Cara Membuat Menu Drop Down di Excel Tanpa VBA Macro




Menu Drop Down - Untuk mempercepat entri data baik pada tabel, form atau data Excel lainnya alangkah baiknya jika anda membuat menu drop down. Dengan adanya menu drop down anda tidak perlu lagi mengetik data tetap yang sama berulang-ulang, tetapi cukup di-klik nama data dari menu drop down yang telah disediakan. Kelebihan atau keuntungan dari pembuatan menu drop down pada Excel yaitu meminimalisir terjadinya kesalahan mengetik data.

Cara Membuat Menu Drop Down di Excel tanpa Macro

Jenis data yang yang akan dimasukkan ke dalam menu drop down harus dipilih secara tepat, sebab jika tidak, bukannya akan mempercepat pekerjaan malah memperlambat pekerjaan. Data-data yang cocok untuk dimasukkan ke dalam drop down pada umumnya data yang bersifat tetap dan tidak memiliki pilihan yang terlalu banyak.

Sebagai contoh mari kita perhatikan formulir pendaftaran anggota di bawah ini, bagian data yang mana saja yang cocok dipasang menu drop down dan yang mana yang kurang cocok bahkan mustahil untuk dipasang menu drop down.

Cara Membuat Menu Drop Down di Excel

Untuk data Nama, Tempat Lahir dan Nama Perguruan Tinggi, bagian data tersebut jelas mustahil jika harus dibuat menu drop down.

Untuk data Jenis Kelamin, Agama dan Pendidikan Terakhir, data ini sangat disarankan untuk dibuat menu drop down.

Sedangkan untuk Tanggal dan tahun lahir, data ini boleh menggunakan menu drop down, boleh juga tidak, pertimbangannya mana yang lebih cepat, menulis atau memilih. Terkecuali untuk bulan lahir itu sangat di sarankan.

Baiklah kita mulai saja bagaimana cara membuat menu drop down di Microsoft Excel tanpa menggunakan VBA Macro.






Misalnya kita akan membuat menu drop down untuk data Agama seperti contoh di atas
  • Silakan buka Microsoft Excel di komputer anda
  • Pada sel C13 ketikan Agama
  • Pada sel C21 ketikan Islam, sel C22 ketikan Katolik, C23 ketikan Protestan, dan seterusnya, seperti di bawah ini
Tutorial Cara Membuat Menu Drop Down di Excel

  • Selanjutnya klik pada sel E13
  • Klik tab menu Data
tutorial lengkap Cara Membuat Menu Drop Down di Excel

  • Pada grup Data Tools, klik toolbar Data Validation, dan akan muncul kotak dialog seperti di bawah ini
Tutorial lengkap Cara Membuat Menu Drop Down di Excel

  • Pada menu Settings pada bagian Validation Criteria, ganti Any Value yang ada di kotak Allow: menjadi List. Cara untuk menggantinya klik saja tanda panah ke bawah yang ada di samping kanan kotak Allow tersebut
  • Di bawahnya akan muncul kotak Source, silakan klik tanda panah ke atas yang ada di samping kotak Source tersebut, maka akan muncul kotak kecil Data Validation seperti di bawah ini
Cara Membuat Menu Drop Down di Excel

  • Sekarang silakan blok data nama agama yang ada di sel C21 sampai dengan C27
  • Setelah di blok atau diseleksi nama-nama agama tadi, di kotak kecil Data Validation akan muncul rang =$C$21:$C$27 atau sesuai dengan dimana anda menuliskan data nama agama
  • Klik saja tombol Enter, maka akan muncul lagi kotak dialog Data Validation yang awal tadi
  • Jika anda ingin menambahkan fitur-fitur lainnya silakan klik di menu Input Message dan juga di menu Error Alert
Cara Membuat Menu Drop Down di Excel

  • Jika tidak ingin menambahkan fitur tersebut klik saja tombol OK

Lakukan hal yang sama untuk data-data yang lainnya yang sekiranya cocok dipasang menu drop down dan jangan memasang menu drop down dengan list sumber data yang terlalu banyak.

Demikian tutorial lengkap Cara Membuat Menu Drop Down di Excel tanpa VBA Macro, semoga tutorial ini bermanfaat, jika ada saran. kritik atau pertanyaan silakan tuliskan dalam komentar, dengan senang hati saya akan membalas secepat yang saya mampu.

Terimakasih sudah mampir ke blog Tutorial Lengkap www.BossTutorial.com