Tab ribbon merupakan sederetan menu dan ikon yang digunakan untuk mengelola data dokumen. Di dalam Word 2016, terdapat sembilan menu sedangkan di Word 365 dan 2019 ada sepuluh menu, dimulai dari menu File, Home, Insert, hingga menu Help, semuanya akan kita bahas satu per satu pada pembahasan berikutnya.

Mengenal Fungsi Menu dan Tools Word

1. Menu File

Yang pertama adalah menu File, untuk mengetahui lebih jelas apa-apa saja yang terdapat dalam menu File, silakan klik tombol File yang terletak sudut paling kiri atas sehingga akan tampil jendela seperti berikut.

Fungsi Menu dan Tools Microsoft Word 2016, 365 dan 2019
Gambar 2: Menu file

Info
Tombol ini merupakan tombol yang berguna menampilkan jendela informasi dokumen. Selain itu, di sana juga terdapat beberapa tombol yang berguna untuk mengunci, memeriksa, memanajemen dokumen, dan lain sebagainya.

New
Tombol ini berguna untuk menampilkan dokumen baru yang akan dibuat, baik itu dokumen kosong maupun dokumen berbasis template.


Open
Tombol ini berguna untuk menampilkan jendela pembukaan dokumen, di dalam jendela tersebut, kita bisa membuka dokumen melalui akun OneDrive, Media peyimpanan, dan lain-lain.


Save
Tombol ini berguna untuk menyimpan dokumen yang telah selesai dibuat.


Save As
Tombol ini berguna untuk menampilkan jendela penyimpanan, di sini kita bisa memilih letak penyimpanan, baik di akun OneDrive atau media penyimpanan komputer. Di samping itu, kita juga bisa menyimpan dokumen dalam format lain, seperti Web Page, Word 97-2003, dan lain sebagainya.


History
Sesuai namanya tombol ini berguna untuk melihat riwayat, apa saja yang telah dilakukan di dalam dokumen yang bersangkutan.


Print
Tombol ini berguna untuk menampilkan jendela pencetakan dokumen, di sana kita bisa mengatur percetakan dokumen sebelum dicetak, agar mendapatkan hasil yang diinginkan.


Share
Tombol ini berguna untuk menampilkan jendela berbagi dokumen, di dalam jendela tersebut, kita bsia berbagi dokumen melalui akun OneDrive, email, presentasi online, posting di blog, dan lain sebagainya.


Export
Tombol ini berguna untuk menampilkan jendela ekspor dokumen, di sini kita bisa meng-ekspor dokumen ke dalam PDF/XPS Document, atau ke dalam format lain, seperti Plain Text.


Transform (365, 2019)
Tombol ini berguna untuk menampilkan dokumen pada Microsoft Sway web page yang bisa di-share dengan mudah. Di Word 2016 menu ini belum ada.


Close
Tombol ini berguna untuk menutup dokumen.


Account
Tombol ini berguna untuk menampilkan jendela akun kita sendiri. Selain itu, di sana juga terdapat beberapa tombol yang berguna untuk mengupdate Word 2016 ke versi terbaru.


Feedback
Tombol ini berguna untuk menampilkan jendela umpan balik, di sana kita bisa memberikan umpan balik terhadap produk Word 2016, agar Word 2016 lebih maju dan banyak digunakan.


Options
Tombol ini berguna untuk menampilkan jendela pengaturan lebih lanjut di Word, baik itu pengaturan secara umum maupun secara detail.


Setelah kita selesai mengupas menu File beserta fungsinya, selanjutnya kita akan melihat menu Home, tool apa saja yang terdapat di dalam menu Home? Nah, simak terus tutorial selanjutnya ya teman-teman.


2. Menu Home

Penasaran tentang menu Home? Menu yang satu ini merupakan menu yang paling umum dan sering digunakan dalam pengelolaan dokumen. Untuk melihat menu tersbeut, silakan klik menu Home yang terletak di sebelah menu File, sehingga akan terlihat tampilan seperti berikut.

Fungsi Menu dan Tools Microsoft Word 2016, 365 dan 2019
Gambar 3: Menu home

a. Grup Clipboard

Di dalam menu ini, terdapat beberapa tool yang dikelompokkan dalam beberapa kategori, mari kita mulai dari kategori Clipboard seperti berikut.

Gambar 4:  Clipboard

1) Paste
Tombol ini berguna untuk menempelkan dokumen yang telah dipindahkan (Cut) atau telah disalin (Copy) ke dalam tempat yang diinginkan.

2) Cut
Tombol ini berfungsi untuk memindahkan dokumen ke tempat yang diinginkan.

3) Copy
Tombol ini berguna untuk menyalin dokumen ke dalam tempat yang diinginkan.

4) Format Painter
Tombol ini berguna untuk merubah format, misalnya kita mempunyai format A dan B, ketika kita mengklik format A dengan tombol tersebut, kemudian kita mengklik lagi format B, maka format B akan berubah menjadi format A.

b. Grup Font

Setelah selesai membahas tool yang terdapat di dalam kategori Clipboard beserta fungsinya, selanjutnya kita akan pindah ke kategori font seperti berikut.

Fungsi Menu dan Tools Microsoft Word 2016, 365 dan 2019
Gambar 5: Font


(1) Font 
Tombol ini berguna untuk memilih jenis font teks yang dinginkan, misalnya Calibri, Arial, Time New Roman, dan lain-lain.

(2) Font Size
Tombol ini berfungsi untuk merubah ukuran font teks yang diingikan, misalnya 12.

(3) Increase Font Size
Tombol ini berguna untuk memperbesar ukuran font size, dengan menambah satu ukuran font size, misalnya dari 12 ke 13.

(4) Decrease Font Size
Tombol ini berfungsi untuk mengurangi ukuran font size, dengan mengurangi satu ukuran font size, misalnya dari 12 ke 11

(5) Change Case
Tombol ini berguna untuk merubah keadaan teks, kita bisa merubah teks seperti semua teks huruf besar di depannya, semua teks huruf kecil, semua teks huruf kecil, dan lain sebagainya.

(6) Clear All Formatting
Tombol ini berfungsi untuk menghapus semua format yang melekat pada sebuah teks. Seperti font size, color, dan lain-lain.

(7) Bold
Tombol yang berguna untuk membuat teks menjadi tebal.

(8) Italic
Tombol yang berfungsi untuk membuat teks menjadi miring.

(9) Underline
Tombol yang berguna untuk membuat teks menjadi garis bawah.

(10) Strikethrough
Tombol ini berfungsi untuk membuat teks menjadi bergaris di tengah seperti dicoret (coret).

(11) Subscript
Tombol ini berguna untuk membuat tulisan kecil (subscript) di bawah teks.

(12) Superscript
Tombol ini berguna untuk membuat tulisan kecil (superscript) di atas teks.

(13) Text Effects
Tombol ini berguna untuk membuat efek dari sebuah teks.

(14) Text Highlight Color
Tombol ini berfungsi untuk memberi warna pada teks yang disorot (penting).

(15) Font Color
Tombol ini berfungsi untuk memberi warna pada teks.

c. Grup Paragraph

Kemudian kita akan melihat apa saja tool-tool yang terdapat di dalam kategori paragraph seperti berikut.

Fungsi Menu dan Tools Microsoft Word 2016, 365 dan 2019
Gambar 6: Paragraph


(1) Bullets
Tombol ini berguna untuk memberikan tanda bullet (pelor) pada sebuah teks.

(2) Numbering
Tombol ini berguna untuk memberikan penomoran, seperti 1, 2, 3, A, B, C, dan lainlain pada sebuah teks.

(3) Multilevel List
Tombol ini berfungsi untuk mengatur level format penomoran pada teks.

(4) Decrease Indent
Tombol ini berguna untuk mengurangi lekukan (indent) pada sebuah teks. Atau dengan kata lain untuk mengeser paragraf ke arah kiri

(5) Increase Indent
Tombol ini berguna untuk menambah lekukan (indent) pada sebuah teks. Atau dengan kata lain untuk mengeser paragraf ke arah kanan.

(6) Sort
Tombol ini berguna untuk mengurutkan teks dari huruf A ke Z, dari huruf Z ke A, begitu juga dengan nomor, dari nomor 1 ke 9, dari nomor 9 ke 1.

(7) Show/Hide Paragraph
Tombol ini berguna untuk menampilkan atau menyembunyikan paragraf dari sebuah teks.

(8) Aligh Left
Tombol ini berguna untuk membuat teks menjadi teks rata kiri.

(9) Center
Tombol ini berguna untuk membuat teks menjadi teks rata tengah.

(10) Align Right
Tombol ini berguna untuk membuat teks menjadi teks rata kanan.

(11) Justify
Tombol ini berguna untuk membuat teks menjadi teks rata kiri dan kanan.

(12) Line & Spacing
Tombol yang berguna untuk menampilkan jendela ukuran spasi yang ingin digunakan.

(13) Shading
Tombol ini berguna untuk menampilkan jenis warna yang akan diberikan pada background teks.

(14) Borders
Tombol ini berguna untuk menampilkan format border pada teks, seperti Top Border, Left Border, Right Border, dan lain-lain.

d. Grup Styles

Setelah membahas tool-tool yang terdapat di dalam kategori paragraph, selanjutnya kita akan pindah ke kategori style seperti berikut.

Fungsi Menu dan Tools Microsoft Word 2016, 365 dan 2019
Gambar 7: Style

Style 
Tombol ini berguna untuk menampilkan lebih banyak style pada teks. Selain itu, kita juga bisa menentukan style yang digunakan oleh teks.

e. Grup Editing

Nah, kita telah mengenal apa saja tool yang terdapat di dalamnya, selanjutnya kita akan melihat tool-tool yang terdapat di dalam kategori editing seperti berikut.

                          
                                                Gambar 8: Editing


(1) Find
Tombol ini yang berguna untuk mencari dan menemukan sbeuah teks yang diinginkan.

(2) Replace
Tombol ini berguna untuk mengganti atau memperbarui sebuah teks yang diinginkan.

(3) Select
Tombol ini berguna untuk menyeleksi seluruh teks atau objek.


f. Grup Voice (365,2019)

Grup Voice hanya terdapat pada Word 365 dan 2019



Dictate
Tombol ini berguna untuk mengetik naskah melalui ucapan suara. Jadi untuk mengtik naskah kita tidak melalui keyboard namun cukup dengan mengucapkan kata atau kalimat yang mau dibuat di Word.

Sampai di sini kita telah selesai membahas tool-tool yang terdapat di dalam menu Home sesuai dengan kategori yang ada di dalamnya. Selanjutnya kita akan menelusuri tool-tool yang terdapat di dalam menu Insert pada pembahasan berikutnya.


3. Menu Insert

Menu ini merupakan salah satu menu yang umum digunakan dalam memasukkan data seperti tabel, gambar grafik, dan lain-lain. Untuk melihat menu tersebut. silakan klik menu Insert yang berada tepat di sebelah menu Home, sehingga akan terlihat sebuah jendela menu seperti berikut.

Fungsi Menu dan Tools Microsoft Word 2016, 365 dan 2019
Gambar 10: Menu insert

Grup Pages

Nah, itulah tampilan menu Insert, selanjutnya kita akan membahas tool-tool yang terdapat di dalamnya, kita mulai dari kategori Pages seperti berikut.

Gambar 11: Pages


Cover Page
Tombol ini berguna untuk menampilkan jenis-jenis cover dokumen, bermacam-macam, ada yang Austing, Banded, Facet, Grid, dan lain sebagainya.

Blank Page
Tombol ini berfungsi untuk menambahkan dokumen kosong ke bawah.

Page Break
Tombol ini berguna untuk memutuskan sebuah halaman dokumen, sehingga akan beralih ke halaman berikutnya.


Grup Tables

Setelah selesai membahas tool-tool yang terdapat di dalam kategori pages, selanjutnya kita akan membahas tool-tool yang terdapat di dalam kategori Tables seperti berikut.

Gambar 12: Tables

Table
Tombol ini berfungsi untuk menampilkan jendela penambahan dan penggambaran tabel di dalam sebuah dokumen.


Grup Ilustrations

Selanjutnya kita akan melihat tool-tool yang terdapat di dalam kategori illustrations seperti berikut.

Gambar 13: Illustrations


Pictures
Tombol ini berguna untuk menambahkan gambar ke dalam dokumen yang terletak di dalam media penyimpanan komputer.

Online Pictures
Tombol ini berfungsi untuk menambahkan gambar ke dalam dokumen secara online.

Shapes
Tombol ini berguna untuk menambahkan bentuk ke dalam dokumen, berupa persegi panjang, bujur, bulat, dan lain sebagainya.

Icons (365 dsn 2019)
Tombol ini berfungsi untuk menambahkan berbagai macam bentuk icon yang sangat berguna untuk memperjelas dan memperindah tampilan dokumen

3D Models (365 dsn 2019)
Tombol ini berfungsi untuk menambahkan berbagai macam bentuk model gambar tiga dimensi

SmartArt
Tombol ini berguna untuk menampilkan jendela SmartArt, di dalam jendela tersebut terdapat bermacam-macam smartart, seperti List, Process, Matrix, dan lain sebagainya.

Chart
Tombol ini berfungsi untuk menampilkan jendela grafik, di dalam jendela tersebut terdapat banyak sekali macam-macam grafik, seperti Line, Column, Pie, Bar, dan lain-lain.

Screenshot
Tombol ini berguna untuk memasukkan hasil screenshoot layar aplikasi yang sedang berjalan.

Grup Add-ins

Setelah melihat tool-tool yang terdapat di dalam kategori illustrations, selanjutnya kita akan pindah pada kategori Add-ins seperti berikut.

Gambar 14: Add-ins


Store (2016)
Tombol ini berguna untuk menampilkan sebuah jendela toko untuk menambahkan Add-in ke dalam Word 2016, tetapi tombol ini membutuhkan koneksi jaringan internet.

Get Add-ins (365 dsn 2019)
Tombol ini fungsinya sama dengan tombol Store pada Word 2016

My Add-ins
Tombol ini berguna untuk menampilkan Add-in yang telah berhasil kita tambahkan ke dalam Word 2016.

Wikipedia
Tombol ini berguna untuk menampilkan jendela Wikipedia di dalam Word 2016. Tombol ini juga membutuhkan koneksi jaringan internet.

Grup Media

Selanjutnya kita akan melihat tool-tool yang terdapat di dalam kategori media seperti berikut.

        Gambar 15: Media

Online Video
Tombol ini berguna untuk menambahkan atau memasukkan sebuah video ke dalam dokumen, sesuai namanya, kita harus terkoneksi ke dalam jaringan internet dulu sebelum menggunakannya.


Grup Links

Setelah itu, kita akan pindah ke dalam kategori link, di dalam kategori tersebut terdapat beberapa tool seperti berikut.
Gambar 16: Links


Link
Tombol ini berfungsi untuk menambahkan link dari sebuah teks, sehingga teks tersebut akan berubah warna dan berfungsi sebagai hyperlink yang dituju.

Bookmark
Tombol ini berguna untuk memberikan tanda baca pada halaman dokumen Word 2016, sehingga kita bisa dengan mudah dan cepat mencari kata yang telah dibookmark ke dalam lokasi kata kunci tersebut berada.

Cross-reference
Tombol ini berfungsi untuk membuat referensi atau rujukan antar file.


Grup Comments

Nah, setelah mengetahui tool-tool yang terdapat di dalam kategori links, selanjutnya kita pindah ke dalam kategori comments, di sana hanya terdapat satu tombol saja seperti berikut.

            Gambar 17: Comments

Comment
Tombol ini berguna untuk menambahkan komentar ke dalam sebuah dokumen.


Grup Header & Footer

Berikutnya kita akan pindah ke dalam kategori header & footer, di sana terdapat beberapa tombol seperti berikut.

                Gambar 18: Header & footer


Header
Tombol ini berfungsi untuk menampilkan jendela header, di sana terdapat beberapa macam header, seperti Blank, Austing, Banded, dan lain sebagainya.

Footer
Tombol ini berguna untuk menampilkan jendela footer, di sana terdapat beberapa macam footer seperti Blank, Austin, Banded, dan lain sebagainya.

Page Number
Tombol ini berfungsi untuk menampilkan jendela nomor halaman, di dalam jendela tersebut terdapat bermacam-macam format halaman, seperti Top of page, Bottom of Page, dan lain-lain.


Grup Text

Nah, kita telah selesai membahas tool-tool yang terdapat di dalam kategori header & footer, selanjutnya kita pindah ke dalam kategori text seperti berikut.

                        Gambar 19: Text

Text Box
Tombol ini berguna untuk menampilkan jendela kotak tulisan, di dalam jendela ini terdapat beberapa jenis kotak tulisan, seperti Simple Text Box, Austin Quote, dan lain-lain.

Quick Parts
Tombol ini berguna untuk mengatur teks otomatis di dalam halaman dokumen Word 2016.

WordArt
Tombol ini berfungsi untuk memasukkan teks artistik (seni), menyisipkan tulisan artistik 3D berserta efek-efeknya ke dalam halaman dokumen Word 2016.

Drop Cap
Tombol ini berguna untuk menampilkan pilihan model teks drop cap, di dalam terdapat dua buah macam drop cap, yaitu Dropped dan In Margin.

Signature Line
Tombol ini berfungsi untuk menampilkan jendela memasukkan garis tanda tangan ke dalam halaman dokumen Word 2016.

Data & Time
Tombol ini berguna untuk memasukkan tanggal dan waktu ke dalam halaman dokumen Word 2016.

Object
Tombol ini berfungsi untuk memasukkan objek ke dalam halaman dokumen Word 2016, seperti Adobe Acrobat, Adobe Potoshop, Bitmap Image, dan lain-lain.


Grup Symbols

Berikutnya kita akan melihat tool-tool yang terdapat di dalam kategori symbols, di dalam kategori tersebut, terdapat beberapa tombol seperti berikut.

                        Gambar 20: Symbols

Equation
Tombol ini berguna untuk menampilkan jendela rumus persamaan, di dalam jendela tersebut terdapat bermacam format rumus persamaan, seperti Area of Circle, Binomial Theorem, dan lain sebagainya.

Symbol
Tombol ini berfungsi untuk menampilkan jendela simbol-simbol yang ingin dimasukkan ke dalam sebuah dokumen.

Sampai di sini kita telah selesai membahas menu Insert, selanjutnya kita akan melihat apa-apa saja tool-tool yang terdapat di dalam menu Design pada pembahasan berikutnya.


4. Menu Design

Menu ini merupakan salah satu menu yang digunakan untuk mendesain halaman dokumen seperti format tulisan, warna halaman, dan lain-lain. Untuk melihat menu tersebut. silakan klik menu Design yang berada tepat di sebelah menu Insert, sehingga akan terlihat sebuah jendela menu seperti berikut.

Gambar 21: Menu design

Grup Document Formating

Di dalam menu tersebut terdapat beberapa kategori tools yang mempunyai tugas masing-masing, apa saja itu?, mari kita mulai pada kategori document formatting seperti berikut.

Gambar 22: Document formatting

Themes
Tombol ini berguna untuk menampilkan beberapa pilihan tema yang dapat digunakan di dalam dokumen, di dalamnya terdapat tema Office, Facet, Gallery, dan lain-lain.

Style Set
Tombol ini berfungsi untuk menampilkan beberapa pilihan style yang dapat digunakan di dalam dokumen, seperti style simple, basic, stylish, dan lain-lain.

Colors
Tombol ini berguna untuk menampilkan beberapa pilihan paket warna tema yang dapat digunakan di dalam dokumen.

Fonts
Tombol ini berfungsi untuk menampilkan beberapa pilihan paket font yang dapat digunakan di dalam dokumen.

Paragraph Spacing
Tombol ini berguna untuk menampilkan beberapa macam spasi paragraf, seperti Compact, Tight, Open, dan lain-lain.

Effects
Tombol ini berfungsi untuk menampilkan beberapa efek dari objek yang berada di dalam halaman dokumen, seperti Office, Refelction, Glossy, dan lain-lain.

Set as Default
Tombol ini berguna untuk mengembalikan keadaan ke semula (default), sehingga halaman akan terlihat menjadi baru kembali.


Grup Page Background

Setelah selesai membahas tool-tool yang terdapat di dalam kategori document formatting, selanjutnya kita akan pindah ke kategori page background seperti berikut.

Gambar 23: Page background

Watermark
Tombol ini berguna untuk menampilkan jendela jenis-jenis watermark, di dalamnya terdapat watermark confidential, do not copy, dan lain sebagainya.

Page Color
Tombol ini berfungsi untuk menampilkan jendela warna halaman dokumen yang akan digunakan di dalam Word 2016.

Page Borders
Tombol ini berfungsi untuk menampilkan jendela border halaman dokumen Word 2016.

Nah, sampai di sini kita telah selesai membahas tool-tool yang terdapat di dalam menu Design, selanjutnya kita akan membahas tool-tool yang terdapat di menu Layout pada pembahasan berikutnya.


5. Menu Layout

Menu ini terkenal dengan rancangan halaman dokumen, seperti pengaturan margins, orientasi, size, column, dan masih banyak lagi. Untuk melihat apa saja tool-tool yang terdapat di dalam menu Layout, silakan klik menu tersebut yang berada tepat di sebelah menu Design, maka akan terlihat jendela menu seperti berikut.

Gambar 24: Menu layout


Grup Page Setup

Nah, sudah terlihat jendela menu Layout, di sana terdapat beberapa tools yang dikelompokkan berdasarkan kategori, kita akan mulai dari kategori page setup seperti berikut.

Gambar 25: Page setup

Margins
Tombol ini berguna untuk mengatur garis tepi atau pinggiran halaman, di sana terdapat beberapa ukuran seperti Normal, Wide, Narrow, dan lain-lain.

Orientation
Tombol ini berfungsi untuk mengubah orientasi halaman, seperti portrait ke landscape, begitu juga sebaliknya.

Size
Tombol ini berguna untuk mengatur ukuran kertas, seperti Letter, Tabloid, A3, A4, B5, Envelope#10, dan lain-lain.

Columns
Tombol ini berfungsi untuk membuat teks menjadi beberapa kolom, dua bahkan sampai tiga kolom di dalam halaman dokumen.

Breaks
Tombol ini berguna untuk menampilkan dan mengatur halaman break, di sana terdapat berbagai macam bentuk halaman break, seperti Page, Column, Text Wrapping, dan lain sebagainya.

Line Numbers
Tombol ini berfungsi untuk menampilkan pilihan pembuatan nomor baris pada halaman dokumen Word 2016.

Hyphenation
Tombol ini berguna untuk menampilkan pilihan pembuatan pemecahan kata ketika kata tersebut tidak cukup ditulis dalam baris yang sama.


Grup Paragraph

Nah, setelah selesai membahas kategori page setup, selanjutnya kita akan pindah ke kategori paragraph, di sana terdapat beberapa tool seperti berikut.

Gambar 26: Paragraph

Left
Tombol ini berguna untuk menambah dan mengurangi lekukan (indent) ke kiri halaman dokumen.

Right
Tombol ini berfungsi untuk menambah dan mengurangi lekukan (indent) ke kanan halaman dokumen.

Before
Tombol ini berguna untuk menambah dan mengurangi ukuran sebelum spasi teks.

After
Tombol ini berfungsi untuk menambah dan mengurangi ukuran sesudah spasi teks.


Grup Arrange

Selanjutnya kita akan melihat tool-tool yang terdapat di dalam kategori arrange seperti berikut.

Gambar 27: Arrange


Pasition
Tombol ini berguna untuk mengatur posisi gambar di dalam halaman dokumen, kita bisa mengaturnya dengan meletakkan gambar di kiri, kanan, atas, atau di bawah halaman.

Wrap Text
Tombol ini berfungsi untuk menampilkan jendela wrap text di dalam dokumen, dengan wrap text, kita bisa mengatur letak gambar, di samping, tengah, bawah, bahkan di balik teks.

Bring Forward
Tombol ini berguna untuk memposisikan suatu objek dengan objek lainnya, secara default, objek yang datang lebih akhir akan berdiri di depan objek sebelumnya, sehingga dengan tombol ini kita bisa mengatur ulang posisi objek tersebut.

Send Backward
Tombol ini berfungsi untuk mengirimkan objek terpilih ke belakang objek lainnya.

Selection Pane
Tombol ini berguna untuk menyeleksi objek yang berjenjang di dalam dokumen.

Align
Tombol ini berfungsi untuk mengatur posisi objek lepas, sehingga kita bisa memposisikan objek di bagian kiri, tengah, maupun kanan.

Group
Tombol ini berguna untuk mengelompokkan beberapa objek menjadi satu kelompok.

Rotate
Tombol ini berfungsi untuk memutar dan membalikkan suatu objek yang terpilih.

Nah, sampai di sini kita telah selesai membahas tool-tool yang terdapat di dalam menu Layout, selanjutnya kita akan mengupas tool-tool yang berada di menu References, menu Mailing, menu Review, menu View dan Help atau Tel me pada pembahasan berikutnya.

Demikian tutorial tenteng Fungsi Menu-Menu pada Microsoft Word 2016, 365 dan 2019. Semoga bermanfaat.

Terimakasih sudah mampir ke Blog Pakar Tutorial di www.bosstutorial.com

Tab ribbon merupakan sederetan menu dan ikon yang digunakan untuk mengelola data dokumen. Di dalam Word 2016, terdapat sembilan menu sedangkan di Word 365 dan 2019 ada sepuluh menu, dimulai dari menu File, Home, Insert, hingga menu Help, semuanya akan kita bahas satu per satu pada pembahasan berikutnya.

Mengenal Fungsi Menu dan Tools Word

1. Menu File

Yang pertama adalah menu File, untuk mengetahui lebih jelas apa-apa saja yang terdapat dalam menu File, silakan klik tombol File yang terletak sudut paling kiri atas sehingga akan tampil jendela seperti berikut.

Fungsi Menu dan Tools Microsoft Word 2016, 365 dan 2019
Gambar 2: Menu file

Info
Tombol ini merupakan tombol yang berguna menampilkan jendela informasi dokumen. Selain itu, di sana juga terdapat beberapa tombol yang berguna untuk mengunci, memeriksa, memanajemen dokumen, dan lain sebagainya.

New
Tombol ini berguna untuk menampilkan dokumen baru yang akan dibuat, baik itu dokumen kosong maupun dokumen berbasis template.


Open
Tombol ini berguna untuk menampilkan jendela pembukaan dokumen, di dalam jendela tersebut, kita bisa membuka dokumen melalui akun OneDrive, Media peyimpanan, dan lain-lain.


Save
Tombol ini berguna untuk menyimpan dokumen yang telah selesai dibuat.


Save As
Tombol ini berguna untuk menampilkan jendela penyimpanan, di sini kita bisa memilih letak penyimpanan, baik di akun OneDrive atau media penyimpanan komputer. Di samping itu, kita juga bisa menyimpan dokumen dalam format lain, seperti Web Page, Word 97-2003, dan lain sebagainya.


History
Sesuai namanya tombol ini berguna untuk melihat riwayat, apa saja yang telah dilakukan di dalam dokumen yang bersangkutan.


Print
Tombol ini berguna untuk menampilkan jendela pencetakan dokumen, di sana kita bisa mengatur percetakan dokumen sebelum dicetak, agar mendapatkan hasil yang diinginkan.


Share
Tombol ini berguna untuk menampilkan jendela berbagi dokumen, di dalam jendela tersebut, kita bsia berbagi dokumen melalui akun OneDrive, email, presentasi online, posting di blog, dan lain sebagainya.


Export
Tombol ini berguna untuk menampilkan jendela ekspor dokumen, di sini kita bisa meng-ekspor dokumen ke dalam PDF/XPS Document, atau ke dalam format lain, seperti Plain Text.


Transform (365, 2019)
Tombol ini berguna untuk menampilkan dokumen pada Microsoft Sway web page yang bisa di-share dengan mudah. Di Word 2016 menu ini belum ada.


Close
Tombol ini berguna untuk menutup dokumen.


Account
Tombol ini berguna untuk menampilkan jendela akun kita sendiri. Selain itu, di sana juga terdapat beberapa tombol yang berguna untuk mengupdate Word 2016 ke versi terbaru.


Feedback
Tombol ini berguna untuk menampilkan jendela umpan balik, di sana kita bisa memberikan umpan balik terhadap produk Word 2016, agar Word 2016 lebih maju dan banyak digunakan.


Options
Tombol ini berguna untuk menampilkan jendela pengaturan lebih lanjut di Word, baik itu pengaturan secara umum maupun secara detail.


Setelah kita selesai mengupas menu File beserta fungsinya, selanjutnya kita akan melihat menu Home, tool apa saja yang terdapat di dalam menu Home? Nah, simak terus tutorial selanjutnya ya teman-teman.


2. Menu Home

Penasaran tentang menu Home? Menu yang satu ini merupakan menu yang paling umum dan sering digunakan dalam pengelolaan dokumen. Untuk melihat menu tersbeut, silakan klik menu Home yang terletak di sebelah menu File, sehingga akan terlihat tampilan seperti berikut.

Fungsi Menu dan Tools Microsoft Word 2016, 365 dan 2019
Gambar 3: Menu home

a. Grup Clipboard

Di dalam menu ini, terdapat beberapa tool yang dikelompokkan dalam beberapa kategori, mari kita mulai dari kategori Clipboard seperti berikut.

Gambar 4:  Clipboard

1) Paste
Tombol ini berguna untuk menempelkan dokumen yang telah dipindahkan (Cut) atau telah disalin (Copy) ke dalam tempat yang diinginkan.

2) Cut
Tombol ini berfungsi untuk memindahkan dokumen ke tempat yang diinginkan.

3) Copy
Tombol ini berguna untuk menyalin dokumen ke dalam tempat yang diinginkan.

4) Format Painter
Tombol ini berguna untuk merubah format, misalnya kita mempunyai format A dan B, ketika kita mengklik format A dengan tombol tersebut, kemudian kita mengklik lagi format B, maka format B akan berubah menjadi format A.

b. Grup Font

Setelah selesai membahas tool yang terdapat di dalam kategori Clipboard beserta fungsinya, selanjutnya kita akan pindah ke kategori font seperti berikut.

Fungsi Menu dan Tools Microsoft Word 2016, 365 dan 2019
Gambar 5: Font


(1) Font 
Tombol ini berguna untuk memilih jenis font teks yang dinginkan, misalnya Calibri, Arial, Time New Roman, dan lain-lain.

(2) Font Size
Tombol ini berfungsi untuk merubah ukuran font teks yang diingikan, misalnya 12.

(3) Increase Font Size
Tombol ini berguna untuk memperbesar ukuran font size, dengan menambah satu ukuran font size, misalnya dari 12 ke 13.

(4) Decrease Font Size
Tombol ini berfungsi untuk mengurangi ukuran font size, dengan mengurangi satu ukuran font size, misalnya dari 12 ke 11

(5) Change Case
Tombol ini berguna untuk merubah keadaan teks, kita bisa merubah teks seperti semua teks huruf besar di depannya, semua teks huruf kecil, semua teks huruf kecil, dan lain sebagainya.

(6) Clear All Formatting
Tombol ini berfungsi untuk menghapus semua format yang melekat pada sebuah teks. Seperti font size, color, dan lain-lain.

(7) Bold
Tombol yang berguna untuk membuat teks menjadi tebal.

(8) Italic
Tombol yang berfungsi untuk membuat teks menjadi miring.

(9) Underline
Tombol yang berguna untuk membuat teks menjadi garis bawah.

(10) Strikethrough
Tombol ini berfungsi untuk membuat teks menjadi bergaris di tengah seperti dicoret (coret).

(11) Subscript
Tombol ini berguna untuk membuat tulisan kecil (subscript) di bawah teks.

(12) Superscript
Tombol ini berguna untuk membuat tulisan kecil (superscript) di atas teks.

(13) Text Effects
Tombol ini berguna untuk membuat efek dari sebuah teks.

(14) Text Highlight Color
Tombol ini berfungsi untuk memberi warna pada teks yang disorot (penting).

(15) Font Color
Tombol ini berfungsi untuk memberi warna pada teks.

c. Grup Paragraph

Kemudian kita akan melihat apa saja tool-tool yang terdapat di dalam kategori paragraph seperti berikut.

Fungsi Menu dan Tools Microsoft Word 2016, 365 dan 2019
Gambar 6: Paragraph


(1) Bullets
Tombol ini berguna untuk memberikan tanda bullet (pelor) pada sebuah teks.

(2) Numbering
Tombol ini berguna untuk memberikan penomoran, seperti 1, 2, 3, A, B, C, dan lainlain pada sebuah teks.

(3) Multilevel List
Tombol ini berfungsi untuk mengatur level format penomoran pada teks.

(4) Decrease Indent
Tombol ini berguna untuk mengurangi lekukan (indent) pada sebuah teks. Atau dengan kata lain untuk mengeser paragraf ke arah kiri

(5) Increase Indent
Tombol ini berguna untuk menambah lekukan (indent) pada sebuah teks. Atau dengan kata lain untuk mengeser paragraf ke arah kanan.

(6) Sort
Tombol ini berguna untuk mengurutkan teks dari huruf A ke Z, dari huruf Z ke A, begitu juga dengan nomor, dari nomor 1 ke 9, dari nomor 9 ke 1.

(7) Show/Hide Paragraph
Tombol ini berguna untuk menampilkan atau menyembunyikan paragraf dari sebuah teks.

(8) Aligh Left
Tombol ini berguna untuk membuat teks menjadi teks rata kiri.

(9) Center
Tombol ini berguna untuk membuat teks menjadi teks rata tengah.

(10) Align Right
Tombol ini berguna untuk membuat teks menjadi teks rata kanan.

(11) Justify
Tombol ini berguna untuk membuat teks menjadi teks rata kiri dan kanan.

(12) Line & Spacing
Tombol yang berguna untuk menampilkan jendela ukuran spasi yang ingin digunakan.

(13) Shading
Tombol ini berguna untuk menampilkan jenis warna yang akan diberikan pada background teks.

(14) Borders
Tombol ini berguna untuk menampilkan format border pada teks, seperti Top Border, Left Border, Right Border, dan lain-lain.

d. Grup Styles

Setelah membahas tool-tool yang terdapat di dalam kategori paragraph, selanjutnya kita akan pindah ke kategori style seperti berikut.

Fungsi Menu dan Tools Microsoft Word 2016, 365 dan 2019
Gambar 7: Style

Style 
Tombol ini berguna untuk menampilkan lebih banyak style pada teks. Selain itu, kita juga bisa menentukan style yang digunakan oleh teks.

e. Grup Editing

Nah, kita telah mengenal apa saja tool yang terdapat di dalamnya, selanjutnya kita akan melihat tool-tool yang terdapat di dalam kategori editing seperti berikut.

                          
                                                Gambar 8: Editing


(1) Find
Tombol ini yang berguna untuk mencari dan menemukan sbeuah teks yang diinginkan.

(2) Replace
Tombol ini berguna untuk mengganti atau memperbarui sebuah teks yang diinginkan.

(3) Select
Tombol ini berguna untuk menyeleksi seluruh teks atau objek.


f. Grup Voice (365,2019)

Grup Voice hanya terdapat pada Word 365 dan 2019



Dictate
Tombol ini berguna untuk mengetik naskah melalui ucapan suara. Jadi untuk mengtik naskah kita tidak melalui keyboard namun cukup dengan mengucapkan kata atau kalimat yang mau dibuat di Word.

Sampai di sini kita telah selesai membahas tool-tool yang terdapat di dalam menu Home sesuai dengan kategori yang ada di dalamnya. Selanjutnya kita akan menelusuri tool-tool yang terdapat di dalam menu Insert pada pembahasan berikutnya.


3. Menu Insert

Menu ini merupakan salah satu menu yang umum digunakan dalam memasukkan data seperti tabel, gambar grafik, dan lain-lain. Untuk melihat menu tersebut. silakan klik menu Insert yang berada tepat di sebelah menu Home, sehingga akan terlihat sebuah jendela menu seperti berikut.

Fungsi Menu dan Tools Microsoft Word 2016, 365 dan 2019
Gambar 10: Menu insert

Grup Pages

Nah, itulah tampilan menu Insert, selanjutnya kita akan membahas tool-tool yang terdapat di dalamnya, kita mulai dari kategori Pages seperti berikut.

Gambar 11: Pages


Cover Page
Tombol ini berguna untuk menampilkan jenis-jenis cover dokumen, bermacam-macam, ada yang Austing, Banded, Facet, Grid, dan lain sebagainya.

Blank Page
Tombol ini berfungsi untuk menambahkan dokumen kosong ke bawah.

Page Break
Tombol ini berguna untuk memutuskan sebuah halaman dokumen, sehingga akan beralih ke halaman berikutnya.


Grup Tables

Setelah selesai membahas tool-tool yang terdapat di dalam kategori pages, selanjutnya kita akan membahas tool-tool yang terdapat di dalam kategori Tables seperti berikut.

Gambar 12: Tables

Table
Tombol ini berfungsi untuk menampilkan jendela penambahan dan penggambaran tabel di dalam sebuah dokumen.


Grup Ilustrations

Selanjutnya kita akan melihat tool-tool yang terdapat di dalam kategori illustrations seperti berikut.

Gambar 13: Illustrations


Pictures
Tombol ini berguna untuk menambahkan gambar ke dalam dokumen yang terletak di dalam media penyimpanan komputer.

Online Pictures
Tombol ini berfungsi untuk menambahkan gambar ke dalam dokumen secara online.

Shapes
Tombol ini berguna untuk menambahkan bentuk ke dalam dokumen, berupa persegi panjang, bujur, bulat, dan lain sebagainya.

Icons (365 dsn 2019)
Tombol ini berfungsi untuk menambahkan berbagai macam bentuk icon yang sangat berguna untuk memperjelas dan memperindah tampilan dokumen

3D Models (365 dsn 2019)
Tombol ini berfungsi untuk menambahkan berbagai macam bentuk model gambar tiga dimensi

SmartArt
Tombol ini berguna untuk menampilkan jendela SmartArt, di dalam jendela tersebut terdapat bermacam-macam smartart, seperti List, Process, Matrix, dan lain sebagainya.

Chart
Tombol ini berfungsi untuk menampilkan jendela grafik, di dalam jendela tersebut terdapat banyak sekali macam-macam grafik, seperti Line, Column, Pie, Bar, dan lain-lain.

Screenshot
Tombol ini berguna untuk memasukkan hasil screenshoot layar aplikasi yang sedang berjalan.

Grup Add-ins

Setelah melihat tool-tool yang terdapat di dalam kategori illustrations, selanjutnya kita akan pindah pada kategori Add-ins seperti berikut.

Gambar 14: Add-ins


Store (2016)
Tombol ini berguna untuk menampilkan sebuah jendela toko untuk menambahkan Add-in ke dalam Word 2016, tetapi tombol ini membutuhkan koneksi jaringan internet.

Get Add-ins (365 dsn 2019)
Tombol ini fungsinya sama dengan tombol Store pada Word 2016

My Add-ins
Tombol ini berguna untuk menampilkan Add-in yang telah berhasil kita tambahkan ke dalam Word 2016.

Wikipedia
Tombol ini berguna untuk menampilkan jendela Wikipedia di dalam Word 2016. Tombol ini juga membutuhkan koneksi jaringan internet.

Grup Media

Selanjutnya kita akan melihat tool-tool yang terdapat di dalam kategori media seperti berikut.

        Gambar 15: Media

Online Video
Tombol ini berguna untuk menambahkan atau memasukkan sebuah video ke dalam dokumen, sesuai namanya, kita harus terkoneksi ke dalam jaringan internet dulu sebelum menggunakannya.


Grup Links

Setelah itu, kita akan pindah ke dalam kategori link, di dalam kategori tersebut terdapat beberapa tool seperti berikut.
Gambar 16: Links


Link
Tombol ini berfungsi untuk menambahkan link dari sebuah teks, sehingga teks tersebut akan berubah warna dan berfungsi sebagai hyperlink yang dituju.

Bookmark
Tombol ini berguna untuk memberikan tanda baca pada halaman dokumen Word 2016, sehingga kita bisa dengan mudah dan cepat mencari kata yang telah dibookmark ke dalam lokasi kata kunci tersebut berada.

Cross-reference
Tombol ini berfungsi untuk membuat referensi atau rujukan antar file.


Grup Comments

Nah, setelah mengetahui tool-tool yang terdapat di dalam kategori links, selanjutnya kita pindah ke dalam kategori comments, di sana hanya terdapat satu tombol saja seperti berikut.

            Gambar 17: Comments

Comment
Tombol ini berguna untuk menambahkan komentar ke dalam sebuah dokumen.


Grup Header & Footer

Berikutnya kita akan pindah ke dalam kategori header & footer, di sana terdapat beberapa tombol seperti berikut.

                Gambar 18: Header & footer


Header
Tombol ini berfungsi untuk menampilkan jendela header, di sana terdapat beberapa macam header, seperti Blank, Austing, Banded, dan lain sebagainya.

Footer
Tombol ini berguna untuk menampilkan jendela footer, di sana terdapat beberapa macam footer seperti Blank, Austin, Banded, dan lain sebagainya.

Page Number
Tombol ini berfungsi untuk menampilkan jendela nomor halaman, di dalam jendela tersebut terdapat bermacam-macam format halaman, seperti Top of page, Bottom of Page, dan lain-lain.


Grup Text

Nah, kita telah selesai membahas tool-tool yang terdapat di dalam kategori header & footer, selanjutnya kita pindah ke dalam kategori text seperti berikut.

                        Gambar 19: Text

Text Box
Tombol ini berguna untuk menampilkan jendela kotak tulisan, di dalam jendela ini terdapat beberapa jenis kotak tulisan, seperti Simple Text Box, Austin Quote, dan lain-lain.

Quick Parts
Tombol ini berguna untuk mengatur teks otomatis di dalam halaman dokumen Word 2016.

WordArt
Tombol ini berfungsi untuk memasukkan teks artistik (seni), menyisipkan tulisan artistik 3D berserta efek-efeknya ke dalam halaman dokumen Word 2016.

Drop Cap
Tombol ini berguna untuk menampilkan pilihan model teks drop cap, di dalam terdapat dua buah macam drop cap, yaitu Dropped dan In Margin.

Signature Line
Tombol ini berfungsi untuk menampilkan jendela memasukkan garis tanda tangan ke dalam halaman dokumen Word 2016.

Data & Time
Tombol ini berguna untuk memasukkan tanggal dan waktu ke dalam halaman dokumen Word 2016.

Object
Tombol ini berfungsi untuk memasukkan objek ke dalam halaman dokumen Word 2016, seperti Adobe Acrobat, Adobe Potoshop, Bitmap Image, dan lain-lain.


Grup Symbols

Berikutnya kita akan melihat tool-tool yang terdapat di dalam kategori symbols, di dalam kategori tersebut, terdapat beberapa tombol seperti berikut.

                        Gambar 20: Symbols

Equation
Tombol ini berguna untuk menampilkan jendela rumus persamaan, di dalam jendela tersebut terdapat bermacam format rumus persamaan, seperti Area of Circle, Binomial Theorem, dan lain sebagainya.

Symbol
Tombol ini berfungsi untuk menampilkan jendela simbol-simbol yang ingin dimasukkan ke dalam sebuah dokumen.

Sampai di sini kita telah selesai membahas menu Insert, selanjutnya kita akan melihat apa-apa saja tool-tool yang terdapat di dalam menu Design pada pembahasan berikutnya.


4. Menu Design

Menu ini merupakan salah satu menu yang digunakan untuk mendesain halaman dokumen seperti format tulisan, warna halaman, dan lain-lain. Untuk melihat menu tersebut. silakan klik menu Design yang berada tepat di sebelah menu Insert, sehingga akan terlihat sebuah jendela menu seperti berikut.

Gambar 21: Menu design

Grup Document Formating

Di dalam menu tersebut terdapat beberapa kategori tools yang mempunyai tugas masing-masing, apa saja itu?, mari kita mulai pada kategori document formatting seperti berikut.

Gambar 22: Document formatting

Themes
Tombol ini berguna untuk menampilkan beberapa pilihan tema yang dapat digunakan di dalam dokumen, di dalamnya terdapat tema Office, Facet, Gallery, dan lain-lain.

Style Set
Tombol ini berfungsi untuk menampilkan beberapa pilihan style yang dapat digunakan di dalam dokumen, seperti style simple, basic, stylish, dan lain-lain.

Colors
Tombol ini berguna untuk menampilkan beberapa pilihan paket warna tema yang dapat digunakan di dalam dokumen.

Fonts
Tombol ini berfungsi untuk menampilkan beberapa pilihan paket font yang dapat digunakan di dalam dokumen.

Paragraph Spacing
Tombol ini berguna untuk menampilkan beberapa macam spasi paragraf, seperti Compact, Tight, Open, dan lain-lain.

Effects
Tombol ini berfungsi untuk menampilkan beberapa efek dari objek yang berada di dalam halaman dokumen, seperti Office, Refelction, Glossy, dan lain-lain.

Set as Default
Tombol ini berguna untuk mengembalikan keadaan ke semula (default), sehingga halaman akan terlihat menjadi baru kembali.


Grup Page Background

Setelah selesai membahas tool-tool yang terdapat di dalam kategori document formatting, selanjutnya kita akan pindah ke kategori page background seperti berikut.

Gambar 23: Page background

Watermark
Tombol ini berguna untuk menampilkan jendela jenis-jenis watermark, di dalamnya terdapat watermark confidential, do not copy, dan lain sebagainya.

Page Color
Tombol ini berfungsi untuk menampilkan jendela warna halaman dokumen yang akan digunakan di dalam Word 2016.

Page Borders
Tombol ini berfungsi untuk menampilkan jendela border halaman dokumen Word 2016.

Nah, sampai di sini kita telah selesai membahas tool-tool yang terdapat di dalam menu Design, selanjutnya kita akan membahas tool-tool yang terdapat di menu Layout pada pembahasan berikutnya.


5. Menu Layout

Menu ini terkenal dengan rancangan halaman dokumen, seperti pengaturan margins, orientasi, size, column, dan masih banyak lagi. Untuk melihat apa saja tool-tool yang terdapat di dalam menu Layout, silakan klik menu tersebut yang berada tepat di sebelah menu Design, maka akan terlihat jendela menu seperti berikut.

Gambar 24: Menu layout


Grup Page Setup

Nah, sudah terlihat jendela menu Layout, di sana terdapat beberapa tools yang dikelompokkan berdasarkan kategori, kita akan mulai dari kategori page setup seperti berikut.

Gambar 25: Page setup

Margins
Tombol ini berguna untuk mengatur garis tepi atau pinggiran halaman, di sana terdapat beberapa ukuran seperti Normal, Wide, Narrow, dan lain-lain.

Orientation
Tombol ini berfungsi untuk mengubah orientasi halaman, seperti portrait ke landscape, begitu juga sebaliknya.

Size
Tombol ini berguna untuk mengatur ukuran kertas, seperti Letter, Tabloid, A3, A4, B5, Envelope#10, dan lain-lain.

Columns
Tombol ini berfungsi untuk membuat teks menjadi beberapa kolom, dua bahkan sampai tiga kolom di dalam halaman dokumen.

Breaks
Tombol ini berguna untuk menampilkan dan mengatur halaman break, di sana terdapat berbagai macam bentuk halaman break, seperti Page, Column, Text Wrapping, dan lain sebagainya.

Line Numbers
Tombol ini berfungsi untuk menampilkan pilihan pembuatan nomor baris pada halaman dokumen Word 2016.

Hyphenation
Tombol ini berguna untuk menampilkan pilihan pembuatan pemecahan kata ketika kata tersebut tidak cukup ditulis dalam baris yang sama.


Grup Paragraph

Nah, setelah selesai membahas kategori page setup, selanjutnya kita akan pindah ke kategori paragraph, di sana terdapat beberapa tool seperti berikut.

Gambar 26: Paragraph

Left
Tombol ini berguna untuk menambah dan mengurangi lekukan (indent) ke kiri halaman dokumen.

Right
Tombol ini berfungsi untuk menambah dan mengurangi lekukan (indent) ke kanan halaman dokumen.

Before
Tombol ini berguna untuk menambah dan mengurangi ukuran sebelum spasi teks.

After
Tombol ini berfungsi untuk menambah dan mengurangi ukuran sesudah spasi teks.


Grup Arrange

Selanjutnya kita akan melihat tool-tool yang terdapat di dalam kategori arrange seperti berikut.

Gambar 27: Arrange


Pasition
Tombol ini berguna untuk mengatur posisi gambar di dalam halaman dokumen, kita bisa mengaturnya dengan meletakkan gambar di kiri, kanan, atas, atau di bawah halaman.

Wrap Text
Tombol ini berfungsi untuk menampilkan jendela wrap text di dalam dokumen, dengan wrap text, kita bisa mengatur letak gambar, di samping, tengah, bawah, bahkan di balik teks.

Bring Forward
Tombol ini berguna untuk memposisikan suatu objek dengan objek lainnya, secara default, objek yang datang lebih akhir akan berdiri di depan objek sebelumnya, sehingga dengan tombol ini kita bisa mengatur ulang posisi objek tersebut.

Send Backward
Tombol ini berfungsi untuk mengirimkan objek terpilih ke belakang objek lainnya.

Selection Pane
Tombol ini berguna untuk menyeleksi objek yang berjenjang di dalam dokumen.

Align
Tombol ini berfungsi untuk mengatur posisi objek lepas, sehingga kita bisa memposisikan objek di bagian kiri, tengah, maupun kanan.

Group
Tombol ini berguna untuk mengelompokkan beberapa objek menjadi satu kelompok.

Rotate
Tombol ini berfungsi untuk memutar dan membalikkan suatu objek yang terpilih.

Nah, sampai di sini kita telah selesai membahas tool-tool yang terdapat di dalam menu Layout, selanjutnya kita akan mengupas tool-tool yang berada di menu References, menu Mailing, menu Review, menu View dan Help atau Tel me pada pembahasan berikutnya.

Demikian tutorial tenteng Fungsi Menu-Menu pada Microsoft Word 2016, 365 dan 2019. Semoga bermanfaat.

Terimakasih sudah mampir ke Blog Pakar Tutorial di www.bosstutorial.com
Thanks for reading: Mengenal Fungsi Menu dan Tools Microsoft Word 2016, 365, 2019 dan 2021