Sejarah Awal Mula Komputer





Komputer atau laptop yang anda gunakan sekarang termasuk ke dalam generasi ke empat. Keadaannya seperti yang anda saksikan sendiri komputer atau laptop zaman now sudah menerapkan teknologi yang begitu canggih, bahkan direncanakan untuk keluaran terbaru pada processornya akan ditanamkan kecerdasan buatan yang disebut Artifical Intellegence (AI) yang mampu berfikir seperti manusia.

Sejarah Awal Mula Lahirnya Komputer

Selain kecanggihan teknologi yang dimilikinya, juga komputer atau laptop generasi ke empat sudah memiliki bentuk fisik yang semakin kecil dan simple.

Andaikan anda bisa melihat bagaimana komputer pada generasi pertama atau bahkan sebelumnya, mungkin anda tidak akan percaya kalau yang anda saksikan tersebut adalah sebuah komputer. Dengan bentuk fisik raksasa yang satu unit komputer saja memenuhi satu ruangan yang besar, kemampuan pengolahan data terbatas dan sangat lambat serta dengan konsumsi daya listrik yang sangat besar, saking besarnya daya listrik yang dibutuhkan pada saat pertama kali komputer tersebut dinyalakan, listrik di kota Philadelphia mati. Itulah ciri-ciri komputer yang generasi pertama.

Untuk gambaran lebih lengkapnya BossTutorial sajikan rincian lengkap sejarah komputer dari generasi pertama hingga generasi ke lima yang akan datang.

Perkembangan Komputer sebelum Tahun 1940

Dahulu, manusia menggunakan jari untuk mengenali dan menyebut nomor satu hingga sepuluh. Setelah itu, manusia mengenal nomor-nomor yang lebih besar, tetapi masih menggunakan digit-digit asas dari 0 hingga 9. Sistem bilangan ini disebut bilangan perpuluhan atau desimal. 

Jari-jari digunakan untuk menambah dan mengurangi bilangan. Penjumlahan dan pengurangan bilangan membantu dalam perniagaan barter. Apabila perniagaan semakin berkembang, jari-jari tidak dapat menampung keperluan pengiraan yang bertambah rumit. 

Perkembangan selanjutnya adalah alat yang digunakan oleh ahli-ahli perniagaan dari negeri Cina, Turki, dan Yunani. Mereka menggunakan abakus (sempoa) untuk melakukan operasi matematika (penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian).

Sejarah Awal Mula Lahirnya Komputer
Alat hitung manual Abacus atau Sempoa

Blaise Pascal mencipta mesin hitung mekanika pertama pada tahun 1642. Mesin ini beroperasi dengan cara menggerakkan gir-gir pada roda. Pascal juga telah banyak menyumbang ide dalam bidang matematika dan ilmu peluang. Mesin hitung Pascal kemudian disempurnakan oleh William
Leibnitz.

Sejarah Awal Mula Lahirnya Komputer
Mesin hitung otomatis Blaise Pascal


Pada tahun 1816, Charles Babbage membuat alat yang disebut ‘the difference engine’. Mesin ini dapat menyelesaikan masalah persamaan matematika seperti logaritma secara mekanik dengan tepat hingga ketepatan dua puluh digit. Mesin ini menggunakan sebuah kartu untuk menyimpan hasil kerja, melakukan perhitungan secara otomatis, dan menghasilkan keluaran dalam bentuk cetakan di kertas. 

Sejarah Awal Mula Lahirnya Komputer
Mesin Babbage dianggap sebagai cikal bakal lahirnya komputer

Konsep mesin Babbage mengejutkan ilmuwan pada masa itu kerena dianggap terlalu maju. Babbage kemudian membuat alat yang disebut ‘the analytical engine’. Kedua alat yang dibuat Babbage inilah yang menjadi cikal bakal komputer modern pada saat ini. 

Semua komputer pada saat ini menggunakan model mesin seperti yang diidekan oleh Babbage, yaitu
masukan, memori (penyimpanan), pengolahan, dan keluaran.





Perkembangan Komputer setelah Tahun 1940

Komputer yang kita gunakan pada saat ini telah mengalami perkembangan lebih dari 70 tahun yang lalu. Sejarah perkembangan komputer modern bermula sejak tahun 1940. Pembagian komputer modern terdiri atas 5 generasi. Seperti berikut ini: 

1. Generasi Pertama (1940–1959)

Komputer generasi pertama masih sangat sederhana dan belum kompleks penggunaannya. Komputer generasi pertama belum dapat memproses masalah-masalah yang rumit. Ukuran komputer generasi pertama sangat besar dan prosesnya pun masih lambat.

Komputer generasi pertama menggunakan tabung vakum (vacuum tube) untuk memproses dan menyimpan data. Tabung vakum berukuran seperti lampu bohlam yang mirip botol air mineral. Tabung vakum cepat panas dan mudah terbakar. Ribuan tabung vakum diperlukan untuk mengoperasikan komputer generasi pertama. 

Sejarah Awal Mula Lahirnya Komputer
Komponen utama Komputer Generasi I

Komputer generasi pertama murni peralatan elektronik yang berfungsi untuk membantu ilmuwan menyelesaikan masalah perhitungan matematika secara cepat dan tepat. Ukurannya yang besar mirip komputer induk atau komputer utama (main frame).

Sejarah Awal Mula Lahirnya Komputer
ENIAC merupakan contoh komputer generasi pertama

Contoh komputer generasi pertama adalah ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Calculator) yang dibuat oleh Dr John Mauchly dan Presper Eckert pada tahun 1946.





2. Generasi Kedua (1959–1964)

Komputer generasi kedua menggunakan transistor dan dioda untuk menggantikan tabung vakum walaupun keduanya juga mudah terbakar. Pada komputer generasi kedua, diperkenalkan cara baru untuk menyimpan data, yaitu dengan penyimpanan secara magnetik.

Sejarah Awal Mula Lahirnya Komputer
Transistor merupakan komponen utama komputer generasi ke dua

Penyimpanan secara magnetic menggunakan besi-besi lunak yang dililit oleh kawat. Kecepatan proses komputer generasi kedua lebih cepat dibanding generasi pertama. 

Awalnya, komputer generasi kedua menggunakan bahasa program tingkat tinggi, seperti Foltran (1954) dan COBOL (1959). Kedua bahasa program itu menggantikan bahasa mesin. Pada generasi ini, ukuran komputer lebih kecil (komputer mini). Komputer generasi ini digunakan untuk proses data
di bidang perniagaan, universitas, dan militer.
Contoh Komputer Generasi Kedua
Contoh komputer generasi ke dua


3. Generasi Ketiga (1964–1980)

Komputer generasi ketiga dibuat dengan menggabungkan beberapa komponen di dalam satu tempat. Tampilan fisik dari komputernya juga disempurnakan. Selain itu, komputer generasi ketiga penyimpanan memorinya lebih besar dan diletakkan di luar (eksternal). 

Contoh Komputer Generasi Kedua
Integrated Circuit (IC) merupakan komponen utama komputer generasi ke tiga

Penggunaan listriknya lebih hemat dibanding komputer generasi sebelumnya. Ukuran fisiknya menjadi lebih kecil (komputer mini) sehingga lebih menghemat ruang. Komputer generasi ketiga juga mulai menggunakan komponen IC (Integrated Circuit) atau disebut chip. Dapat digunakan untuk multiprogram. 

Contoh Komputer Generasi Ketiga
Apple II, merupakan contoh komputer generasi ke tiga

Contoh komputer generasi ketiga adalah Apple II, IBM PC, dan NEC PC.





4. Generasi Keempat (1980–sekarang)

Komputer generasi keempat masih menggunakan IC/chip untuk pengolahan dan penyimpanan data. Komputer generasi ini lebih maju karena di dalamnya terdapat beratus-ratus ribu bahkan jutaan komponen transistor.


Proses pembuatan IC komputer generasi ini dinamakan pengintegrasian dalam skala yang sangat besar atau Very Large Scale Integration (VLSI). Pengolahan data dapat dilakukan dengan lebih cepat atau dalam waktu yang singkat. 

Media penyimpanan komputer generasi ini lebih besar dibanding generasi sebelumnya. Komputer generasi ini sering disebut komputer mikro. Contohnya adalah PC (Personal Computer). 

Teknologi IC komputer generasi ini yang membedakan antara komputer mikro dan komputer mini serta main frame. 
Komponen Utama Komputer Generasi Keempat
Chip (VLSI) merupakan komponen utama komputer generasi ke empat

Beberapa teknologi IC pada generasi ini adalah Prosesor 6086, 80286, 80386, 80486, Pentium I, Celeron, Pentium II, Pentium III, Pentium IV, Dual Core, dan Core to Duo. Generasi ini juga mewujudkan satu kelas komputer yang disebut komputer super (super computer). Bahasa pemrograman BASIC dan Pascal mulai digunakan pada komputer generasi keempat. 

Contoh Komputer Generasi keempat
Contoh komputer generasi ke empat

Bahasa-bahasa program tersebut merupakan bahasa yang paling populer untuk komputer mikro. Perkembangan selanjutnya adalah Laptop, Notebook, Handheld, PDA dan Palmtop mulai diperkenalkan. Komputer-komputer tersebut lebih kecil dari komputer mikro serta mudah dibawa ke mana-mana.

Komputer mikro juga dapat dihubungkan oleh jaringan internet.

5. Generasi Kelima

Komputer generasi kelima memang belum terwujud, namun cikal-bakal memasuki Komputer Generasi ke Lima sudah mulai terlihat. Seperti adanya teknologi kecerdasan buatan artificial intelligence (AI), layar hologram, virtual reality, dan lain-lainnya. 

Komputer generasi ke lima ini merupakan komputer impian masa depan. Pembuatan bentuk komputer generasi kelima tentunya akan jauh lebih kompleks, karena diharapkan komputer generasi kelima ini bisa memiliki unit pengolahan yang bekerja secara serentak untuk menyelesaikan lebih dari satu masalah dalam waktu yang bersamaan.

Contoh Komputer Generasi Kelima
Komputer masa depan (generasi Ke lima)


Komputer generasi ini juga mempunyai memori yang besar. Komputer impian ini diperkirakan akan mempunyai kepandaian tersendiri atau dapat membuat keputusan sendiri. Sifat luar biasa komputer ini disebut sebagai kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI).

Itulah sejarah perkembangan komputer mulai dari generasi ke satu sampai generasi ke empat dan generasi yang akan datang.

terimakasih sudah mampir ke BossTutorial, Semoga bermanfaat.