Membuat Thumbnail Video YouTube yang Benar




Supaya video YouTube kita banyak ditonton orang salah satu faktor pentingnya adalah membuat thumbnail atau gambar sampul video yang baik dan menarik. Baik artinya thumbnail kita tidak melanggar ketentuan komunitas creator YouTube, sedangkan menarik tentu saja mengundang rasa  ingin tahu, ingin melihat, ingin mencoba bagi siapa saja yang melihat gambar thumbnail tersebut.

Membuat Thumbnail Video YouTube yang Benar

Pada saat upload video selesai yaitu sebelum video dipublikasikan sebetulnya kita bisa memilih salah satu thumbnail otomatis yang berasal dari gambar cuplikan video yang kita upload ke YouTube. Namun, gambar thumbnail otomatis yang disediakan YouTube tersebut terkadang malah kurang menarik. Dan selain itu gambar thumbnail otomatis tersebut jelas tanpa tambahan kata-kata dan aksesoris lainnya.

Jadi jika anda ingin gambar thumbnail tersebut berisi gambar dan kata-kata yang sesuai dengan keinginan, maka thumbnail haus dibuat dan didesain sendiri. Bagaimana cara merancang thumbnail video YouTube yang benar, baik dan menarik, BossTutorial akan membahasnya secara lengkap berikut ini.


1. Ketentuan Gambar Thumbnail Video YouTube

Ketentuan yang direkomendasikan YouTube untuk gambar tuhumbnail video yang paling ideal adalah:
  • Ukuran dimensi gambar: 1280 x 720 pixel 
  • Minimal lebar gambar adalah: 640 pixel 
  • Rasio dimensi gambar mengacu pada: 16:9 
  • Besarnya file gambar adalah maksimal: 2MB, semakin kecil ukuran filenya semakin baik
  • Type file yang diperbolehkan: JPEG, PNG, GIF dan BMP
  • Gambar thumbnail harus mengikuti pedoman komunitas YouTube yaitu tidak boleh menampilkan gambar yang tidak pantas dilihat publik.

2. Gunakan Aplikasi Pengolah Gambar yang Baik

Untuk membuat gambar thumbnail, anda bisa menggunakan berbagai aplikasi pengolah gambar baik untuk versi desktop (komputer) maupun aplikasi pengolah gambar versi Mobile (Android). Hanya sangat disarankan menggunakan aplikasi versi desktop.

Membuat Thumbnail Video YouTube yang Benar

Aplikasi pengolah gambar versi desktop seperti Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, Corel Draw, GIMP, Photoscap, Picasa, PhotoShine, FotoSketcher dan lain-lain. Bila anda kurang familiar dengan aplikasi pengolah gambar seperti di atas anda bisa menggunakan Microsoft PowerPoint yang sudah pasti terinstall di komputer anda.

Aplikasi pengolah gambar versi mobile (Android) khusus untuk membuat gambar thumbnail banyak di Play Store, baik yang berbayar maupun yang gratis. Seperti Canava, Thumbnail Maker, Ultimate Thumbnail Maker, PicsArt, PixelLab, dan lain sebagainya





3. Gunakan Gambar yang Paling Menarik

Jika anda mau membuat thumbnail video YouTube dengan gambar, ambillah potongan gambar yang paling menarik dari content video anda atau mencari gambar dari internet yang sesuai dengan content video.

Untuk mengambil gambar dari video gunakan salah satu screen shoot atau screen capture yang ada di komputer atau perangkat anda seperti Snipping Tool, Jing, Lightshoot, dan lain-lain

4. Tambahkan Kata-Kata yang Menarik

Pemberian teks pada gambar thumbnail video YouTube sangat berpengaruh besar terhadap jumlah viewer video kita. Maka dari itu tambahkanlah kata-kata yang memikat penonton, kata-kata yang mengandung sugesti, sehingga mereka jadi penasaran dan ingin menonton video kita.

Kata-kata yang dicantumkan dalam thumbnail video tidak mesti sama dengan judul video yang penting kata-kata tersebut masih relevan atau ada hubungannya dengan content video kita.

Contoh kata-kata yang sering dicantumkan dalam thumbnail seperti berikut ini:
Judul Video: Cara Meningkatkan Jumlah Viewer Video YouTube
Kata-kata dalam thumbnail: "Ternyata ini Penyebab Viewer Tak Pernah Nambah"
atau bisa seperti ini: "Inilah Kunci Rahasia Viewer Membeludak"
atau "Lakukan hal Ini, jika ingin Kebanjiran Viewer"
atau: "Haaah!!! Cuma karena ini Viewer Sepi?"
dan berbagai kalimat pendek lainnya.

5. Tambahkan Gambar Aksesoris Lainnya

Agar thumbnail video YouTube semakin menarik perhatian penonton, berilah tanda gambar tambahan lainnya, seperti lingkaran, tanda panah, tanda seru, tanda tanya dan lain-lain yang disesuaikan dengan content dan kata-kata yang dimasukkan dalam thumbnail.

Demikian sementara tutorial lengkap Bagaimana seharusnya Membuat Thumbnail Video YouTube. Semoga tutorial ini bermanfaat, jika ada saran keritik atau pertanyaan silakan tuliskan dalam komentar.

Terimakasih sudah mampir ke blog TUTORIAL LENGKAP di https://bosstutorial.com



Previous
« Prev Post

Artikel Menarik Lainnya

Membuat Thumbnail Video YouTube yang Benar
4/ 5
Oleh

Post a Comment