Cara Mengembalikan Dokumen yang Belum Disimpan





Mungkin  teman-teman pernah mengalami ketika sedang mengetik suatu pekerjaan baik di Microsoft Word, Excel maupun PowerPoint, lupa tidak menyimpan pekerjaan tersebut. Atau barangkali karena tiba-tiba mati lampu atau mungkin karena terburu-buru anda langsung melakukan Shut Down Windows.

Cara Mengembalikan Dokumen yang Belum Disimpan

Teman-teman tidak perlu kecewa ketika kita sudah cape mengetik namun hasil pekerjaannya tidak tersimpan. Kita masih bisa mengembalikan hasil kerja yang belum disimpan tersebut dengan menggunakan fitur AutoRecover yang telah ditanamkan pada Microsoft Office. Dengan adanya fitur AutoRecover kita masih bisa membuka pekerjaan walaupun tidak disimpan.

Fitur AutoRecover memiliki dua komponen, yaitu:

1. Document Recovery

Pada bagian ini, Document (Word) atau Workbook (Excel) atau Presentations (PowerPoint) akan tersimpan secara otomatis dan kita masih bisa melihatnya secara langsung ketika membuka aplikasi tersebut. Semua pekerjaan yang belum tersimpan akan ditampilkan kembali pada bilah Document Recovery yang ada di sisi sebelah kiri pala halaman lembar kerja.

Cara mengembalikan pekerjaan yang belum disimpan


Penyebab umum dari kasus seperti ini pada umumnya karena aplikasi berhenti atau mati secara tiba-tiba. Cara mengembalikan hasil kerja yang belum tersimpan pada Document Recovery yang seperti ini, tinggal di-klik pada nama dokumen yang ada pada Document Recovery tersebut.




2. Recover Unsaved Document

Sedangkan pada bagian recover Unsaved Dokument, dokumen lembar kerja kita yang tertutup atau ditutup dengan sengaja namun tanpa menyimpannya terlebih dahulu. Atau mungkin salah klik,  misalnya tujuannya klik Save malah yang di-klik Don't Save, maka dokumen tersebut akan disimpan sementara pada folder temporarily.

Dalam kasus ini ketika kita membuka kembali aplikasi Office, pekerjaan kita yang tidak disimpan tersebut tidak akan terlihat secara langsung di bilah Document Recovery, karena dokumen tersebut akan tersimpan di folder temporarily.

Cara mengembalikan dokumen yang belum disimpan dalam kasus di atas adalah dengan cara sebagai berikut:
  • Silakan buka Word atau Excel atau PowerPoint sesuai kebutuhan
  • Klik tab File > klik menu Info > klik tombol Manage Document (untuk dokumen Word), Manage Workbook (untuk dokumen Excel) atau Manage Presentation (untuk dokument PowerPoint)
  • Pada menu pilihan yang tampil seperti di bawah ini, silakan pilih pada Recover Unsaved Documents
Cara Mengembalikan Dokumen yang Belum Disimpan

  • Pada jendela dialog Open yang muncul, akan terlihat semua dokumen yang tidak tersimpan
Cara Mengembalikan Dokumen yang Belum Disimpan

  • Silakan pilih dokumen yang mau dikembalikan, kemudian klik tombol Open
Maka dengan cara ini sekarang dokumen pekerjaan anda telah kembali berada di lembar kerja, silakan perbaiki jika ada yang perlu diedit, setelah itu silakan simpan sebagaimana biasanya, agar bisa dibuka lagi dengan cara yang normal.




    Cara Setting Save AutoRecover

    Microsoft Office memiliki fitur Save AutoRecover yaitu penyimpanan otomatis secara berkala berdasarkan durasi waktu tertentu. Default-nya durasi penyimpanan secara berkala bawaan Microsoft Office adalah 10 menit. Artinya Microsoft Office (Word, Excel, PowerPoint dan yang lainnya) akan menyimpan pekerjaan kita setiap 10 menit, walaupun kita tidak klik Save.

    Jadi jika komputer atau Microsoft Office tiba-tiba mati, maka pekerjaan kita yang tersimpan secara otomatis adalah pekerjaan yang kita kerjakan 10 menit terakhir.

    Jika aplikasi atau komputer anda sering mati tiba-tiba, maka durasi penyimpanan otomatis 10 menit tersebut terlalu lama, karena akan terlalu banyak pekerjaan yang tidak tersimpan otomatis mana kala terjadi trouble.  Solusinya ubah durasi penyimpanan otomatis menjadi lebih pendek, misalnya 5 menit atau 2 menit. 

    Cara mengubahnya (sebagai contoh pada Microsoft Word):
    • Klik tab File, kemudian klik pada menu Options, maka akan muncul kotak dialog Word Options seperti di bawah ini
    Cara Mengembalikan Dokumen yang Belum Disimpan

    • Silakan klik pada menu Save
    • Pada bagian Save AutoRecover information every, silakan ganti angka 10 sesuai keinginan, misalnya dua (2)
    • Klik tombol OK
    Maka dengan memilih angka yang lebih kecil misalnya dua, maka penyimpanan otomatis secara berkala akan terjadi setiap 2 menit sekali. Dengan memilih angka yang lebih kecil maka kemungkinan pekerjaan hilang gara-gara trouble semakin kecil.

    Baca juga:

    Demikian tutorial lengkap Cara Mengembalikan Dokumen Kerja yang Belum Disimpan. Semoga tutorial ini bermanfaat, jika ada saran atau pertanyaan silakan tuliskan dalam komentar. Dengan senang hati BossTutorial akan membalas secepat yang kami bisa.

    Terimakasih sudah mampir ke blog TUTORIAL LENGKAP di www.bosstutorial.com



    Previous
    « Prev Post

    Artikel Menarik Lainnya

    Cara Mengembalikan Dokumen yang Belum Disimpan
    4/ 5
    Oleh

    Post a Comment