Tips dan Trik Cara Membuat Surat Lamaran Kerja agar Diterima





Surat lamaran kerja yang kita buat sesungguhnya merupakan wakil lisan dan diri kita yang datang ke hadapan si pencari pekerja, dengan kata lain surat lamaran kerja kita ibarat tamu yang berkunjung kepada seorang "Tuan" dan si Tuan tersebut mempunyai sesuatu yang akan diberikan kepada setiap tamunya yang dia sukai.

Tips Cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar

Jadi agar kehadiran kita disukai, maka kita harus berpenampilan bagus, bersikap baik dan berkata sopan dan santun agar mereka mau menerima kehadiran kita, serta memberikan apa yang kita harapkan.

Demikian juga dengan surat lamaran kerja, jika ingin lamaran kerja kita diterima atau setidaknya lebih besar berpeluang untuk diterima, maka buatlah sebuah surat lamaran kerja yang memiliki konten berkualitas serta memiliki interpace yang menarik, yang mampu mengungguli surat-surat lamaran dari pesaing kita.

Tips Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Menarik

Seperti yang sudah dibahas pada artikel terdahulu Contoh Surat Lamaran yang Kreatif agar Menarik Perhatian HRD, bahwa surat lamaran kerja adalah lembar pertama yang akan dilihat dan dibaca oleh pihak pencari kerja, dengan demikian buatlah surat lamaran kerja yang mampu mencuri perhatian serta memberi "kesan pertama yang begitu menggoda"

Agar surat lamaran kerja mampu mencuri perhatian HRD atau Personalia sebagai tim penyeleksi, lakukan tips dan trik berikut ini:
Tutorial Cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar

  • Jika perusahaan yang anda lamar memiliki ciri khas warna, sesuaikan warna pada ornamen hias tadi dengan warna khas perusahaan tersebut
  • Jangan terlalu berlebihan dalam membuat ornamen hias, kira-kira maksimal 25% dari ukuran kertas yang kita gunakan
  • Untuk membuat dan mendesain ornamen hias, bisa menggunakan aplikasi Microsoft Word, Corel Draw, Photoshop atau aplikasi grafis lainnya





Tips Menyusun Isi Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Yang menjadi inti dari surat lamaran adalah isinya, maka dari itu kita harus memperhatikan beberapa hal penting dalam menusun isi surat lamaran kerja yang baik dan benar

Gunakan Bahasa dan Ejaan yang Benar

Setiap bahasa yang ada di dunia ini mempunyai aturan tata bahasa dan kaidah masing-masing. jadi jika surat lamaran kerja anda ingin terlihat intelektual, perhatikan hal-hal berikut ini:
  • Gunakan ejaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai kaidah EYD (Ejaan yang Disempurnakan), jika anda membuat surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya tentu harus sesuai dengan kaidah bahasa masing-masing
  • Jangan pernah salah dalam menuliskan nama, gelar, jabatan dan yang lainnya. Contoh: Dzulkadr Alka SE. (ini salah) yang benar adalah Dzulkadr Alka, S.E.
  • Perhatikan betul dalam penulisan dan penempatan tanda baca, seperti titik (.), koma (,), strip (-), garis miring (/) dan lain-lainnya. Ingat penempatan tanda baca tersebut menurut EYD harus selalu menempel di akhir kata, tanpa didahului dengan spasi
  • Jangan pernah menyingkat kata-kata yang seharusnya tidak perlu disingkat, seperti yang menjadi yg, dengan menjadi dg, kepada menjadi kpd, masing-masing menjadi masing2 dan lain sebagainya. Ingat kita bukan sedang SMS-an

    Gunakan Kalimat yang Efektif dan Benar

    Ingat surat lamaran sesungguhnya merupakan pengantar dari sekian berkas lamaran kita yang disampaikan kepada perusahaan pencari tenaga kerja, maka dari itu kita harus memperhatikan betul hal-hal penting berikut ini:
    • Gunakan kata atau kalimat yang mudah dipahami oleh semua orang, jangan menggunakan kata-kata ilmiah yang belum populer
    • Hindari penggunaan kata "aku" untuk diri sendiri, lebih sopan jika kita menggunakan kata "saya"
    • Hindari pula pemakaian kata "kamu" untuk orang kedua, lebih sopan dan hormat jika kita menggunakan kata "Bapak/Ibu" 
    • Jangan bertele-tele tapi buatlah surat lamaran yang simpel, efektif dan efesien. Ingat mereka adalah orang sibuk, jadi jangan buat hatinya kesal karena waktunya banyak terbuang gara-gara membaca surat lamaran yang bertele-tele. 
    Di bawah ini adalah contoh surat lamaran kerja yang kurang efektif.
    Panduan Cara membuat surat lamaran kerja yang berkualitas

    Penjelasan ketidakefektifan contoh surat lamaran di atas di antaranya:

    Bagian 1:
    Jika surat ditujukan kepada objek tunggal jangan menggunakan titik dua (:) tetapi koma (,) jadi yang benar seharusnya:
    Kepada,
    Yth. Manajer PT Sri Makmur Jaya

    Bagian 2:
    Kalimatnya kurang pas, mungkin sebaiknya seperti ini:
    Berdasarkan iklan lowongan kerja dari PT Sri Makmur Jaya pada koran Sindo News tanggal 18 Agustus 2017, maka dengan ini saya mengajukan lamaran untuk bekerja di bagian Akunting PT Sri Makmur Jaya.

    Bagian 3:
    Jika berkas lamaran anda dilengkapi dengan CV (Curriculum Vitae) atau Daftar Riwayat Hidup, dalam isi surat lamaran tidak perlu lagi menuliskan riwayat pendidikan, riwayat pelatihan atau kursus, riwayat pekerjaan, keahlian, hobby, kepribadian dan lain sebagainya.

    Bagian 4:
    Isi kalimat tersebut bernada intimidasi atau pemaksaan, padahal di paragraf penutup cukup menuliskan:
    Demikian surat lamaran ini saya sampaikan, besar harapan saya untuk diterima di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.

    Atas perhatian dari Bapak/Ibu saya ucapkan terimakasih.





      Yang Perlu Diperhatikan dalam Mencantumkan Identitas Diri

      Dari bagian isi surat yang harus diperhatikan dengan serius adalah dalam mencantumkan identitas diri, seperti:

      Nama 
      Cantumkan nama lengkap sesuai dengan ijazah dan tanda bukti identitas lainnya. Jangan pernah menyikat nama atau memberi tambahan nama. Jika memiliki gelar kesarjanaan sebaiknya dicantumkan, walaupun ada sebagian orang yang memandang tidak perlu dicantumkan.

      Alamat
      Tuliskan dengan lengkap dan detail serta gunakan alamat yang mudah ditemukan oleh pengantar surat atau petugas ekspedisi lainnya. Karena alamat yang jelas akan membantu kita ketika lamaran diterima dan surat pemberitahuannya dikirim via alamat yang kita cantumkan.

      Jadi apabila dirasa alamat rumah kita susah dijangkau petugas ekspedisi, lebih baik menggunakan alamat saudara, teman atau alamat kedua lainnya yang mudah dijangkau petugas pengantar surat.

      Nomor Telepon
      Gunakan nomor telepon yang masih aktif, jika anda menggunakan nomor ponsel pastikan ponsel tersebut selalu aktif dan senantiasa berada di sekitar anda. Hindari untuk menggunakan nomor telpon orang lain.

      Email
      Gunakan email yang aktif yang memilik nama akun yang serius serta nama akun yang menyangkut nama anda. Jangan menggunakan nama akun yang alay, seperti gadisselalusetia@gmail.com atau jejakapatahhati@yahoo.com atau k4t4mv4n@live.com

      Foto
      Lampirkan pas foto yang resmi dengan pakaian berdasi atau bahkan ber-jas, jangan gunakan foto hasil croving dari foto santai, selain itu gunakan foto yang terbaru. Biasanya ketentuannya maksimal enam bulan terakhir.

      CV (Curriculum Vitae) atau Riwayat Hidup
      Dalam berkas lamaran biasanya CV disusun setelah surat lamaran, dengan demikian buatlah CV dengan desain yang menarik, dengan desain yang kreatif. Untuk membuat CV yang menarik dan artistik anda bisa menggunakan Microsoft Word. Tutorialnya anda bisa membuka artikel: Cara Membuat Desain CV Curriculum Vitae dengan Microsoft Word.

      Gunakan Gaya Penulisan yang Baku

      Jika kita menulis surat lamaran dengan Microsoft Word (komputer), perhatikan beberapa hal berikut ini agar surat lamaran kerja kita terlihat baik dan berkelas:
      • Gunakan jenis font yang baku seperti Calibri, Arial atau Times News Roman
      • Gunakan ukuran font yang umum digunakan untuk menulis surat, yaitu antara 11-12pt
      • Jangan pernah menggunakan efek miring (Italic) dan tebal (Bold), kecuali dalam kata-kata tertentu yang ingin ditonjolkan atau kata-kata khusus
      • Jangan pernah menggunakan lebih dari satu jenis dan ukuran font dalam surat lamaran
      • Jangan pernah menggunakan lebih dari satu warna font dan akan lebih baik jika anda menggunakan warna font hitam.
      • Gunakan spasi yang harmonis untuk surat, yaitu Single dan 1,5 Lines





      Tips Memilih Bentuk Surat Lamaran Kerja

      Dalam surat-menyurat (korespondent) dikenal berbagai bentuk surat (style) yang umum digunakan di kalangan dunia usaha. Jadi gunakanlah salah satu bentuk surat yang anda sukai atau kalau anda tahu gunakan bentuk surat yang paling disukai oleh perusahaan yang anda lamar.

      Berikut adalah macam-macam bentuk surat yang umum digunakan oleh dunia usaha:

      1. Full Block Style (Bentuk Lurus Penuh)

      Tips Cara membuat surat lamaran kerja yang berkualitas
      Contoh Surat bentukFull Block Style (Bentuk Lurus Penuh)

      Keterangan:
      1. Kop Surat
      2. Titimangsa surat/tanggal surat dibuat
      3. Nomor Surat
      4. Lampiran
      5. Hal (opsional)
      6. Objek (perusahaan/orang) yang dituju
      7. Salam pembuka
      8a. Pendahuluan isi surat
      8b. Penjelasan isi surat
      8c. Penutup isi surat
      9.   Salam penutup
      10. Nama jabatan
      11. Tanda tangan
      12. Nama yang mendatangani
      13. Tembusan
      14. Halaman lampiran surat/inisial
      Keterangan yang diberi warna merah tidak usah digunakan dalam surat pribadi seperti surat lamaran kerja.

      Contoh Surat Lamaran Kerja Bentuk Lurus Penuh (Full Block Style)

      Bogor, 10 Mei 2018

      Kepada Yth.,
      General Manajer Hotel Grand Mutiara Pangandaran
      Jl. Pamugaran No. 145 Pantai Barat
      PANGANDARAN

      Dengan hormat,
      Saya yang bertanda tangan di bawah ini;

      Nama                          : Dzulkadr Alka, S.T.
      Tempat, Tanggal Lahir : Bogor, 16 April 1995
      Pendidikan Terakhir : Informatika ITB Bandung
      Domisili                        : Jl. Melati No. 34 Gunungputri Bogor 16965
      Telepon                       : 0877 3300 6000
      Email                           : dzulkadralka@gmail.com

      Sesuai dengan informasi lowongan pekerjaan dari Hotel Grand Mutiara Pangandaran, seperti yang dimuat di harian Pikiran Rakyat tanggal 5 Mei 2018, maka dengan ini saya mengajukan lamaran untuk bekerja di bagian IT, Hotel Grand Mutiara Pangandaran.

      Sebagai bahan pertimbangan, bersama ini saya lampirkan:
      1. CV (Daftar Riwayat Hidup)
      2. Foto copy ijazah S-1 dan transkrip nilai
      3. Surat Keterangan Berbadan Sehat dari dokter
      4. Surat Keterangan Berkelakuan Baik dari Kepolisian 
      5. Foto copy sertifikat kursus/pelatihan
      6. Pas foto terbaru 4x6 tiga lembar
         
      Demikian surat lamaran ini saya sampaikan, besar harapan saya untuk diterima bekerja di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.

      Atas perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan terimakasih.

      Hormat saya,



      Dzulkadr Alka, S.T.


      2. Block Style (Bentuk Lurus)

      Cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar
      Contoh Surat bentuk Block Style (Bentuk Lurus)
      Pada surat lamaran kerja bentuk Block Style pada bagian titimangsa tanggal surat, salam penutup, tanda tangan dan nama yang menandatangani, posisinya berada di sisi sebelah kanan dan ada jarak spasi antar paragraf.

      3. Semi Block Style (Bentuk Setengah Lurus)

      Cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar

      Contoh Surat bentuk Semi Block Style (Bentuk Setengah Lurus)

      Pada surat lamaran kerja bentuk Semi Block Style pada bagian titimangsa tanggal surat, salam penutup, tanda tangan dan nama yang menandatangani, posisinya berada di sisi sebelah kanan dan pada bagian isi surat setiap awal paragraf dibuat menjorok ke kanan kira-kira 6 karakter dengan tanpa jarak spasi antar paragraf.

      4. Idented Style (Bentuk Lekuk)

      Contoh Surat lamaran bentuk idented Style

      Contoh bentuk surat Idented Style (Bentuk Lekuk)

      Pada surat lamaran kerja bentuk Idented Style pada bagian titimangsa tanggal surat, salam penutup, tanda tangan dan nama yang menandatangani, posisinya berada di sisi sebelah kanan dan pada bagian isi surat setiap awal paragraf dibuat menjorok ke kanan kira-kira 6 karakter dengan menggunakan jarak spasi antar paragraf.

      5. Hanging Paragrafh (Paragraf Menggantung)

      Contoh Surat lamaran kerja bentuk Hanging Paragraph Paragraf menggantung

      Contoh Surat bentuk Hanging Paragrafh (Paragraf Menggantung)


      Pada surat lamaran kerja bentuk Hanging Paragraph pada bagian titimangsa tanggal surat, salam penutup, tanda tangan dan nama yang menandatangani, posisinya berada di sisi sebelah kanan. Yang paling khas dari Hanging Paragraph yaitu pada bagian isi surat setiap awal paragraf dibuat rata kiri, sedangkan baris kedua dan selanjutnya dibuat menjorok ke kanan kira-kira 6 karakter dengan tanpa jarak spasi antar paragraf.

      Demikian Tips dan Trik Cara Membuat Surat Lamaran Kerja agar Diterima. Semoga tutorial ini ada manfaatnya, jika ada saran atau pertanyaan silakan tuliskan dalam komentar, dengan senang hati kami akan membalas secepat yang kami bisa.

      Bagi anda yang membutuhkan contoh-contoh surat lamaran kerja yang kreatif seperti di atas, silakan tuliskan alamat email anda di kolom komentar, kami akan mengirimkannya via email jika anda membutuhkannya.

      Terimakasih sudah mampir ke blog BossTutorial.com



      Previous
      « Prev Post

      Artikel Menarik Lainnya

      Tips dan Trik Cara Membuat Surat Lamaran Kerja agar Diterima
      4/ 5
      Oleh

      3 comments

      3 September 2018 at 23:19 delete

      bermanfaat bgt bang dan minta file nya donk
      Email : whardana001@gmail.com
      Terimakasih dan sukses selalu

      3 September 2018 at 23:33 delete

      @Setya Surya WhardanaTerimakasih dah mampir ke blog BossTutorial.com Silakan dibuka emailnya File masternya dah aku kirim

      8 October 2018 at 20:31 delete

      Bang boleh minta masternya bang? Sepriyadi1@gmail.com makasih banyak bang

      Post a Comment