Cara Menulis Naskah Super Cepat dengan Google Translate




Bagi anda yang ingin mengetik naskah yang banyak, seperti membuat skripsi, tesis, atau karya tulis lainnya, namun anda tidak memiliki keterampilan teknik mengetik cepat dengan 10 jari, jangan putus asa. Ada alternatif lain yang lebih mudah, lebih cepat dan lebih praktis.

Cara Cepat Mengetik Naskah

Pilihannya dengan cara dipindai (scan) atau dengan memanfaatkan Google Translate. Jika anda memilih untuk di-scan, selain anda harus memiliki perangkat scanner, juga teks yang mau di-scan harus benar-benar jelas. Sebab, kalau teksnya buram apalagi berupa tulisan tangan, hasil scanning malah lebih sulit untuk diedit.

Alternatif kedua yang lebih mudah adalah dengan memanfaatkan Google Translate untuk membuat atau mengetik naskah dengan cepat. Hasilnya dijamin, anda akan mengetik dengan sangat cepat, bahkan lebih cepat dengan orang yang telah memiliki keterampilan mengetik 10 jari sekalipun. Anda penasaran apa dan bagaimana caranya? 

Cara Mengetik Cepat Naskah dengan Google Translate

Mungkin anda sudah pernah atau bahkan sering menggunakan Google Translate untuk menerjemahkan dari satu bahasa ke bahasa yang lainnya, namun barangkali tidak semua orang  mengetahuinya bahwa Google Translate bisa dimanfaatkan untuk mengubah suara menjadi tulisan atau teks. Artinya kita juga bisa mengetik naskah secara cepat dengan memanfaatkan Google Translate tersebut




Berikut langkah-langkah mengetik naskah cepat dengan memanfaatkan Google Translate
  • Silakan buka browser kesayangan anda, dalam tutorial ini BossTutorial menggunakan Chrome
  • Silakan masuk ke Google.com
  • Pada halaman Google, klik menu Google Apps yang ada di pojok kanan atas, kemudian klik Terjemahan yang ada di bawah.
Cara Cepat Mengetik Naskah
Menu Google Apps

  • Maka anda akan masuk ke halaman Google Translate seperti di bawah ini.
Cara Cepat Mengetik Naskah
Halaman Google Translate

  • Silakan pilih bahasa yang akan digunakan, misalnya Bahasa Indonesia
  • Untuk hasil terbaik gunakan mikrofon dan pasang (colokkan) pada socket jack yang berwarna merah, biasanya ada gambar mic
  • Sedangkan bagi anda yang menggunakan laptop, di bagian atas layar sudah disediakan mikrofon
  • Untuk mulai merekam silakan klik icon yang bergambar mic yang ada di bagian bawah dan bersamaan dengan itu ikon mic akan berubah menjadi tombol bulat warna merah, yang menandakan Google Translate siap merekam
  • Jika keluar kotak Notifikasi seperti di bawah ini, klik saja Izinkan
Cara Cepat Mengetik Naskah

  • Silakan ucapkan kalimat yang ingin anda ketikan
  • Setiap kata yang anda ucapkan akan muncul di halaman Google Translate
  • Jika sudah selesai silakan klik lagi tombol bulat berwarna merah tadi
Cara Cepat Mengetik Naskah
Tombol Speak Now yang menandakan Google Translate siap merekam

  • Silakan copy semua teks hasil rekaman suara anda tadi, anda bisa menyalin ke Microsoft Word, NotePad atau aplikasi yang lainnya
  • Setelah naskah masuk ke Word, silakan edit, karena biasanya ada beberapa teks yang salah yang diakibatkan ucapan kita kurang pas saat direkam
Karena Google Translate tidak bisa menerima perintah pembuatan tanda baca secara langsung seperti titik, koma, titik dua dan lain sebagainya, maka ketika anda akan membuat tanda baca tersebut ucapkan saja sesuai dengan tanda baca yang anda inginkan. Seperti teks di bawah ini misalnya:

"manfaat lain dari Google Translate di antaranya titik dua menerjemahkan ke berbagai bahasa koma mengubah suara menjadi tulisan koma mengetik cepat sebuah naskah koma membuat tulisan cepat koma dan lain sebagainya titik"




Teks di atas merupakan hasil copy dari halaman Google Translate ke dalam Microsoft Word. Agar kata "titik dua", "koma" dan "titik" menjadi lambang tanda baca yang sesungguhnya, silakan diedit. Cara edit naskah dengan cepat pada Word adalah sebagai berikut:
  • Setelah naskah di-copy ke Word, silakan klik pada menu Replace pada grup Editing yang ada di pojok atas kiri
Cara Cepat Mengetik Naskah

  • Pada kotak dialog yang muncul pilih pada bagian Replace
  • Pada kotak area Find What, silakan ketikan teks yang mau diganti, misalnya: titik dua
  • Pada kotak area Replace with, silakan masukan tanda baca titik dua (:) seperti gambar di bawah ini
Cara Cepat Mengetik Naskah

  • Kemudian klik pada Replace All
  • Pada kotak dialog konfirmasi yang muncul klik saja OK
Lakukan cara di atas ini untuk mengganti teks tanda baca yang lainnya. Setelah semua diganti (replace) maka hasil teksnya akan seperti berikut ini:

manfaat lain dari Google Translate di antaranya : menerjemahkan ke berbagai bahasa , mengubah suara menjadi tulisan , mengetik cepat sebuah naskah , membuat tulisan cepat , dan lain sebagainya .

Setelah teks tanda baca diganti dengan lambang tanda baca yang sesungguhnya kita tinggal merapikan bagian lainnya.

Penting 
Untuk cara edit teks tanda baca agar terhindar dari kekeliruan mengganti (replace), mulailah mengganti teks tanda baca yang memiliki dua kata, seperti "titik dua", "titik koma", "dobel kutip", "garis miring" dan sebagainya, setelah itu barulah ke teks tanda baca satu kata seperti "koma", "titik", "strip" dan sebagainya

Kekurangan dan Kelebihan Mengetik Cepat Naskah dengan Google Translate

Google Translate hanya mampu merekam sebanyak 5000 kata, jadi jika sudah mencapai angka tersebut silakan di-copy dulu ke Word, baru kemudian merekam lagi pada lembar halaman baru. Kelebihan dari Google Translate anda bisa mengubah teks hasil rekaman suara anda ke berbagai bahasa di dunia.

Demikian tutorial lengkap bagaimana Trik Cara Menulis Naskah Cepat dengan memanfaatkan Google Translate. Semoga Tutorial ini bermanfaat.

Terimakasih sudah mampir ke blog TUTORIAL LENGKAP di www.bosstutorial.com




Previous
« Prev Post

Artikel Menarik Lainnya

Cara Menulis Naskah Super Cepat dengan Google Translate
4/ 5
Oleh

Post a Comment