Cara Upload Video ke YouTube dari Handphone





Bagi teman-teman yang mau upload video ke YouTube, namun kebetulan sedang ada di perjalanan atau mungkin karena laptop atau komputernya sedang trouble, Teman-teman tidak perlu khawatir karena pada kesempatan ini BossTutorial.com akan menjelaskan dengan rinci bagaimana langkah-langkah cara upload video ke YouTube melalui HP (handphone).

Cara Upload Video ke YouTube dari Handphone

1. Siapkan Video dengan Baik

Agar nanti video kita setelah diupload ke YouTube mendapatkan view yang banyak dan mendapatkan tanggapan yang positif (mendapatkan banyak like), sebaiknya edit terlebih dahulu agar video yang akan diupload benar-benar sempurna. Gunakan salah satu aplikasi editing video untuk Handphone yang terbaik. Misalnya KineMaster Pro atau PowerDirector yang dibuat oleh CyberLink yang sudah terkenal sebagai master dalam bidang aplikasi video.

Video hasil edit wajib diberi nama file yang menarik dan mengandung kata kunci (keyword) namun tetap harus relevan dengan content video tersebut. Misalnya anda memiliki video unik dan langka tentang seorang perempuan cantik namun berstatus sebagai tukang bangunan. Dan cara kerjanya sangat bagus dan cepat. Beri saja nama file video tersebut "Heboh Tukang Bangunan Cantik dengan Skill Dewa", misalnya.

Jika mungkin gunakan dimensi video dengan rasio 16:9 serta resolusi minimal 720p dengan dimensi 1280 x 720 pixel. Simpan video hasil edit pada lokasi folder yang mudah ditemukan. Maksudnya agar pada saat upload video ke YouTube tidak usah mencari-cari lagi tetapi langsung ada dalam folder yang disuport YouTube. Misalnya pada Gallery.



2. Siapkan Handphone dengan Koneksi Internet Hight Speed

Koneksi internet yang ada pada handphone harus berkecepatan tinggi, karena kalau koneksi internetnya lemah (lemot) saat upload video ke YouTube akan terganggu dan membutuhkan waktu yang lama. Minimal gunakan 4G jangan 3G apalagi H atau E.

Pada langkah ini BossTutorial anggap teman-teman sudah memiliki channel YouTube. Bagi yang belum memiliki, silakan buat channel YouTube terlebih dahulu.

Silakan baca:
Cara Membuat Channel YouTube Menggunakan Handphone


  • Silakan buka aplikasi YouTube
Cara Upload Video ke YouTube dari Handphone
Halaman akun YouTube

  • Klik atau tab ikon Camcorder yang ada di atas sebelah kiri, maka akan tampil halaman pilihan upload video seperti di bawah ini
Cara Upload Video ke YouTube dari Handphone
Halaman Upload Video


Di sini teman-teman bisa memilih cara upload video ke YouTube dengan tiga pilihan, yaitu:
  • REKAM. Yaitu merekam video secara langsung melalui kamera yang kemudian nanti diupload
  • LIVE STREAMING. Yaitu siaran langsung di channel YouTube anda
  • PILIH VIDEO. Yaitu mengupload dengan cara memilih video yang sudah ada di folder penyimpanan handphone
Dalam tutorial kali ini kita akan memilih opsi yang ke tiga yaitu memilih video yang sudah ada.
  • Silakan pilih dengan cara di-tab video yang mau diupload, lebih baik jika sudah diedit seperti penjelasan di atas, maka akan muncul layar Tambahkan Detail seperti berikut ini
Cara Upload Video ke YouTube dari Handphone
Pengaturan video sebelum diupload

  • Perhatikan pada foto frofil, nama channel dan email yang tertera di bawah video, itu adalah channel YouTube anda
  • Jika itu bukan milik anda atau anda ingin mengupload video pada akun YouTube yang lainnya, silakan beralih akun dengan cara tab anak panah yang ada di samping nama channel
  • Jika sudah yakin, ketikan judul video yang menarik yang mengandung keyword namun harus tetap relevan dengan content video
  • Lebih baik untuk indexing dan hasil pencarian di Google dan YouTube, jika judul video sama dengan nama file video
  • Pada bagian Deskripsi, silakan tuliskan deskripsi, penjelasan yang menyangkut content video yang mau diupload ke YouTube
Deskripsi video harus mengandung kata kunci (keyword) tapi tidak boleh seluruhnya dengan keyword, sebab kalau pada deskripsi video beisi keyword akan dianggap spam oleh YouTube.

Silakan baca:

  • Pada bagian Privasi anda harus memilih Publik, jika video ingin ditonton banyak orang
  • Pada bagian Lokasi, anda boleh menambahkannya atau pun tidak. hanya lebih baik jika ditambahkan lokasi apalagi jika video anda menampilkan yang berhubungan dengan sebuah tempat.
  • Terakhir klik tombol kirim (gambar ditunjuk angka 5) yang bergambar ikon Airplane yang ada di pojok atas kiri
Cara Upload Video ke YouTube dari Handphone

  • Tunggu beberapa saat hingga proses upload selesai.
Cepat dan lambatnya upload sangat tergantung pada kecepatan internet yang anda gunakan serta besarnya ukuran file video yang diupload ke YouTube. Semakin besar ukuran file video maka akan semakin lama proses upload.




3. Pentingnya Mencantumkan Tag Video


Tag video merupakan kata kunci atau keyword yang sangat penting untuk mempermudah mesin pencari dalam menemukan keberadaan video kita di YouTube. Dengan memasukkan tag yang tepat dalam setiap video yang kita upload ke YouTube, maka ketika ada user melakukan pencarian baik di Google maupun di YouTube dengan menggunakan kata-kata yang mirip atau sama dengan tag video kita, maka video kita akan ditampilkan dalam daftar hasil pencarian tersebut.

Cara Upload Video ke YouTube dari Handphone
Contoh Tag untuk judul Video "Cara Membuat Slide Isi Presentasi PowerPoint"

Jadi jika video kita masuk dalam halaman pertama hasil pencarian, maka kesempatan video kita ditonton orang peluangnya akan semakin besar, yang pada akhirnya akan memperbanyak jumlah tayang video YouTube milik kita.

Di samping itu ketika ada user menonton sebuah video dan video tersebut memiliki tag atau beberapa tag yang sama dengan tag yang ada di video kita, maka video kita akan ditampilkan di side bar kanan halaman tonton YouTube. Dengan demikian betapa pentingnya mencantumkan tag yang tepat yang relevan dengan content video kita.

Namun sayangnya fitur untuk memasukkan Tag dalam YouTube versi mobile tidak ada, jadi solusinya silakan gunakan sementara pada YouTube versi dekstop di komputer.

Baca juga:

Demikian sementara tutorial lengkap Cara Upload Video ke YouTube. Semoga tutorial ini bermanfaat, jika ada saran keritik atau pertanyaan silakan tuliskan dalam komentar.

Terimakasih sudah mampir ke blog TUTORIAL LENGKAP di https://bosstutorial.com



Previous
« Prev Post

Artikel Menarik Lainnya

Cara Upload Video ke YouTube dari Handphone
4/ 5
Oleh

Post a Comment