12 Tips Sukses Menghadapi Interview Kerja

Mendapat panggilan untuk wawancara kerja pasti menyenangkan, karena kesempatan untuk mendapat pekerjaan yang kita idamkan telah ada di depan mata.

Namun masalahnya, sebagian besar pelamar sering kali gagal dalam melalui tes wawancara kerja yang satu ini. Kegagalan mereka rata-rata karena tidak memahami bagaimana cara menghadapi tes wawancara kerja yang baik dan benar. Baik saat menjawab pertanyaan, cara mengajukan pertanyaan, bahasa yang digunakan, sikap, penampilan, dan lain sebagainya.

Tips Sukses Menghadapi Interview Kerja

Nah, bagi Anda yang akan di-interview atau masih mencari-cari pekerjaan, sebaiknya pelajari dan pahami 12 tips menghadapi tes wawancara berikut ini:


1. Pahami Perusahaan dan Posisi Jabatan yang Anda Lamar


Cari dulu informasi sebanyak mungkin tentang perusahaan yang Anda lamar, terutama tentang manajemen dan produksinya. Di samping itu pahami dengan baik posisi pekerjaan yang Anda inginkan. Dengan demikian selain akan memperlancar wawancara Anda, pewawancara juga akan merasa salut dan tentunya akan memberikan nilai plus jika Anda tahu banyak tentang perusahaan dan bagaimana posisi yang Anda lamar.


2. Persiapkan Jawaban untuk Pertanyaan yang Sering Diajukan


Ada baiknya Anda menyiapkan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan umum yang sering diajukan saat wawancara lamaran kerja. 

Tips Sukses Menghadapi Interview Kerja



30 Contoh Pertanyaan Wawancara yang Paling Sering Diajukan



3. Latihan Berbicara

Tips Menghadapi Interview Kerja


Saat wawancara tentunya akan menjawab beberapa pertanyaan dari HRD, jadi sebaiknya Anda latihan berbicara di depan cermin, atau akan lebih baik lagi jika berlatih dengan teman yang berperan sebagai pewawancara. Hal ini akan sangat membantu lancarnya bicara Anda pada saat wawancara yang sesungguhnya.


4. Manajemen Waktu

Tips Menghadapi Interview Kerja


Kondisi terburu-buru, tempat baru dan lingkungan asing, secara psikologis akan memicu stress. Jadi datanglah sedikit lebih awal agar diri kita bisa beradaptasi dulu dengan lingkungan di mana kita akan melaksanakan wawancara. Dengan demikian Anda jadi lebih fress dan lebih siap untuk diwawancara.


5. Bersikap Tenang

Tips Menghadapi Wawancara Kerja


Ingat, Anda bukan akan disidang pidana yang bila salah bicara masuk penjara. Anda hanya akan ngobrol dengan seseorang atau beberapa orang yang sama-sama manusia biasa. Jadi bersikaplah tenang baik sebelum, selama maupun setelah wawancara. Takut gagal berlebihan akan membuat Anda grogi saat wawancara. Santai tapi tetap fokus.


6. Jangan Lupa Senyum

Tips Menghadapi Wawancara Kerja


Semua orang pasti lebih suka lihat raut wajah dengan senyum, dari pada wajah kucem. Ingat senyuman akan membuat hati dan jiwa jadi rileks. Jadi senyumlah pada momen yang tepat.


7. Bicaralah dengan Tegas, Jelas dan Lugas


Bicara yang jelas, tegas, singkat dan padat tentu lebih disukai oleh pewawancara dari pada Anda terlalu banyak bicara yang tidak diperlukan oleh mereka.


8. Bersikap Sopan dan Hormat


Bersikaplah sopan dan hormat, baik sebelum, selama dan setelah wawancara. Sikap sopan, santun dan hormat, akan membuat Anda mendapatkan kesan yang baik bagi pewawancara atau orang-orang di sekitarnya.


9. Pandangan Mata Saat Wawancara


Ketika diwawancara, fokuskan pandangan Anda ke pewawancara. Pandanglah dengan sopan apa yang sedang dilakukan pewawancara. Misalnya, ketika dia bicara arahkan pandangan Anda ke wajahnya, jika dia sedang menulis atau membaca pandanglah apa yang dia tuliskan atau yang dia bacakan. Jangan pernah menunduk apalagi memalingkan wajah saat wawancara.


10. Perhatikan Penampilan Anda


Rata-rata orang, ketika menilai orang lain yang baru dikenal, pasti dari penampilannya dulu. Tampilan Anda adalah kesan pertama bagi mereka. Jadi berpenampilanlah dengan baik, rapi dan sopan sesuai ketentuan yang berlaku. Jangan menggunakan perhiasan dan make-up yang berlebihan. Jika Anda pria rapikan rambut, kumis dan janggut Anda.


11. Aktif Mengajukan Pertanyaan


Jika Anda diberi kesempatan untuk bertanya, ajukanlah pertanyaan yang relevan dengan topik wawancara. Sebaliknya, jika tidak diberi kesempatan untuk bertanya, namun Anda ingin menanyakan hal yang belum faham, ajukanlah di akhir wawancara. Tentunya dengan minta izin terlebih dahulu.


12. Ucapan Terima Kasih

Tips Menghadapi Interview Kerja


Jangan lupa mengucapkan terima kasih setelah selesai wawancara. Ucapkanlah terima kasih atas kesempatan yang diberikan oleh perusahaan, serta waktu yang diluangkan pewawancara untuk Anda.

Tonton juga video: 12 Tips Sukses Menghadapi Interview Kerja berikut ini: https://youtu.be/wpHonzYm9jE



Itulah 12 Tips Jitu dalam Menghadapi Wawancara Kerja, semoga bermanfaat. terimakasih sudah mampir ke blog Pakar Tutorial di www.bosstutorial.com
Previous
« Prev Post

Artikel Menarik Lainnya

12 Tips Sukses Menghadapi Interview Kerja
4/ 5
Oleh

Posting Komentar