Cara Mendapatkan Windows 10 Resmi Secara Gratis




Tidak bisa dipungkiri lagi kalau sekarang ini yang menguasai dunia dalam hal operating system untuk laptop dan PC adalah Windows. Saat ini versi Windows yang masih banyak digunakan yaitu Windows 7, 8 dan 10. Jika sebelum tahun 2017 Windows 7 masih menjadi yang terbanyak digunakan orang, namun sekarang perlahan tapi pasti, Windows 10 telah meraih peringkat pertama sebagai sistem operasi yang paling banyak digunakan orang di dunia, mengalahkan Windows 7 apalagi Windows 8 yang semakin jeblok.

Cara Mendapatkan Windows 10 Resmi Secara Gratis

Keberhasilan ini tak lepas dari strategi Microsoft Corporation yang telah menawarkan secara gratis upgrade dari Windows 7 dan Windows 8 ke Windows 10. Berdasarkan laporan dari perusahaan analis web StatCounter, pada bulan Desember 2017 saja Windows 10 sudah terinstall di 600 juta perangkat di seluruh dunia.

Cara Mendapatkan Windows 10 yang Legal dan Gratis

Bagi anda yang setia menggunakan Windows, baik Windows 7 dan 8 yang original maupun Windows 10 hasil copy atau bajakan, ada beberapa trik dan cara untuk beralih ke Windows 10 yang Legal secara gratis tanpa membeli lisensi sepeser pun.

Berikut adalah beberapa cara beralih ke Windows 10 secara Legal dan gratis:

1. Aktivasi Menggunakan Serial Number Windows Lama

Salah satu penyebab pengguna Windows perorangan di Indonesia masih banyak yang  menggunakan Windows bajakan, mungkin karena harganya yang cukup mahal untuk ukuran orang Indonesia. Harga Windows 10 full DVD saat ini berkisar antara Rp 1.500.000,00 sampai Rp 2.500.000,00

Jika anda tidak mampu untuk membelinya, sebaiknya jangan lantas menggunakan Windows 10 bajakan kemudian mengaktivasinya dengan program Aktivator ilegal, karena walaupun Windows anda bisa beroperasi dengan baik, tapi tetap saja itu ilegal.

Cara Mendapatkan Windows 10 Resmi Secara Gratis
Contoh Serian Number Windows 8.1

Cara aktivasi Windows 10 bajakan agar menjadi legal, carilah Serial Number Windows 7 atau Windows 8, baik yang ada di cover DVD Windows maupun yang sudah nempel di bodi atau casing komputer lama, kemudian gunakan SN Windows lama tadi saat melakukan aktivasi.

Langkah-langkah cara aktivasi Windows 10 dengan Serial Number Windows lama adalah sebagai berikut:
  • Klik pada Start Menu, kemudian pilih Setting
  • Klik pada menu Update & Scurity
  • Klik pada Activation
Cara Mendapatkan Windows 10 Resmi Secara Gratis

  • Pada kotak dialog Activation, klik pada Change product key
  • Pada kotak dialog Product Key, silakan masukkan Serial Number Windows 7 atau Windows 8 yang anda dapatkan
Cara Mendapatkan Windows 10 Resmi Secara Gratis

  • Klik tombol OK, ikuti intsruksi langkah-langkah selanjutnya sampai selesai

    2. Upgrade Gratis Secara Online

    Bila anda memilih cara upgrade  dari Windows 7 atau Windows 8 ke Windows 19 secara online langsung ke website Microsoft, usahakan koneksi internet anda harus stabil dan memiliki kecepatan yang tinggi serta bandwidth yang cukup. Sebab jika di tengah-tengah upgrade koneksi internet putus, biasanya kita harus kembali dari awal lagi.





    Keuntungan dengan cara upgrade, maka seluruh aplikasi dan data yang ada di drive C atau di drive di mana Windows lama diinstall, tidak akan terganggu. Kerugiannya Windows 10 hasil upgrade akan terasa lambat karena semua file-file sampah, cache dan temporary akan tetap ada.

    Cara untuk upgrade Windows 7 atau 8 ke Windows 10, bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi yang dikeluarkan oleh Microsoft seperti di bawah ini:
    • Menggunakan aplikasi “Get Windows 10”
    • Menggunakan Windows 10 Media Creation Tool
    Cara Mendapatkan Windows 10 Original Secara Gratis

    Silakan download terlebih dahulu salah satu aplikasi tersebut jika anda berniat upgrade dari Windows 7 atau 8 ke Windows 10.

    3. Cara Mendapatkan Windows 10 Resmi dengan Email Sekolah/Kampus

    Bagi pelajar, mahasiswa, guru, dosen atau tenaga kependidikan lainnya, anda bisa mendapatkan Windows 10 resmi secara gratis, dengan syarat harus memiliki email sekolah atau kampus seperti ini: namaanda@namasekolah.sch.id (Contoh: dodi@smpn1gp.sch.id) atau namaanda@namakampus.ac.id (Contoh: dodi@unpakbogor.ac.id). Untuk mendapatkan email sekolah atau kampus anda bisa menghubungi admin website di sekolah atau kampus masing-masing.

    Caranya sebelum melakukan install, anda harus membuat dulu akun Microsoft. Pada saat pendaftaran untuk membuat akun gunakan email sekolah atau email kampus yang sudah anda miliki tadi.

    Sekarang silakan install Windows 10 hasil copyan atau bajakan seperti biasa, boleh dari DVD atau pun dari flash disk bootable. Pada saat melakukan install laptop atau PC anda harus terkoneksi ke internet.
    Cara Mendapatkan Windows 10 Resmi Secara Gratis

    Setelah semua file instalasi Windows tercopy ke komputer, pada saat konfigurasi, pilih gunakan akun Microsoft dan pada kolom yang tersedia masukkan email sekolah atau email kampus yang sama dengan yang anda gunakan saat mendaftar membuat akun Microsoft. Selajutnya silakan lakukan konfigurasi sesuai dengan keinginan anda.

    Tutorial lengkap langkah demi langkah cara mendapatkan Windows 10 legal dan gratis dengan Email sekolah atau email kampus, akan kami bahas dalam artikel terpisah.




    Demikian tutorial lengkap Cara Mendapatkan Windows 10 Original Secara Gratis, semoga tutorial ini ada manfaatnya. Jika ada saran, kritik atau pertanyaan silakan tuliskan dalam komentar. Dengan senang hati BossTutorial akan membalas secepat yang kami bisa.


    Terimakasih sudah mampir ke blog TUTORIAL LENGKAP di www.bosstutorial.com



    Previous
    « Prev Post

    Artikel Menarik Lainnya

    Cara Mendapatkan Windows 10 Resmi Secara Gratis
    4/ 5
    Oleh

    2 comments

    11 September 2019 at 19:44 delete

    Intinya tidak murah.

    2 September 2019 at 18:59 delete

    intinya harus bayar hhe

    Post a Comment