Cara Cari Duit Mana yang Lebih Gampang: YouTube atau Blog





Cara cari duit gratis dari internet yang paling gampang dan yang paling mungkin bagi semua orang adalah dengan bergabung bersama Raja Internet dunia yaitu Google. Google begitu banyak memberikan peluang dan kesempatan bagi semua orang di dunia terutama mereka yang telah memiliki akun Google untuk mendapatkan bagian dari sebagian penghasilan triliunan Google.

Cara Cari Duit Mana yang Lebih Gampang


Pada kuartal pertama (Januari sampai dengan Maret) tahun 2018. Alphabet yang merupakan Induk perusahaan Google membukukan pendapatan sebesar 31,15 miliar dollar AS atau sekitar Rp 433 triliun. Dari jumlah tersebut Rp 370 triliun berasal dari iklan. Dari jumlah pendapatan iklan inilah yang sebagian besarnya dibagikan kepada mereka yang telah memiliki akun Adsense Google seperti para YouTuber, Blogger, para pembuat App Play Store dan lain sebagainya.

Jika teman-teman ingin merasakan cipratan empuknya pundi-pundi dollar yang dibagikan Google, tentu kita harus berkontribusi terhadap eksistensi Google. Bisa dengan membuat Channel di YouTube, membuat blog, membuat aplikasi Android di PlayStore atau cara lain yang disediakan Google.

Pertanyaanya, mana yang lebih cepat cara mendapatkan uang dari Google, apakah melalui YouTube, blog, App Play Store, atau yang lainnya.

Sebagai gambaran jawaban dari pertanyaan di atas, saya akan membeberkan pengalaman saya sendiri yang sedikit telah merasakan susah dan senangnya mendapatkan uang dari internet melalui Google, baik itu dari blog saya www.bosstutorial.com yang sedang anda baca ini, maupun dari Channel Pakar Tutorial di YouTube ( www.youtube.com/pakartutorialOK )





Liku-Liku Mendapatkan Uang dari Blog

Blog saya ini dibuat pada tanggal 9 Januari 2016, namun saat itu saya tidak serius memposting artikel ke dalam blog ini. Baru mulai serius memposting artikel pada tanggal 12 Februari 2017 melalui artikel pertama saya yaitu: Cara Membuat Ulangan Online Tanpa Software.

Setelah jumlah postingan ada sekitar sepuluh artikel dengan jumlah tayang (view) sekitar 50 sampai 60 perhari, saya coba untuk mendaftarkannya ke Google Adsense. Tiga hari kemudian pada tanggal 2 Maret 2017, saya terima email jawaban atas pengajuan tersebut dari Google Adsense. Jawabannya blog ini DITOLAK untuk mendapatkan iklan, dengan alasan ada trafik pengunjung yang mencurigakan dan bla-bla-bla.
Cara Cari Duit Mana yang Lebih Gampang

Saya pantang menyerah sebelum mencoba kembali. Blog saya perbaiki, artikel terus diperbanyak dan kualitasnya ditingkatkan. Untuk mendongkrak jumlah pengunjung ke blog, setiap artikel yang diposting saya share ke berbagai media sosial terutama Facebook. Dan saya banyak belajar tentang SEO untuk meningkatkan eksistensi blog BossTutorial.com ini.

Setelah enam bulan sejak ditolak, saya coba daftarkan kembali blog ini ke Google Adsense yaitu sekitar akhir September 2017. Dan di blog ini saat itu telah ada sekitar dua puluh lebih artikel serta jumlah tayang perhari berada di sekitar angka 200-an.

Sebulan kemudian tepatnya pada tanggal 13 Oktober 2017, baru mendapat jawaban atas pengajuan yang ke dua kalinya tersebut. Dan Alhamdulillah isi email dari Google Adsense seperti di bawah ini yang berarti blog bosstutorial.com diterima untuk menjadi rekanan Google dan diperbolehkan memasang iklan milik Google Adsense.

Cara Cari Duit Gampang


Liku-Liku Mendapatkan Uang dari YouTube

Di samping blog saya juga memiliki Channel YouTube yaitu Channel Pakar Tutorial dengan URL www.youtube.com/pakartutorialOK

Usia channel Pakar Tutorial terbilang baru, karena baru dibuat pada tanggal 21 Agustus 2017 (Untuk melihatnya silakan klik link berikut: https://www.youtube.com/channel/UCfBchRPLSxroNHm4qoa3p1A/about) dengan video pertama yang saya upload yaitu Video Tutorial Cara Membuat Presentasi PowerPoint yang Baik dan Menarik dengan link video: https://youtu.be/_ecS7GaDbVo yang diupload pada tanggal 22 Agustus 2017.





Mengelola cahnnel YouTube menurut pendapat saya jauh lebih mudah dari pada mengelola blog, maka dari itu sejak channel tersebut dibuat saya serius mengelolanya. Di YouTube tidak terlalu banyak membutuhkan teknik dan pengetahuan SEO. Dan yang terutama di YouTube tidak terlalu banyak aturan, tidak seperti di blogger yang memiliki segudang ketentuan pengaturan.

Pada saat itu sebelum Februari 2018 untuk melakukan monetisasi channel YouTube, syaratnya cukup mudah yaitu hanya dengan minimal jumlah 10.000 tayang dari keseluruhan video yang ada di channel kita. Tanpa persyaratan jumlah subscriber. Maka dari itu sejak November 2017 di Channel saya Pakar Tutorial telah ada tayangan iklannya, walaupun pada saat itu jumlah subscriber masih berada di kisaran 20-an

Dengan diberlakukannya peraturan YouTube pada tanggal 20 Februari 2018, bahwa persyaratan monetisasi channel minimal memiliki 1000 subscriber dan minimal memiliki jam tayang 4.000 jam atau 240.000 menit, maka channel saya pun terkena imbasnya. Penayangan iklan di channel saya dihentikan karena jumlah Subscriber baru mencapai 112 walau jam tayangnya sudah di atas 4000 jam.

Cara Cari Duit Mana yang Lebih Gampang

Seperti disebutkan di atas saya termasuk orang yang pantang menyerah. Jika orang lain bisa kenapa saya tidak, begitu barangkali penyemangat ketika di-PHK YouTube. Dengan penuh semangat saya pun mencoba berbagai cara yang halal (maksudnya cara yang tidak melanggar ketentuan YouTube) untuk mendapatkan 1000 subscriber dengan cepat agar bisa mengajukan monetisasi kembali untuk Channel Pakar Tutorial.


Perjuangan saya tidak sia-sia, akhirnya pada tanggal 18 Maret 2018, berarti dalam kurun waktu kurang dari dua bulan saya berhasil mengumpulkan 1000 subscriber dan email otomatis dari Creator YouTube yang berisi ucapan Selamat pun saya buka dengan semangat.
Cara Mendapatkan Duit Google


Namun perjuangan untuk mendapatkan uang gratis dari YouTube belum cukup sampai 1000 subscriber saja. Nyatanya setelah saya mengajukan monetisasi ulang pada tanggal 19 Maret 2018 yang katanya (berdasarkan ketentuan monetisasi YouTube) akan dijawab paling lambat dua minggu, namun nyatanya jawaban tersebut tidak kunjung masuk inbox.

Jujur, setelah dua bulan lebih belum juga ada tanggapan atas pengajuan monetisasi, saya mulai berfikir mungkin ada yang salah dengan subscriber yang saya dapatkan untuk channel Pakar Tutorial. Tapi saya fikir lagi kalau ditolak tentu harus ada email penolakan tersebut. Pada masa-masa penuh kebimbangan saya tetap berusaha membuat content video yang original, baik dan berkualitas.
Cara Mendapatkan Duit YouTube


Akhirnya setelah menunggu 3 bulan 3 hari, tepatnya pada tanggal 22 Juni 2018 Channel Pakar Tutorial akhirnya disetujui kembali untuk menayangkan iklan. Jadi kalau dihitung sejak monetisasi sampai sekarang 18 Desember 2018, Channel Pakar Tutorial baru berusia setengah tahun.





Perbandingan Data dan Pendapatan Blog dan YouTube

Data ini dimuat semata-mata untuk membantu teman-teman yang ingin mendapatkan penghasilan dari internet melalui Google Adsense, mana yang lebih mudah dan cepat mendapatkan uangnya. Karena saya masih pemula (Newbie) tentu data ini tidak mutlak sama pada setiap blogger dan YouTuber, namun setidaknya teman-teman bisa membandingkan mana yang lebih cepat cara untuk mendapatkan uang, blog atau YouTube.

Data ini diambil pada tanggal 18 Desember 2018
Blog: BossTutorial.comChannel YouTube Pakar Tutorial
Tanggal Pembuatan9 Januari 201621 Agustus 2017
Pengajuan Monetisasi25 Februari 201719 Maret 2018
Disetujui Monetisasi13 Oktober 201722 Juni 0208
Jumlah Content134 artikel69 Video
Jumlah Tayang Harian4.349/hari7078/hari
Jumlah Total Tayang870.0101.395.768
Jumlah Pelanggan499 Pollower9.342 Subscriber
Peringkat Global (Alexa)513.778-
Peringkat di Indonesia7.283-
Pendapatan Bulan LaluIDR 1.641.500USD 145
Pendapatan Bulan TerakhirIDR 1.847.000USD 160

Berikut screenshot yang diambil dari YouTube Channel Pakar Tutorial:
Cara Mendapatkan Duit YouTube














Sedangkan data berikut diambil dari Ceksite.com
Cara Cepat Mendapatkan Duit YouTube
Cara Mendapatkan Penghasilan dari Blogger























Screenshot di bawah ini diambil dari dasboard blogger BossTutorial.com













Kemudahan dan Kesulitan Blog dan YouTube

Setiap orang tentu mempunyai penilaian masing-masing terhadap kesulitan dan kemudahan yang mereka hadapi ketika ingin mendapatkan uang dari blog. Berikut adalah beberapa faktor penting yang saya alami sebagai blogger pemula (Newbie).

Kemudahan Ngeblog:

  • Tidak memerlukan modal
  • Cocok bagi mereka yang pendiam
  • Sangat cocok bagi mereka yang punya hobi menulis
  • Tidak memerlukan keahlian yang khusus tentang Editing
  • Untuk monetisasi tanpa syarat subscriber dan jumlah tayang yang tinggi
  • Tanggapan atas pengajuan monetisasi cepat
  • Terdapat dua pilihan platform yaitu Blogger dan Wordpress


Kemudahan YouTube:

  • Sangat cocok bagi mereka yang narsis
  • Objek bahan content yang banyak berlimpah
  • Cocok bagi mereka yang suka utak-atik kamera
  • Tidak memerlukan keahlian menulis
  • Tidak perlu memikirkan atau membeli domain
  • Tidak diperlukan keahlian SEO yang tinggi
  • Iklan akan tampil otomatis jika sudah dimonetisasi

Kesulitan Ngeblog:

  • Harus memahami teknik SEO (Search Engine Optimization)
  • Banyak ketentuan yang ditetapkan oleh blogger
  • Iklan tidak otomatis muncul di blog
  • Pengaturan dan penempatan iklan yang banyak aturannya
  • Meningkatkan trafik pengunjung lebih susah


Kesulitan YouTube:



  • Mesti memiliki kamera
  • Memerlukan keahlian editing video
  • Persyaratan monetisasi yang cukup berat bagi pemula
  • Tanggapan atas pengajuan monetisasi lama
Dari uraian pengalaman saya di atas, jelas menurut saya sendiri mencari uang dengan blog jauh lebih sulit ketimbang mendapatkan dollar dari YouTube. Sengaja informasi ini saya share, agar teman-teman yang mau cari tambahan penghasilan lebih mudah memilih mana yang lebih gampang dan lebih menguntungkan. 

Semoga share pengalaman di atas bermanfaat, jika ada saran atau pertanyaan jangan sungkan untuk menuliskannya di dalam komentar. Dengan senang hati BossTutorial akan membalas secepat yang kami bisa.

Terimakasih telah mampir ke blog TUTORIAL LENGKAP di www.bosstutorial.com




Previous
« Prev Post

Artikel Menarik Lainnya

Cara Cari Duit Mana yang Lebih Gampang: YouTube atau Blog
4/ 5
Oleh

3 comments

27 December 2018 at 11:13 delete

pawangbisnis.com

26 December 2018 at 17:47 delete

@Muhammad RifqiMantaaaaaab, amiiiin. Setelah blog buat Channel YouTube biar lebih besar peluangnya mendapatkan penghasilan.

Nama blognya apa?

24 December 2018 at 21:25 delete

mantap pak artikelnya, kebetulan saya murid bapak dulu di satoe. Saya mulai membuat blog karena waktu itu ada tugas buat blog dari bapak, sekarang saya serius menekuni blog dan alhamdulillah blog saya baru aja diterima google adsense. Bisa dilihat pak blog saya barangkali ada yang perlu dikoreksi, bermanfaat bgt blog bapak banyak artikel cari uang di internet yang mulai menghasilkan buat saya...semoga bapak selalu sehat

Post a Comment