Cara Monetisasi Video di Youtube agar Menghasilkan Uang



Anda ingin mendapatkan uang dari Youtube seperti mereka para Youtuber yang telah berpenghasilan ratusan juta bahkan milyaran rupiah perbulannya? Jika jawabannya "Ya" anda sudah berada di blog yang tepat, karena dalam kesempatan kali ini saya kan mengupas tuntas bagaimana caranya agar anda bisa mendapatkan uang gratis dari Youtube.

Sebelum membahas bagaimana cara Monetisasi Video di Toutube agar menghasilkan uang, mari kita tengok sejenak berapa penghasilan mereka para Youtuber Dunia dan Youtuber Indonesia tiap bulannya dari Youtube.

Tutorial Cara Monetisasi Video di YouTube agar Menghasilkan Uang
Cara Monetisasi Video di Youtube agar Menghasilkan Uang


Youtuber Dunia:
1. Pewdiepie alias Pelix, rata-rata Rp 16.6 milyar per bulan
2. Roman Etwood, rata-rata 8,3 milyar per bulan
3. Lily Singh, rata-rata Rp 8,3 milyar per bulan
4. Smosh, rata-rata Rp 7,75 milyar per bulan
5. Ronsana Pansino, rata-rata Rp 7,3 milyar per bulan

Youtuber Indonesia:
1. Hanin Dhiya, antara Rp 91.000.000,00 - Rp 1.460.000.000,00 per bulan
2. Gen Halilintar (Group) antara Rp 79.000.000,00 - Rp 1.260.000.000,00 per bulan
3. Ricis Official, antara Rp 72.000.000,00 - Rp 1.500.000.000,00 per bulan
4. Reza Arap Oktovian, antara Rp 44.000.000,00 - 703.000.000,00 per bulan
5. Edho Zell, antara  Rp 43.000.000,00 - Rp 678.000.000,00 per bulan

Berikut yang anda harus lakukan jika ingin video anda di Youtube dapat menghasilkan uang seperti para Youtuber di atas:


1. Langkah pertama Buatlah Channel Youtube

  • Syarat pertama anda harus punya akun Google, jika belum punya silakan bikin dulu akun Google-nya, caranya silakan klik panduan Cara Membuat Email Gmail, Tutorial Bergambar Lengkap 
  • Buka Google Chrome atau browser yang lainnya
  • Masuklah ke halaman Google.com
  • Pada halaman Google.com perhatikan di sudut kanan atas, apakah yang aktif akun Google anda atau akun Google orang lain
Cara Monetisasi Video di YouTube agar Menghasilkan banyak Uang
Pastikan yang aktif adalah akun Google anda

  • Jika yang aktif adalah akun Google anda, lanjutkan ke langkah berikutnya, namun jika yang aktif adalah akun Google orang lain, Klik KELUAR dan anda masuk lagi dengan akun dan password Google anda.
  • Karena akun Google ini bersifat All in One yaitu satu akun untuk semua aplikasi dan layanan Google, maka akun Google anda, juga merupakan akun Youtube anda. Jadi langkah berikutnya bukan membuat akun Youtube melainkan membuat Channel Youtube.
  • Untuk membuat akun Youtube, klik Aplikasi Google yang ada di atas kanan, kemudian klik Youtube
Tutorial cepat Cara Monetisasi Video di YouTube agar Menghasilkan Uang
Langkah masuk ke akun Youtube

  • Setelah masuk ke halaman Youtube, klik Lingkaran yang bergambar orang di sudut kanan atas, kemudian klik Create Studio
Panduan Cara Upload dan Monetisasi Video di YouTube agar Menghasilkan Uang
Langkah cara membuat Channel Youtube

  • Anda langsung akan masuk ke Channel Youtube anda yang baru saja dibuat. Nama channelnya sama dengan nama akun Google anda. Untuk pengaturan selanjutnya silakan klik LIHAT CHANNEL yang ada di bawah nama akun anda di samping kotak bergambar orang
Cara Monetisasi Video di YouTube agar Menghasilkan Uang Gratis dari Youtube
Nama Channel Youtube sama dengan nama akun Google

  • Tampil halaman pengaturan Channel Youtube anda. Untuk mulai mengatur Channel anda, klik saja tombol EDIT TATA LETAK.
Langkah demi langkah Cara Monetisasi Video di YouTube agar Menghasilkan Uang
Pengaturan Channel Youtube

  • Setelah masuk ke halaman pengaturan beranda dari Channel Youtube anda, silakan tambahkan gambar header channel dan foto profil Channel Youtube anda. Untuk gambar header channel sebaiknya ukurannya mengikuti aturan Youtube yaitu  2560 x 1440 pixel dan besar file gambarnya maksimal 5MB. Khusus untuk ukuran besar file lebih kecil lebih bagus, karena semakin kecil ukuran file gambar maka akan semakin cepat louding gambar tersebut.
Sampai di sini langkah-langkah membuat channel Youtube telah selesai, selanjutnya kita akan membahas aturan atau kebijakan tentang upload video ke channel Youtube anda agar dapat menghasilkan uang. Aturan ini sangat penting kita ketahui, sebab jika kita melanggar aturan yang telah ditetapkan oleh Youtube, video kita tidak akan menghasilkan uang dan bahkan mungkin channel kita akan dihapus.



2. Hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum upload video ke Youtube agar dapat menghasilkan uang adalah sebagai berikut:

  • Video Original. Youtube sangat menyukai video hasil karya sendiri dengan tema sendiri, jadi jangan pernah upload video hasil rekaman dari TV, dari bioskop, dari internet dan sebagainya.
  • Jangan menyalahgunakan channel Youtube anda untuk tujuan tertentu. Seperti untuk menghina seseorang atau sekelompok orang, propaganada terorisme, upload video iklan sebuah poduk, konten pornografi, konten kekerasan, konten yang membangkitkan kebencian, konten yang merugikan banyak orang, dan sebagainya. Untuk lebih jelasnya silakan kunjungi: https://www.youtube.com/yt/policyandsafety/id/communityguidelines.html
  • Hormati Hak Cipta. Artinya kita tidak boleh upload video yang telah memiliki hak cipta atas nama orang lain, kecuali ada izin tertulis dari pemegang hak cipta tersebut. Misalnya saja anda download video dari Youtube atau dari channel lainnya, setelah itu anda upload lagi ke Youtube, jika video tersebut memiliki lisensi hak cipta, anda akan kena masalah, namun jika video tadi free lisensi itu sah-sah saja.
  • Background Musik. Ketika anda upload video karya anda sendiri, namun anda menggunakan background musik yang ber-lisensi hak cipta, video anda pun akan kena masalah yaitu tidak akan bisa dimonetisasi yang berarti tidak akan menghasilkan uang. Jadi agar tidak kena masalah gunakan background musik yang free lisensi untuk video karya anda tadi. Silakan download musik bebas lisensi yang telah di sediakan oleh Youtube di link berikut ini:  https://www.youtube.com/audiolibrary/music
  • Kualitas Video. Agar video anda disenangi orang buatlah video dengan kualitas HD. Kenapa harus kualitas HD, karena semua orang suka dengan gambar yang jernih, bersih dan jelas. Orang akan dengan segera meninggalkan video anda yang buram, berbintik-bintik dan tidak jelas.
  • Durasi Video. Buatlah video dengan durasi yang panjang. Kenapa mesti durasi panjang, karena semakin lama orang membuka dan berada di channel Youtube anda maka showing results cahnnel anda semakin baik di mata Youtube.
  • Link External. Jangan pernah membuat atau mengarahkan para penonton video anda ke situs lain di luar Youtube, apalagi kalau anda membuat link aktif.


3. Cara Meningkatkan View, Like dan Subscribe untuk Video anda

Persyaratan utama agar sebuah video bisa dimonetisasi yaitu dipasangnya iklan di video dan channel kita, yaitu apabila view atau jumlah tayang telah mencapai minimal 4.000 jam penayangan atau 240.000 menit total penayangan semua video di Channel kita. Dan sebagai persyaratan kedua Channel kita harus sudah memiliki minimal 1000 Subscriber. Peraturan ini mulai berlaku sejak 20 Februari 2018. 

Jadi persyaratan utamanya untuk bisa dipasang iklan jelas jumlah jam tayang dan Subscribe, sedangkan Like dan Share merupakan indikator kepopuleran untuk sebuah video. Semakin tinggi jumlah Like dan Share maka Youtube semakin berminat untuk memasang iklan di video dan channel tersebut.

Berikut adalah beberapa tips agar view, like dan subscribe video di Youtube cepat meningkat

  • Upload video dengan jumlah yang banyak, karena kesempatan untuk mendapatkan jumlah tayang dan subscribe semakin banyak pula.
  • Buatlah video yang lagi trend yang banyak dicari orang
  • Buatlah judul video yang menarik namun tetap relevan dengan konten, dan jangan pernah membohongi para penonton. Misalnya judulnya "Memalukan Artis Ibu Kota tak bisa Nyanyi Indonesia Raya". ternyata isi videonya bukan artis tapi anda sendiri. Hal ini akan membuat citra Negatif untuk channel anda dengan jumlah Tidak Suka makin banyak.
  • Pada bagian deskripsi video, tambahkan keterangan tambahan yang relevan dengan video anda. Gunakan kata-kata yang mengandung "keyword".
  • Buatlah tag yang relevan dengan jugul video anda, dan jangan lupa setiap video yang anda upload beri tag tambahan nama channel anda. Tujuannya ketika orang menonton satu video anda, maka video anda yang lainnya akan tampil di list video Youtube.
  • Gunakan gambar thumbnail atau gambar sampul yang menarik untuk setiap video anda yang diupload, tapi harus tetap relevan dengan isi video
  • Promosikan video anda melalui media sosial seperti Google+, Facebook, Twitter, Instagram, Whatsapp, blog, reddit, dan lain sebagainya.
  • Jika anda memiliki website atau blog buatlah link yang mengarah ke video anda.



4. Cara Monetisasi Video di Youtube agar Menghasilkan Uang

Seperti disebutkan di atas bahwa video kita baru bisa dimonetisasi setelah mencapai minimal 4.000 jam tayang dan 1.000 subscriber dari seluruh video yang ada di channel kita. Melakukan monetisasi sangat penting jika memang anda ingin berkesempatan  mendapatkan  uang dari Youtube.

Prosedurnya setelah anda melakukan monetisasi, maka pihak Youtube akan mengevaluasi kelayakan  seluruh video yang dimonetisasi, apakah video tersebut melanggar aturan dan kebijakan Youtube atau tidak.  Lamanya Evaluasi kurang lebih memerlukan waktu selambat-lambatnya 7 hari, dan hasilnya akan diberitahukan via email. Jika video kita lulus dari evaluasi, maka di setiap video yang kita monetisasi akan disisipkan iklan. Uang baru akan mengalir ke akun Adsense Youtube kita jika ada penonton yang meng-klik video tersebut.

Berikut langkah-langkah monetisasi video di Youtube agar menghasilkan uang
  • Masuklah ke akun Youtube anda
  • Di bagian kanan atas, pilih ikon akun > Creator Studio.
Cara Monetisasi Video di YouTube agar mendatangkan Uang
Akun Youtube

  • Di menu sebelah kiri, pilih Channel > Status dan fitur.
  • Di bagian "Monetisasi", klik Aktifkan.
Cara Cara Monetisasi Video di YouTube agar Menghasilkan Uang
Langkah Monetisasi Video

  • Setelah masuk ke halaman monetisasi, selanjutnya klik saja MULAI 
Cara pengaturan Video di YouTube agar Menghasilkan Uang
Pengaturan saat monetisasi Video di Youtube

  • Ikuti langkah yang muncul di layar untuk menyetujui Persyaratan Program Partner YouTube. Beri tanda centang pada ketiga kotak persegi di samping kiri, setelah itu baru klik tombol Saya setuju.
Cara pengaturan dan Monetisasi Video di YouTube agar Menghasilkan Uang
Disclaimer atau perjanjian dengan Youtube yang harus disetujui

  • Kembali lagi ke layar sebelumnya Klik lagi MULAI
  • Anda diharuskan membuat akun Adsense terlebih dahulu, silakan klik saja Berikutnya yang ada di bawah
  • Anda akan diminta membuat akun adsense menggunakan akun Google yang mana jika anda mempunyai lebih dari satu akun Google. Pilih akun yang sesuai dengan akun Youtube anda.
  • Lanjutkan hingga pembuatan akun Adsense anda selesai.
Langkah monetisasi video di Youtube telah selesai, anda tinggal menunggu dengan sabar datangnya email pemberitahuan dari pihak Youtube, apakah diterima atau ditolak. Saya yakin jika anda mengikuti kebijakan dan aturan yang telah ditetapkan oleh Youtube, video anda akan lulus dari verifikasi Youtube.

Demikian tutorial cara agar video di YouTube dapat menghasilkan uang. Semoga bermanfaat. Bila ada pertanyaan atau saran silakan masukan dalam kotak Komentar.

Terimakasih sudah mampir ke blog www.BossTutorial.com

Previous
« Prev Post

Artikel Menarik Lainnya

Cara Monetisasi Video di Youtube agar Menghasilkan Uang
4/ 5
Oleh
Facebook
0 Blogger