Mengenal Perangkat Keras Komputer





Pengertian Perangkat Keras Komputer 
Komputer merupakan perangkat teknologi informasi yang sangat penting. Peranannya dalam proses pengolahan, penyimpanan, dan penyajian informasi sangat besar. Pengenalan dan kemampuan mengoperasikan komputer sudah menjadi kebutuhan yang tak terelakkan di zaman teknologi informasi ini. Komputer dapat kita jalankan karena terdapat berbagai komponen yang saling bekerja sama. Komponen komputer yang dapat kita lihat secara fisik, dapat dipegang atau pun dipindahkan disebut perangkat keras komputer atau disebut hardware. 

Perangkat Keras Komputer

Jenis dan Fungsi: 
Perangkat keras Komputer dapat dibagi menjadi tiga bagian berdasarkan cara kerjanya mengolah data. Data berasal dari kata datum yang berarti fakta (kenyataan), yaitu suatu peristiwa yang diambil dari suatu kejadian dan mengandung nilai yang sangat berarti.Data dapat berupa Simbol-simbol, gambar-gambar, huruf, angka-angka. Setelah data diproses melalui suatu pengolahan sedemikian rupa akan menghasilkan informasi yang lebih berguna daripada hanya berupa data. 
  • Perangkat keras komputer terdiri dari: 
  • Perangkat keras masukan (input device), 
  • Perangkat keras pemroses (processor), 
  • Perangkat keras keluaran (output device),
  • Perangkat keras penyimpanan (storage device) 

A. Perangkat keras Masukan (Input Device) 

Perangkat keras masukan atau Input Device yaitu peralatan yang digunakan untuk memasukkan data dan program dalam bentuk data digital yang akan diproses oleh komputer, dengan tujuan menghasilkan informasi yang dibutuhkan. 

Beberapa peralatan input yang umum digunakan antara lain: 




1. Keyboard 

Keyboard merupakan perangkat yang memiliki tombol mirip dengan mesin tik dan beberapa tombol tambahan dengan berbagai fungsi tertentu. Keyboard digunakan untuk memasukkan data atau untuk memberikan perintah pada komputer.

Keyboard
Keyboard biasanya dibagi dalam tiga bagian, yaitu tombol fungsi (function keys), tombol huruf, angka, dan tanda baca (type writer), dan tombol angka dan tanda baca yang berfungsi sebagai kalkulator (numeric keypad), tombol ini menyediakan control terhadap kursor dan layar serta (control keys). 

2. Mouse 

Dalam beberapa sistem operasi, apabila dua tombol ditekan secara bersamaan, akan muncul fungsi khusus atau pintasan yang telah diatur sebelumnya. Saat ini banyak inovasi yang dilakukan. Jenis-jenis keyboard yaitu : Serial,PS/2 dan USB.

Mouse Kabel USB

Mouse Wireless
Mouse merupakan peralatan masukan yang berfungsi untuk menggerakkan pointer di layar untuk menjalankan icon perintah atau program yang tampil pada layar monitor. Jenis Mouse antara lain yaitu : Serial,PS/2 dan USB. 

3. Scanner 

Scanner (alat pemindai) merupakan peralatan masukan yang berfungsi untuk mentransfer atau mengkonversi gambar, foto, text manual, menjadi data digital sehingga dapat dimengerti oleh komputer. 

Scanner


4. Microphone 

Mic (microphone) merupakan alat input yang berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan dalam memori komputer. Mic hanya digunakan untuk memasukkan input suara, penggunaan mic memerlukan perangkat tambahan untuk menerima input suara tersebut yaitu sound card dan speaker. 
Microphone Headset


5. Webcame (web camera) 

Webcame merupakan kamera real time yang menggambarkan keadaan pada saat itu, sehingga gambarnya bisa diakses atau dilihat melalui koneksi internet dengan menggunakan aplikasi video call

Webcame


6. Joystick

Tuas kontrol atau tuas kendali (bahasa Inggris: Joystick) adalah alat masukan komputer yang berwujud tuas yang dapat bergerak ke segala arah. Alat ini dapat mengirim sinyal arah sebesar dua atau tiga dimensi ke komputer. Alat ini umumnya digunakan sebagai pelengkap untuk memainkan permainan video yang dilengkapi lebih dari satu tombol.

JoyStick
Tuas kendali telah menjadi alat kontrol utama pada kokpit pesawat terbang, termasuk pesawat jet dan pesawat militer, baik sebagai tuas utama atau pun tuas di sisi-sisinya. Tuas kendali juga digunakan untuk mengontrol mesin seperti mesin derek, truk, kursi roda, kamera pengawas dan mesin pemotong rumput. Miniatur dari tuas kendali finger-operated telah diadopsi sebagai alat input untuk peralatan elektronik kecil seperti telepon seluler (ponsel).





7. GamePad

Gamepad, dikenal juga dengan istilah Joypad atau Control Pad adalah tipe kontroler permainan video yang mengutamakan penggunaan jari, khususnya ibu jari, untuk menjalankannya.

GamePad
Gamepad umumnya memiliki tombol aksi di sebelah kanan dan pengontrol arah di sebelah kiri. Awalnya pengontrol arah terbatas pada empat arah (D-pad), tetapi gamepad modern umumnya memiliki tuas analog sebagai pendukung atau penggantinya

8. Drawing Pad

Tablet grafis (Inggris: Graphic Tablet) adalah perangkat keras peranti masukan komputer yang membolehkan pemakainya untuk menggambar dengan tangan dan memasukkan gambar atau sketsa langsung ke komputer, layaknya menggambar di atas kertas menggunakan pensil.

Drawing Pad

Sebuah tablet grafis terdiri dari tablet digital dan sebuah kursor ataupun sebuah pena digital (pen). Tablet digital memiliki permukaan yang pipih sebagai alas gambar yang terdiri atas perlengkapan elektronik yang dapat mendeteksi gerakan kursor atau pena digital kemudian menerjemahkannya menjadi sinyal digital yang dikirim langsung ke komputer. Setiap titik atau gerakan pada tablet merepresentasikan titik atau gerakan pada layer monitor, inilah yang membedakannya dengan fungsi mouse yang tergantung pada letak kursor. Hasil gambar tidak akan terlihat pada tablet itu sendiri, melainkan pada monitor komputer.

Kursor (disebut juga puck) berfungsi layaknya mouse pada komputer, hanya saja kursor ini dapat memiliki sebanyak 16 tombol dan memiliki jendela dengan helai-helai rambut (crosshairs) di dalamnya sebagai tempat posisi ujung titik yang dituju. Sementara Pena digital (disebut juga stilus) mirip dengan pena, hanya saja memakai tidak memakai tinta melainkan dilengkapi oleh ujung elektronik.





B. Perangkat Keras Pemrosesan (Process Device) 

Perangkat keras pemrosesan atau Process device adalah urutan pelaksanaan atau kejadian yang saling terkait secara bersama-sama mengubah masukan menjadi keluaran. Pelaksanaan ini dapat dilakukan oleh manusia, alam, atau mesin dengan menggunakan berbagai sumber daya. 

CPU (Central Prosesing Unit) adalah alat proses yang merupakan unit proses utama dan terpenting dalam komputer yang mengendalikan seluruh proses pengolahan data mulai dari membaca data dari peralatan input, mengolah atau memproses sampai pada mengeluarkan informasi (Output) ke peralatan Output.

CPU Komputer (PC) Desktop

Dalam ilmu teknik, CPU terdiri dari tiga bagian fungsional: 
  • ALU (Arithmetic Logical Unit) berfungsi melakukan semua proses yang membutuhkan perhitungan matematika dan perbandingan secara logika 
  • CU (Control Unit)berfungsi untuk melakukan pengendalian semua peralatan lainya. 
  • Register berfungsi menyimpan data sementara yang akan diproses di ALU. 

Beberapa peralatan yang ada dalam CPU antara lain adalah : 

1. Motherboard 

Motherboard merupakan perangkat komputer yang digunakan sebagai tempat untuk memasang atau meletakkan seluruh rangkaian sistem komputer, seperti Processor, chipset, RAM, Harddisk, VGA, Fungsi LAN Card, dan juga semua socket-socket dan juga slot dari sebuah komputer. 

Motherboard
Motherboard sendiri, memiliki berbagai macam jenis.Semua jenis motherboard tersebut, pada umumnya dibedakan berdasarkan form factor, alias ukuran dari motherboard itusendiri.Tentu saja tidak semua komputer membutuhkan ukuran form factor motherboard yang sama. Berikut ini adalah beberapa jenis dari motherboard berdasarkan form factor yang dimilikinya : Motherboard ATX (Advance Technology Extended), Motherboard BTX (Balanced Technology Extended), Motherboard ITX (Information Technology Extended ).





2. Processor 

Processor yaitu sebuah Chip yang merupakan otak pemroses dan pusat pengendali berbagai perangkat lain sehingga komputer dapat bekerja satu dengan lainya. Ukuran Processor adalah MHz (Mega Hertz) yaitu hitungan kecepatan dalam mengolah data. 

Jenis-jenis Processor berdasarkan pabrik pembuatnya: 

a. Processor Intel 
Intel Pentium 4 Processor2001, Intel Quad Core, Xeon2006, Intel Core i7 800, i5 dan Xeon 34002009 



b. Processor AMD 
Opteron, AMD FX dan APU A SERIES, APU Z SERIES 

Processor AMD


c. Processor Apple
Apple SOS, Apple ProDOS, Macintosh

Processor Apple

d. Processor Cyrix VIA 
Cyrix MII, VIA CoreFusion™ Processor, Platform VIA Nano™ X2 Processor 

Processor Cyrix
e. Processor IBM  
IBM 486SLC2, Pentium II Xeon, IBM POWER7 

Processor IBM

3. Memory 

Memory merupakan tempat meyimpan data sementara pada komputer. Semakin besar kapasitas memory yang di sediakan akan semakin besar data atau instruksi yang dapat ditampung untuk diolah. 

ROM Ambios
Memori biasa terbagi dibedakan menjadi dua macam: ROM dan RAM. 1. ROM (Read Only Memory) adalah jenis memori yang isinya tidak hilang ketika tidak mendapat aliran listrik dan pada awalnya isinya hanya bisa dibaca. ROM pada komputer disediakan oleh vendor komputer dan berisi program atau data. Di dalam PC, ROM biasa disebut BIOS (Basic Input/Output System) atau ROMBIOS. 

4. RAM 

RAM (Random-Access Memory) adalah jenis memori yang isinya dapat diganti-ganti selama komputer dihidupkan dan bersifat volatile. Selain itu, RAM mempunyai sifat yakni dapat menyimpan 

Berbagai Jenis RAM

RAM untuk Laptop (DIMM)
Beberapa jenis Memory antara lain adalah : ROM, RAM, EDORAM, SDRAM, DDRAM, RDRAM. 

5. Harddisk 

Hardisk Merupakan tempat menyimpan data pada CPU. Kemampuan sebuah harddisk biasanya ditentukan oleh banyaknya data yang bisa disimpan dan dapat dipanggil kembali pada waktu yang singkat. Harddisk terbuat dari lempengan logam yang dilapisi dengan material magnetic pada kedua sisinya. 
Harddisk Internal PC

Harddisk Internal Laptop
Beberapa variasi kapasitas harddisk : 

1,2 GB – 80 GB, 250 GB – 1000 GB (1Tera)

6. SSD

Solid State Drive (SSD), adalah perangkat penyimpanan solid-state yang menggunakan rakitan sirkuit terintegrasi untuk menyimpan data secara terus-menerus, biasanya menggunakan memori flash, dan berfungsi sebagai penyimpanan sekunder dalam hierarki penyimpanan komputer. Itu juga kadang-kadang disebut solid-state device atau solid-state disk, meskipun SSD tidak memiliki disk pemintalan fisik dan kepala baca-tulis bergerak yang digunakan dalam hard drive ("HDD") atau disket.
SSD
Dibandingkan dengan drive elektromekanis, SSD biasanya lebih tahan terhadap guncangan fisik, berjalan secara diam-diam, dan memiliki waktu akses yang lebih cepat dan latensi yang lebih rendah.

SSD menyimpan data dalam sel semikonduktor. Pada 2019, sel dapat berisi antara 1 dan 4 bit data. Perangkat penyimpanan SSD memiliki sifat yang berbeda-beda sesuai dengan jumlah bit yang disimpan di setiap sel, dengan sel bit tunggal ("SLC") umumnya jenis yang paling andal, tahan lama, cepat, dan mahal, dibandingkan dengan sel 2 dan 3 bit (" MLC "dan" TLC "), dan akhirnya sel-sel bit quad (" QLC ") digunakan untuk perangkat konsumen yang tidak memerlukan sifat ekstrem seperti itu dan merupakan yang termurah dari keempatnya.





C. Perangkat Keras Keluaran ( Output Device ) 

Perangkat keras keluaran atau Output device yaitu peralatan yang berfungsi untuk menampilkan data, instruksi dan informasi dalam bentuk teks, grafik atau gambar. 

Beberapa peralatan output yang umum digunakan antara lain : 

1. Monitor 

Monitor merupakan peralatan keluaran yang berfungsi untuk menampilkan data, instruksi dan informasi dalam bentuk teks dan grafik atau gambar di layar monitor. 
Monitor
 Monitor dikelompokkan berdasarkan teknologinya yaitu: 

1. Monitor CRT (Cathode Ray Tuble) Gambar : 1.21 Monitor 
2. Monitor Flat Panel Display monitor ini menggunakan teknologi LCD 
3. Monitor LCD (Liquid Crystal Display). 

2. Printer 

Printer yaitu peralatan keluaran yang untuk mencetak data atau informasi ke atas media seperti kertas dan jenis media lainnya.  
Printer

Pencetak laser atau printer laser adalah pencetak untuk komputer yang menggunakan teknologi diode cahaya untuk mendapatkan partikel-partikel kecil toner dari cartridge ke kertas. Alat ini sering lebih ekonomis dibanding menggunakan tinta pencetak tinta.

3. Speaker 

Yaitu peralatan output untuk menghasilkan atau mengeluarkan efek suara dari komputer. 

Earphone Blutooth

Speaker Aktif

Headphone


4. Proyektor 

Proyektor hampir sama dengan monitor, yang berfungsi untuk menampilkan gambar atau visual hasil pemrosesan data. Proyektor memerlukan objek lain sebagai media penerima pancaran signal-signal gambar yang dipancarkan. 
Projector


D. Perangkat Keras Penyimpanan (Storage Device)


SD Card, Mini SD Card dan Micro SD
Harddisk External

Keping DVD

Flashdisk
Demikian informasi singkat tentang Perangkat Keras Komputer atau Hardware. Semoga bermanfaat.

Terimakasih sudah mampir ke blog Pakar Tutorial di www.bosstutorial.com



Previous
« Prev Post

Artikel Menarik Lainnya

Mengenal Perangkat Keras Komputer
4/ 5
Oleh

Post a comment