Cara Membuat dan mengamankan Password yang Paling Baik



Apakah anda pernah lupa password? dan apakah anda memiliki banyak akun? Jika anda lupa password karena memiliki banyak akun, itu hal yang manusiawi, mari kita buat manajemen password yang baik. Akan tetapi jika anda hanya punya satu akun kemudian lupa password itu berarti ada masalah dengan anda, mungkin akun anda jarang dibuka atau mungkin anda termasuk "pelupa".

tutorial Cara Membuat dan Mengamankan Password yang kuat
Cara Membuat dan Mengamankan Password

Saya sendiri yang senang dengan dunia TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) dan kebetulan juga bekerja dalam bidang tersebut, banyak memiliki akun dari berbagai jenis layanan yang ada di internet. Mungkin jumlahnya lebih dari 50 akun dengan password masing-masing akun yang sebagian besar berbeda.

Dulu sebelum menemukan trik cara pengelolaan password yang baik, saya sendiri sering lupa dan tertukar password antara akun yang satu dengan akun yang lainnya. Namun sekarang dengan menggunakan trik manajemen password yang akan saya share dengan pembaca BossTutorial ini, alhamdulillah tidak pernah lagi lupa apalagi tertukar password.



Kategori Password yang Buruk

Kategori password yang jelek yaitu password yang mudah ditebak oleh orang lain dan mungkin juga susah diingat oleh diri sendiri.

tips Membuat dan Mengamankan Password
Password yang kurang baik

  1. Menggunakan tanggal lahir sendiri atau anggota keluarga lainnya, seperti 06022018, 02feb2018, 02februari18, dan sebagainya
  2. Menggunakan angka atau huruf yang berurut, seperti 123456789, abcdefghai, qwertyuiop (deretan huruf pada keyboard)
  3. Menggunakan teks yang sama dengan nama akun
  4. Kurang dari delapan karakter
  5. Menggunakan nama kota kelahiran atau kota tempat tinggal
  6. Menggunakan huruf atau angka kembar, 11111111, 11223344, 11112222, dan seterusnya.
  7. Menggunakan nama sendiri atau nama keluarga
  8. Menggunakan nomor telefon 
  9. Menggunakan nomor NIK, NIP

Kategori Password yang Kuat dan Baik

  1. Minimal memiliki 8 karakter dan maksimal 32 karakter, namun pada umumnya password yang dikategorikan memiliki ketahanan atau kekuatan yang tinggi cukup antara 8 - 14 karakter saja. Sebetulnya semakin panjang password semakin bagus dan kuat, hanya kelemahannya semakin panjang akan semakin lama dalam menginputnya.
  2. Terdiri dari kombinasi huruf besar (A-Z), huruf kecil (a-z), angka (0-9), dan karakter khusus, seperti: ? (tanda tanya), / (garis miring), \ (back slash), = (sama dengan), + (plus), _ (garis bawah), * (bintang), & (dan), % (persen), $ (dollar), # (pagar), @ (at), > (kurang dari), < (lebih dari) dan lain sebagainya.
  3. Memiliki keunikan, password harus menggunakan kata atau kalimat yang unik yang tidak terdapat dalam kamus, dan bukan berasal dari bahasa yang umum digunakan sehari hari yang sudah terpola dengan mudah.
  4. Mudah diingat oleh kita susah ditebak orang lain.

Trik Membuat Password yang Kuat

Jika anda memiliki banyak akun dan menginginkan password yang berbeda dari setiap akun tersebut maka gunakan teknik-teknik dalam contoh berikut.

Misalnya, nama asli anda misalnya: Ujang Parto (maaf bila ada yang sama)
Akun Google 1: ujangparto1980. Contoh password: Gn4ju#Gmail80
Akun Google 2: ujangpartocool.  Contoh password: Gn4ju#Gmailol
Akun Twitter: @ujangparto234.  Contoh password: Gn4ju#Twitter34
Akun Facebook: UjangpartoOK.  Contoh password: Gn4ju#FBOK

Contoh password di atas terbagi menjadi empat bagian yaitu:

1. Karakter Awal (Gn4ju)

Pada contoh di atas semua password selalu diawali dengan Gn4ju yang sebetulnya berasal dari nama Ujang yang di-alay-kan dan dibalik. Variasinya sebetulnya bisa banyak, mungkin jadi 6naju, 6n4ju, uj4n6, Uj4n6, Uj4ng, Uj4nG, u7anG, U74nG, gn47u, Gn47u, dan lain-lain.

Jika anda memiliki banyak akun, untuk menghindari lupa, lebih baik menggunakan satu variasi nama alay untuk awal password. Jangan menggunakan variasi nama alay yang berbeda dari setiap akun, sebab nanti anda akan bingung sendiri.




2. Karakter Khusus (#)

Tanda karakter khusus yang digunakan dalam contoh di atas adalah tanda pagar atau hashtag (#)yang berfungsi memisahkan nama pemilik akun dengan penyedia akun. Anda bisa menggunakan karakter khusus yang lainnya. Ada 32 karakter khusus yang bisa digunakan. Untuk menghasilkan password yang kuat (strong) minimal harus mengandung satu tanda karakter khusus ini. Sebaiknya anda menggunakan karakter khusus yang sama sebagai pemisah antara nama dan penyedia akun di setiap password.


3. Karakter Penyedia Akun (Google, Twitter, FB)

Dalam contoh password di atas nama penyedia akun selalu di masukkan dalam setiap password, tujuannya adalah untuk memudahkan mengingat password dari masing-masing penyedia akun. Untuk nama penyedia akun sebaiknya tidak usah menggunakan bahasa alay, namun gunakan saja apakah mau menggunakan huruf kapital semua, kecil semua atau awalnya saja yang kapital, yang penting anda konsisten. Kalau mau huruf besar gunakan selalu huruf besar di semua nama penyedia akun.


4. Dua digit Karakter setelah nama penyedia akun

Dua digit terakhir dalam contoh password di atas diambil dari dua digit terakhir dari nama akun. Tujuannya adalah untuk mengantisipasi jika banyak memiliki akun pada penyedia akun yang sama. Dalam contoh di atas misalnya Google, banyak orang yang memiliki akun Google lebih dari satu.

Pengambilan dua digit terakhir seperti di atas hanya sebagai contoh saja, anda bisa mengambil tiga digit atau lebih dan yang diambil adalah dua digit terakhir dari nama, pertimbangannya karena biasanya nama akun yang sering berbeda atau dibedakan adalah di bagian akhirnya.

Dalam contoh password nomor satu di atas karakter akhirnya menjadi Gmail80, karena nama akunnya ujangparto1980 dan yang kedua menjadi Gmailol karena nama akunnya ujangpartocool.




Membuat password dengan Generator Password

Di internet banyak sekali aplikasi baik online maupun offline yang menyediakan jasa gratis untuk pembuatan password yang sangat kuat, namun setelah saya coba dari dua aplikasi online yaitu di http://rumkin.com/tools/password/pass_gen.php dan http://www.hughcalc.org/pwgen.cgi, kekuatannya memang sangat tinggi, hanya kelemahannya password yang dihasilkan agak susah diingat.

Cara Mengamankan Password yang baik
Generator Password

Password yang dihasilkan dari aplikasi Generator Password lebih cocok jika password tersebut disimpan dalam sebuah file, karena kalau harus diingat apalagi jika kita memiliki akun yang banyak rasanya akan sulit. Ingat password yang baik bukan saja memiliki kekuatan yang tinggi, namun juga mudah diingat oleh kita dan susah ditebak oleh orang lain.

Jika anda malas berkreatifitas untuk membuat password yang strong ada baiknya anda menggunakan jasa gratis pembuatan atau penyusunan password dari aplikasi Generator Password tersebut.

Trik Cara Mengamankan Password

Hasil studi yang dilakukan Microsoft menunjukan bahwa 40% dari para pemilik akun mereka menggunakan password yang mudah ditebak oleh orang-orang terdekat di sekitarnya. Hal ini dimungkinkan karena mereka tidak menganggap penting masalah keamanan dari akun yang mereka miliki. 

Sebuah anggapan yang keliru jika menganggap sebuah akun tidak penting walaupun itu hanya sebuah akun email. Apa jadinya jika akun anda digunakan oleh orang yang berniat jahat, tentu yang pertama sebagai tersangka bukan pelaku yang sesungguhnya, tetapi anda dulu sebagai pemilik akun yang akan dijadikan tersangka.
Cara menghindari pembobol Password
Keylogger mampu merekam semua yang diketik di keyboarad

Agar password akun anda aman, berikut hal-hal yang harus dilakukan:
  1. Jangan pernah memberitahukan password kepada siapapun
  2. Jangan pernah mencatat atau menyimpan password di buku alamat, buku catatan, di meja, di kalender, di secarik kertas, di kartu nama, dan sebagainya.
  3. Jangan pernah menyimpan password di browser saat online
  4. Jangan membuka akun di komputer umum, seperti warnet, sekolah, kantor, kampus, dan sebagainya.
  5. Usahakan satu password hanya untuk satu akun, jangan menggunakan satu password untuk banyak akun.
  6. Selalu hati-hati dengan software keylogger, web phising, dan hacker. Silakan baca Cara Mudah Mencuri Password dengan Keylogger
  7. Hindari mengetikkan password menggunakan keyboard manual, tapi gunakanlah Virtual Keyboard.
  8. Pasang anti virus dan anti keylogger di setiap perangkat yang sering anda gunakan.
  9. Selalu rajin update anti virus ke versi yang terbaru.
  10. Gunakan selalu password login untuk masuk ke setiap perangkat anda
  11. Jika anda terpaksa harus menyimpannya di Microsoft Word, gunakan password berlapis. 
  12. Jika memiliki banyak password dan anda merasa sebagai pelupa, ada baiknya disimpan di penyimpanan cloud atau internet seperti Google Drive, Cloud Drive, Dropbox, dan lain-lain. Tujuannya agar mudah dibuka di mana pun anda berada.
Demikian tadi tutorial cara membuat dan mengamankan password yang baik. Semoga tutorial ini bermanfaat, jika ada saran atau pertanyaan silakan masukkan dalam kotak komentar di bawah. Dengan senang hati saya akan membalas secepat yang saya mampu.

Terimakasih sudah mampir ke blog BossTutorial.com

Previous
« Prev Post

Artikel yang Sangat Penting

Artikel Menarik Lainnya

Cara Membuat dan mengamankan Password yang Paling Baik
4/ 5
Oleh

Post a Comment