Cara Mudah Membuat Grafik pada Microsoft Word





TUTORIAL LENGKAP - Dalam penyusunan karya tulis seperti skripsi, tesis, makalah, laporan, program kerja dan lain-lainnya, terkadang pada bagian-bagian tertentu kita perlu membuat grafik untuk mempresentasikan data-data ke dalam bentuk yang lebih visualisasi.

Cara Mudah Membuat Grafik pada Microsoft Word

Cara membuat grafik pada Microsoft Word ini bisa diterapkan pada semua versi Word terutama versi Word 2007 hingga Word 2019. Walaupun dalam tutorial ini "BossTutorial" menggunakan Microsoft Word versi 2016, teman-teman yang masih setia menggunakan Microsoft Office versi di bawahnya tak perlu kuatir, karena langkah-langkah membuat grafik di Word ini sangat mudah dan dan hampir sama di semua versi Microsoft Office.

Baiklah, berikut langkah-langkah cara membuat grafik di Microsoft Word

Misalkan kita ingin membuat grafik dari data Rata-Rata Perolehan Nilai Ujian Nasional selama empat tahun terakhir, seperti di bawah ini:

TAHUN PELAJARAN
RATA-RATA NILAI UJIAN NASIONAL
B. IndonesiaMatematikaB. InggrisIPA
2015/201670,4560,3573,5565,80
2016/201768,4062,7575,4282,00
2017/201871,5564,2071,6082,85
2018/201973,6566,8076,8070,45

  • Silakan tempatkan kursor pada tempat dimana anda ingin meletakkan grafik, misalnya kita tempatkan kursor di bawah tabel
  • Klik Tab Insert, kemudian klik pada menu Chart, maka akan tampil jendela dialog seperti berikut ini

Cara Mudah Membuat Grafik pada Microsoft Word

  • Pada Jendela Insert Chart, silakan pilih model Grafik yang anda inginkan, misalnya kita pilih model grafik Column atau batang
  • Klik lagi pada salah satu model grafik batang yang anda inginkan
  • Klik tombol Ok, maka akan tampil sampel grafik dan sampel data seperti di bawah ini
Cara Mudah Membuat Grafik pada Microsoft Word
Sampel grafik yang muncul di Microsoft Word

Silakan ganti semua data sampel yang muncul dalam tabel mirip Excel di atas dengan data asli yang ada pada tabel Rata-rata Perolehan Nilai Ujian Nasional. Cara mengganti datanya yang paling mudah adalah dengan cara di-copy saja per bagian. 





Misalnya dalam contoh di atas:
  • Category 1 hingga Category 4, ganti dengan tahun 2015/2016 hingga 2018/2019
  • Copy semua data angka (nilai) yang ada pada tabel Word ke semua data angka sampel yang ada di tabel mirip Excel

Karena data yang kita copy terdiri dari empat kolom, sedangkan pada data sampel hanya ada tiga kolom, anda tak perlu kuatir karena akan secara otomatis kolom Series-nya bertambah menjadi empat.

  • Ganti Series 1 menjadi B. Indonesia, 
  • Series 2 menjadi Matematika, 
  • Series 3 menjadi B. Inggris
  • Series 4 menjadi IPA

Kurang lebih pada sampel tabel menjadi seperti di bawah ini

Cara Mudah Membuat Grafik pada Microsoft Word

Jika data pada sampel data sudah benar, maka secara otomatis Grafik akan mengikuti data yang ada pada sampel tabel tersebut. Grafiknya akan seperti ini

Cara Mudah Membuat Grafik pada Microsoft Word
Contoh Grafik Batang yang dibuat dengan Microsoft Word

Baik grafik yang dibuat dengan Word maupun grafik dengan di Excel atau pun di PowerPoint, hasilnya sama seperti di atas.

Di samping kanan grafik ada empat ikon menu yang berguna untuk menambahkan elemen grafik, atribut grafik maupun pengaturan grafik lainnya.

Menu-menu tersebut di antaranya:

Gambar 1: Layout Options
Berfungsi untuk melakukan pengaturan layout grafik terhadap teks, seperti menempatkan grafik di tengah teks, menyatukan grafik dengan teks atau memisahkan grafik dengan teks

Gambar 2: Chart Element
Adalah menu untuk mengatur semua elemen yang ada di grafik. Jika kita klik menu Chart Element, maka akan muncul fungsi-fungsi seperti di bawah ini

Cara Mudah Membuat Grafik pada Microsoft Word
Elemen-elemen pada Grafik

Untuk mengaktifkan fungsi elemen grafik tersebut kita tinggal memberi tanda ceklis pada kotak persegi di samping kirinya, sedangkan untuk menghilangkan elemen tersebut yaitu dengan cara menghilangkan tanda ceklis di samping kirinya.

Gambar 3: Chart Styles
Berfungsi untuk memilih model grafik dan juga mengganti warna pada elemen-elemen grafik, seperti mengganti warna teks, ukuran teks, jenis font, mengganti warna kolom atau batang grafik dan lain-lain.

Gambar 4: Chart Filter
Berguna untuk mengurutkan angka, nama dan data-data lain yang ada di dalam grafik

Demikian tutorial lengkap bagaimana Cara Membuat Grafik pada Microsoft Word. Semoga tutorial ini bermanfaat, jika ada pertanyaan atau saran silakan tuliskan dalam komentar. Dengan senang hati BossTutorial akan membalas secepat yang kami bisa.

Terimakasih sudah mampir ke blog TUTORIAL LENGKAP di https://bosstutorial.com



Previous
« Prev Post

Artikel Menarik Lainnya

Cara Mudah Membuat Grafik pada Microsoft Word
4/ 5
Oleh

Post a Comment