Cara Mudah Mengembalikan Data yang Terhapus

Dalam keadaan normal ketika sebuah folder atau file terhapus atau dihapus pada komputer atau laptop, maka file atau folder tersebut akan masuk ke Recycle Bin dan untuk mengembalikannya lagi ke tempat semula kita tinggal membuka Recycle bin kemudian me-restore file atau folder tersebut. Namun pada kasus tertentu mungkin saja file atau folder tersebut tidak ada di recycle bin, karena anda menghapusnya secara permanen atau mungkin anda telah melakukan Disk Cleanup pada komputer anda.
Cara Mudah Mengembalikan Data yang Terhapus pada Harddisk Komputer dan laptop
Cara Mudah Restore Data yang Terhapus
Nah, untuk mengembalikan data yang sudah dihapus secara permanen atau mungkin terhapus karena virus dan data tersebut tidak ada di recycle bin, maka untuk mengembalikannya kita memerlukan bantuan sebuah aplikasi restore. Salah satu aplikasi restore tersebut di antaranya adalah Glary Undelete.

Glary Undelete merupakan aplikasi gratis yang cukup bagus yang mampu dengan cepat dan mudah mengembalikan data yang hilang atau terhapus walaupun data tersebut dihapusnya atau terhapusnya sudah bertahun-tahun yang lalu. 

Berikut adalah langkah-langkah cara mengembalikan data yang terhapus dengan menggunakan aplikasi Glary Undelete.


  • Silakan download  Glary Undelete langsung ke web sumbernya yaitu di URL https://www.glarysoft.com/glary-undelete/download
  • Kemudian install Glary Undelete di komputer anda. File installer Glary Undelete bernama gunsetup. Filenya sangat kecil hanya sekitar 5MB
  • Setelah selesai install, silakan buka aplikasi Glary Undelete tersebut, maka akan tampil interpace Glary Undelete seperti di bawah ini
Cara Mengembalikan Data yang Terhapus pada Harddisk
Tampilan interface Glary Undelete
  • Tentukan drive yang mau discan, yaitu drive tempat menyimpan file atau folder yang terhapus atau hilang
  • Kemudian klik tombol Search yang ada di samping nama drive tadi
  • Tunggu beberapa saat hingga proses scanning selesai. Lamanya proses scanning sangat tergantung pada banyaknya jumlah file yang pernah dihapus.
  • Nama-nama file yang pernah dihapus atau terhapus akan muncul di kolom sebelah kanannya, seperti gambar di bawah ini file-file yang pernah dihapus akan dimunculkan kembali berikut keterangan kapan file tersebut dihapus
Cara Mudah Mengembalikan Data yang Terhapus pada Komputer
File-File yang telah terhapus beberapa tahun lalu muncul kembali
  • Untuk mengembalikan file-file yang terhapus, silakan beri tanda ceklis pada file tersebut dan klik tombol Restore yang ada di pojok kanan bawah.
Panduan Cara Mudah Mengembalikan Data yang Terhapus pada Harddisk
Pilih file yang mau dikembalikan

  • Maka akan muncul jendela dialog seperti di bawah ini, akan dikembalikan lagi kemana file-file tersebut.
  • Silakan tentukan drive mana dan ke folder mana akan dikembalikan atau anda bisa membuat folder baru untuk mengembalikan file-file tersebut. Jika anda tidak menetukan drive dan folder, defaultnya file-file ini kan dikembalikan ke desktop.
Tutorial Cara Mudah Mengembalikan Data yang Terhapus
Pilih tempat pengembalian file yang terhapus
  • Jika sudah ditentukan klik saja OK.
  • Inilah file-file yang lima tahun yang lalu pernah dihapus secara permanen, kini sudah berhasil dikembalikan lagi.
Cara Gampang Mengembalikan Data yang Terhapus pada Harddisk
File-File yang berhasil dikembalikan setelah terhapus secara permanen
Demikian tadi tutorial cara mengembalikan file atau folder yang terhapus dengan menggunakan bantuan aplikasi Glary Undelete yang khusus digunakan untuk mengembalikan data yang terhapus pada komputer atau laptop serta pada harddisk eksternal. Untuk mengembalikan data yang terhapus pada deive penyimpanan eksternal lainnya seperti flashdisk dan memory SD card, silakan baca tutorial Cara Mengembalikan Data atau File yang Terhapus pada Memory Card.

Semoga tutorial ini bermanfaat, jika ada pertanyaan atau saran silakan sampaikan melalui kotak komentar yang telah disediakan di bawah. Jika anda menginginkan dikirim artikel-artikel menarik lainnya dari BossTutorial, silakan daftarkan email anda pada Sidebar Mau Dikirim Artikel Gratis yang ada di samping kanan.Terimakasih.


Previous
« Prev Post

Artikel yang Sangat Penting

Artikel Menarik Lainnya

Cara Mudah Mengembalikan Data yang Terhapus
4/ 5
Oleh

Post a Comment