikan serta dipasarkan ke seluruh penjuru dunia melalui Play Store. Jika aplikasi anda berbayar  maka anda berhak atas royalti dari setiap penjualan aplikasi tersebut. Dan jika aplikasi atau game anda gratis, anda berhak atas penghasilan iklan yang muncul pada saat game anda dimainkan orang. Masalah monetisasi di Android kita bahas nanti, sekarang kita lanjut dulu.
  • Klik saja I HAVE AN ACCOUNT
  • Pada bagian Publish your App to Google Play yang ke-6, klik saja I HAVE TESTED MY APP
  • Pada bagian Publish... ke-7, yaitu pada bagian PUBLISH TO MARKET PLACE, pelajari dengan teliti tahap demi tahap, jika menginginkan aplikasi anda masuk ke dalam Google Play Store. Dalam tutorial kali ini kita tidak akan memasarkannya ke Play Store, jadi klik saja I HAVE PUBLISH MY APP
  • Pada bagian Publish... ke-8, klik saja I GOT REVIEWS
  • Pada bagian Publish... ke-9, beri tanda centang di atas I JOINED kemudian klik I JOINED...
  • Pada bagian Publish... ke-10, masukan URL ini : https://play.google.com/store/apps/details?id=com.YOURAPP , tulisan yang berwarna merah ganti dengan nama aplikasi yang baru dibuat, Setelah itu klik tombol SUBMIT. 
  • Selesai
Karena game yang kita buat belum masuk ke Play Store, maka untuk mendownload dan mencobanya di Android anda, silakan lakukan langkah-langkah berikut:
  • Buka browser di Android anda
  • Pada address bar silakan tuliskan www.appsgeyser.com kemudian Enter
  • Silakan login menggunakan email yang telah anda daftarkan.
  • Setelah berhasil login klik menu DHASBOARD
  • Cari di bawah bagian Download your App, seperti gambar di bawah ini. Kemudian Klik tombol DOWNLOAD yang ada di bawah gambar Scan QR Code
Sipa saja akan bisa Membuat aplikasi dan game Android tanpa bahasa pemerograman
Download game yang baru dibuat

  • Tampilan proses download dan instalasi berbeda dengan biasanya, karena aplikasi yang kita download bukan dari Play Store. Jadi ikuti saja petunjuk yang muncul pada handphone anda sampai selesai.
Cara gampang bikin aplikasi dan game Android tanpa bahasa pemerograman
Screenshots game yang baru dibuat setelah diinstall di Handphone

Bila anda ingin lebih jelas langkah demi langkah Cara Membuat Aplikasi dan Games Android, anda bisa menyimak video tutorial di bawah ini.



Demikian tadi langkah demi langkah cara membuat aplikasi atau game Android tanpa coding atau tanpa menggunakan bahasa pemerograman melainkan dengan dengan menggunakan web portal online AppsGeyser. Semoga bermanfaat.
Jika anda memerlukan panduannya dalam bentuk Video Tutorial, Silakan klik link berikut ini: Panduan Lengkap Cara Mudah Membuat Aplikasi Game Android tanpa Coding.

Previous
« Prev Post

Artikel Menarik Lainnya

Cara Mudah Bikin Aplikasi Game Android Tanpa Coding Tanpa Pemerograman
4/ 5
Oleh

7 comments

4 November 2017 at 15:20 delete

Keren bang,ini yang saya cari 😁

4 November 2017 at 17:28 delete

Iya, aku dah nyoba dan bisa. thanks bro

4 November 2017 at 17:34 delete

Terimakasih, semoga bermanfaat

4 November 2017 at 20:35 delete

Bagus�� makasih atas infonya

4 November 2017 at 23:32 delete

Sama-sama, semoga bermanfaat

21 November 2017 at 17:04 delete

Makasih pa Moses97

21 November 2017 at 20:14 delete

Sama-sama. semoga bermanfaat

Post a Comment