Cara Mengatasi Slide Presentasi PowerPoint yang Berantakan





Mungkin di antara teman-teman pernah mengalami kejadian seperti ini, yaitu begitu presentasi PowerPoint dibuka tiba-tiba yang tampil di layar jadi berantakan. Jenis font jadi berubah, tata letaknya jadi kacau, objek dan gambar jadi bergeser dan lain-lain. Intinya slide presentasi PowerPoint yang kita buat sebelumnya dengan sangat rapi, indah dan menarik, namun tiba-tiba isi presentasi jadi kacau, berantakan tidak karuan.

Solusi Cara Mengatasi Slide PowerPoint Berantakan

Penyebab isi slide presentasi berantakan seperti di atas pada umumnya terjadi jika kita berganti laptop atau PC saat membukanya. Berikut adalah solusi mengatasi presentasi PowerPoint yang berantakan.

Cara Mengatasi Jenis Font yang Berubah

Berubahnya  jenis font ketika anda membuka slide presentasi PowerPoint dari media penyimpanan eksternal seperti flashdisk dan sejenisnya, diakibatkan tidak terinstallnya jenis font yang sama pada laptop atau pc yang anda gunakan untuk membuka slide presentasi PowerPoint tersebut. 

Dalam kasus seperti ini PowerPoint akan secara otomatis mencarikan font alternatif sebagai penggantinya. Akibatnya karena font tersebut diganti dengan jenis font yang berbeda, maka yang nampak pada presentasi PowerPoint jadi berantakan.

Solusi mengatasi font yang berubah pada presentasi PowerPoint ada beberapa cara yang bisa kita lakukan, seperti berikut ini:

1. Aktifkan Embed Font

Dengan mengaktifkan fitur Embed Font sebelum presentasi PowerPoint disimpan ke media penyimpanan eksternal, maka seluruh jenis font yang digunakan dalam desain presentasi tersebut akan ikut ditanamkan atau disertakan ke dalam nama file presentasi itu. Jadi ketika presentasi tersebut dibuka di laptop atau PC yang berbeda walaupun tidak terinstall font yang sama dengan yang ada di desain presentasi, tetap akan tampil normal tanpa adanya font yang berubah.

Berikut adalah langkah-langkah embed font untuk mengatasi huruf yang berubah pada presentasi PowerPoint:

  • Klik tab File jika anda menggunakan PowerPoint versi 2013 atau versi di atasnya
  • Klik ikon Microsoft Office yang ada di pojok kiri atas jika anda menggunakan PowerPoint versi 2010 atau 2007
  • Pada jendela dialog yang muncul klik pada menu Option yang ada di paling bawah, maka akan muncul kotak dialog PowerPoint Option seperti di bawah ini
Solusi Cara Mengatasi Slide PowerPoint Berantakan

  • Klik menu Save yang ada di sebelah kiri
  • Beri tanda ceklis pada Embed fonts in the file yang ada di kotak utama paling bawah
Di bagian Embed fonts in the file di bawahnya terdapat dua pilihan yaitu:
  • Embed only the characters used in the presentation. Jika ini yang dipilih maka hanya jenis font yang kita gunakan pada presentasi yang bersangkutan yang akan ikut di tanamkan
  • Embed all characters. Jika bagian ini yang dipilih, maka seluruh jenis font yang ada di komputer semuanya akan ikut ditanamkan pada file presentasi tersebut. Hal ini akan mengakibatkan ukuran file presentasi kita jadi membengkak karena semua jenis font akan ikut disertakan dalam file tersebut.
Jadi yang terbaik pilih saja Embed only the characters used in the presentation. 






2. Install Font yang Sesuai

Cara kedua yang bisa dilakukan untuk mengatasi font berubah pada presentasi PowerPoint yaitu dengan menginstall jenis font yang ada di presentasi kita pada laptop atau pc yang akan digunakan untuk membuka presentasi PowerPoint tersebut.

Silakan baca juga Artikel terkait lainnya:







Mengatasi Slide Berantakan karena Versi PowerPoint Berbeda

Jika anda membuat slide presentasi pada PowerPoint versi 2019 kemudian anda membukanya pada versi jauh di bawahnya misalnya versi 2010, kemungkinan besar slide presentasi tersebut akan berantakan. Hal ini disebabkan fitur-fitur yang ada di PowerPoint 2019 yang anda gunakan tidak tersedia di PowerPoint versi sebelumnya.

1. Save dengan type PowerPoint 97-2003 Presentation

Untuk mengatasi isi slide yang berantakan tersebut yaitu dengan cara memilih mode PowerPoint 97-2003 Presentation saat menyimpan atau Save.

Berikut langkah-langkah cara menyimpan ke mode PowerPoint 97-2003 Presentation:

  • Klik Save As
  • Pilih lokasi drive untuk menyimpan, misalnya di My Document
  • Pada kotak dialog Ave As, tuliskan nama dokumen ppt pada bagian File name
Solusi Cara Mengatasi Slide PowerPoint Berantakan

  • Di bagian bawah File Name yaitu pada bagian Save as type ganti atau ubah menjadi PowerPoint 97-2003 Presentation
  • Kemudian klik tombol Save




2. Save ke Dalam Type PowerPoint Picture Presentation

Untuk mengatasi isi slide yang berantakan karena perbedaan versi bisa dengan cara menyimpan ke dalam tipe PowerPoint Picture Presentation

Berikut langkah-langkah cara menyimpan ke mode PowerPoint Picture Presentation:
Solusi Cara Mengatasi Slide PowerPoint Berantakan

  • Di bagian bawah File Name yaitu pada bagian Save as type ganti atau ubah menjadi PowerPoint Picture Presentation
  • Kemudian klik tombol Save
Dengan menyimpan ke type picture, presentasi anda tidak bisa diedit, kemudian jika ada animasi dalam desain PowerPoint anda, animasi tersebut tidak bisa tampil berjalan, namun masih bisa dibuka dengan aplikasi PowerPoint.

3. Save ke Dalam Type File PDF

Untuk mengatasi isi slide presentasi yang berantakan bisa juga dengan cara menyimpan ke type file PDF.

Berikut langkah-langkah cara menyimpan ke type file PDF:
Solusi Cara Mengatasi Slide PowerPoint Berantakan

  • Di bagian bawah File Name yaitu pada bagian Save as type silakan pilih PDF
  • Kemudian klik tombol Save
Kelemahannya presentasi PowerPoint anda menjadi permanen dan tidak bisa diedit dengan aplikasi PowerPoint lagi bahkan dengan aplikasi editor PDF pun akan sulit. Dan presentasi anda tidak bisa dibuka menggunakan PowerPoint, melainkan harus dibuka dengan aplikasi khusu untuk membuka PDF seperti Adobe Acrobat Reader, Microsoft Edge atau yang lainnya.





Mengatasi Slide Presentasi Berantakan karena Virus

Bila terjadi presentasi PowerPoint anda saat dibuka jadi berantakan, padahal anda membukanya pada laptop atau pc yang sama, versi PowerPoint juga sama serta jenis font yang digunakan juga sudah terinstall, kemungkinan terbesarnya adalah file tersebut rusak karena virus.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membasmi virus tersebut dari laptop anda dan semua media penyimpanan yang pernah terkoneksi dengan perangkat anda tersebut. Lebih baik jika anda menggunakan software anti virus berbayar.

Langkah ini biasanya tidak akan mampu mengembalikan file presentasi PowerPoint anda yang rusak menjadi normal kembali. Untuk mengembalikan atau memperbaiki file yang rusak gunakan aplikasi khusus untuk memperbaiki file rusak yaitu File Repair. Silakan cari di internet banyak sekali jenis File Repair baik yang berbayar maupun yang gratis.

Hasil dari File Repair tidak ada yang menjamin 100% bisa kembali normal seperti semula. Hal ini sangat tergantung tingkat kerusakan yang dialami oleh file presentasi PowerPoint anda. Jika hasil repair tersebut masih bisa menampilkan slide presentasi walaupun masih sedikit berantakan anda tinggal mengedit kembali secara manual.

Bila anda membutuhkan Video Tutorial dengan narasi Bahasa Indonesia seputar Tips dan Trik Cara Membuat Presentasi PowerPoint, silakan KLIK DI SINI!

Demikian tutorial lengkap Solusi Cara Mengatasi Slide Presentasi PowerPoint Berantakan, semoga tutorial ini bermanfaat. Jika ada saran, keritik atau pertanyaan, jangan sungkan untuk menuliskannya di kolom komentar. Dengan senang hati BossTutorial akan membalas secepat yang kami bisa.

Terimakasih sudah mampir ke blog TUTORIAL LENGKAP di www.BossTutorial.com



Previous
« Prev Post

Artikel Menarik Lainnya

Cara Mengatasi Slide Presentasi PowerPoint yang Berantakan
4/ 5
Oleh

Post a Comment