Fungsi Rahasia PowerPoint selain Media Presentasi





Bagi anda pengguna Windows pasti sudah tidak asing lagi dengan aplikasi Microsoft Office yang merupakan aplikasi perkantoran yang paling banyak digunakan di dunia. Ada tiga aplikasi Office yang paling sering digunakan orang yaitu Microsoft Word sebagai aplikasi pengolah kata, Microsoft Excel yang diperuntukan sebagai aplikasi pengolah angka dan yang ke tiga adalah Microsoft PowerPoint yang secara umum digunakan untuk media presentasi.

Fungsi Rahasia PowerPoint selain Media Presentasi

Fungsi Rahasia PowerPoint selain Media Presentasi di antaranya dapat menggantikan aplikasi desain grafis dan juga aplikasi editing video. Hal ini disebabkan karena type file yang dihasilkan oleh aplikasi PowerPoint tidak hanya sebatas PPT atau PDF saja, melainkan lebih banyak lagi, seperti tipe file gambar: GIF, JPEG, PNG, TIFF, Tipe file video: MPEG-4, WMV dan berbagai type file lainnya.

Berikut adalah beberapa contoh kegunaan PowerPoint selain sebagai aplikasi presentasi:

1. Membuat Desain Curriculum Vitae yang Kreatif

Untuk membuat desain CV yang kreatif dan menarik biasanya menggunakan aplikasi desain grafis seperti Corel Draw, Photoshop atau desain grafis lainnya. Ternyata dengan cara yang lebih mudah dan lebih praktis kita bisa membuat desain Curriculum Vitae seperti di bawah ini hanya dengan menggunakan aplikasi PowerPoint.

Fungsi Rahasia PowerPoint selain Media Presentasi

Untuk mengetahui bagaimana cara membuat Curriculum Vitae yang Kreatif dan menarik seperti di atas silakan klik link berikut ini: Cara Membuat CV yang Keren dan Menarik dengan PowerPoint

Atau anda bisa menonton Video Tutorialnya dengan klik link berikut ini: Membuat CV dengan PowerPoint Hasilnya lebih Keren





2. Mendesain Brosur yang Cantik Menarik

Jika anda akan mendesain brosur dan kebetulan di komputer atau laptop anda tidak terinstall aplikasi desain grafis, gunakan saja aplikasi PowerPoint yang sudah pasti ada di Windows anda. Hasilnya pun tidak kalah bagus dengan brosur yang didesain dengan aplikasi desain grafis.  Contohnya seperti di bawah ini.

Fungsi Rahasia PowerPoint selain Media Presentasi

Brosur di atas dibuat dengan hanya menggunakan PowerPoint tanpa bantuan aplikasi desain grafis yang lain. Hasilnya pun bisa anda nilai sendiri. Jadi yang penting bukan masalah aplikasinya melainkan kreatifitas kita sebagai desainernya.

Bagaimana cara membuat dan mendesain brosur yang keren dan menarik tersebut di atas, silakan tonton video tutorialnya dengan cara klik link berikut ini: Cara Mudah Membuat Brosur Menggunakan Aplikasi PowerPoint


3. Mendesain Logo dengan PowerPoint

Tidak salah jika kita mengatakan PowerPoint merupakan aplikasi yang serba guna, selain fungsi utamanya sebagai media presentasi yang paling banyak digunakan orang, ternyata rahasia kegunaan PowerPoint begitu banyak yang belum diketahui orang. Salah satunya PowerPoint bisa digunakan untuk mendesain berbagai jenis logo, seperti contoh di bawah ini:

Fungsi Rahasia PowerPoint selain Media Presentasi

Semua contoh logo-logo di atas di desain dengan menggunakan PowerPoint tanpa melibatkan aplikasi desain grafis.

Untuk mempelajari bagaimana cara membuat logo-logo seperti contoh di atas, silakan klik link-link di bawah ini:
Cara Membuat Logo Trans TV dengan PowerPoint
Cara Membuat Logo Resmi HUT RI dengan PowerPoint





4. Cara Membuat Intro dengan Power Point

Membuat intro atau video pembuka dengan PowerPoint mungkin sudah tidak asing bagi anda, walau pun sebagian orang masih beranggapan bahwa membuat video intro hanya bisa dilakukan dengan bantuan aplikasi editing video seperti Adobe After Effect atau pun Adobe Premier.

Berikut ini adalah beberapa video intro yang didesain menggunakan PowerPoint

Untuk mempelajari bagaimana cara membuat intro dengan PowerPoint silakan pelajari di video tutorial berikut ini:
Cara Membuat Intro yang Keren dengan PowerPoint
Cara Gampang Bikin Video Intro dengan PowerPoint


5. Menghilangkan Background Foto dengan PowerPoint 

Fungsi rahasia lainnya dari PowerPoint yaitu bisa digunakan untuk menghilangkan background foto sehingga kita bisa menggantinya dengan background yang lain sesuai dengan keinginan.

Fungsi Rahasia PowerPoint selain Media Presentasi

Untuk mengetahui bagaimana cara menghilangkan background foto dengan PowerPoint, anda bisa membaca artikel berikut ini: Cara Mudah Menghilangkan Background Foto dengan PowerPoint


6. Memotong Video dan Audio dengan PowerPoint

Rahasia PowerPoint lainnya yang belum banyak diketahui orang yaitu bahwa aplikasi presentasi PowerPoint bisa digunakan untuk memotong atau mengambil sebagian dari sebuah video atau lagu. Di samping dapat memotong PowerPoint juga dapat digunakan untuk menyatukan beberapa potongan video atau audio tersebut menjadi sebuah video atau audio yang utuh.

Bagaimana langkah-langkah memotong audio dan video dengan PowerPoint, silakan baca tutorial berikut ini: Cara Memotong Video Musik dengan PowerPoint





7. Membuat Struktur Organisasi dengan PowerPoint

Jika anda ingin membuat struktur organisasi yang lebih keren dan lebih menarik gunakan saja PowerPoint, selain mudah cara membuatnya juga hasilnya lebih menarik dan lebih artistik. Untuk membuat Struktur Organisasi seperti di bawah ini anda bisa menggunakan PowerPoint versi 2019, 2016, 2013, 2010 atau 2007.

Fungsi Rahasia PowerPoint selain Media Presentasi

Panduan lengkap cara membuat strutur organisasi dengan PowerPoint silakan baca artikel di bawah ini:
Cara Membuat Struktur Organisasi yang Keren dan Menarik Menggunakan PowerPoint
Atau anda bisa menonton video tutorialnya melalui link di bawah ini:
Cara Membuat Struktur Organisasi yang Keren dan Menarik dengan PowerPoint

Itulah Fungsi rahasia PowerPoint selain sebagai aplikasi presentasi, selain fungsi-fungsi yang sudah dijelaskan di atas tentunya masih banyak kegunaan lainnya dari PowerPoint terutama yang berhubungan dengan teks dan gambar.

Semoga bermanfaat, jika ada saran, kritik atau pertanyaan, silakan tuliskan dalam komentar. Dengan senang hati BossTutorial akan membalas secepat yang kami bisa.

Terimakasih sudah mampir ke blog TUTORIAL LENGKAP di www.bosstutorial.com



Previous
« Prev Post

Artikel Menarik Lainnya

Fungsi Rahasia PowerPoint selain Media Presentasi
4/ 5
Oleh

Post a Comment