Cara Memasukkan Video ke Dalam Presentasi PowerPoint




TUTORIAL LENGKAP - Ketika kita menyajikan presentasi agar para audience atau hadirin lebih mudah faham dengan apa yang kita sampaikan, terkadang kita membutuhkan media pendukung lainnya seperti gambar, musik atau audio bahkan video sebagai pelengkap presentasi kita. Sebab menurut pengalaman saya ada bagian-bagian tertentu yang sulit bahkan tidak bisa hanya disampaikan melalui tulisan dan kata-kata. Maka dari itu pada kesempatan ini saya ingin berbagi bagaimana cara memasukkan video, ke dalam presentasi PowerPoint. Langkah-langkahnya sebagai berikut:


Cara cepat Memasukkan Video ke dalam Presentasi PowerPoint 2013

Bagian 1:
Cara memasukkan video ke dalam satu slide penuh Power Point
  • Buka PowerPoint anda boleh PowerPoint 2007, 2010, 2013 atau 2016. Dalam tutorial kali ini saya menggunakan PowerPoint 2016.
  • Pilih tab Home > Pilih New Slide > kemudian pilih klik Blank.
    Cara Mudah Memasukan Video ke dalam Presentasi PowerPoint 2013
  • Pilih dan klik tab Insert > klik Video > klik Video on My PC.
    Tutorial Cara Memasukkan Video ke dalam Presentasi PowerPoint
  • Cari di folder mana anda menyimpan video yang mau di masukkan ke PowerPoint.
  • Jika sudah ketemu file videonya, doble klik saja pada video tersebut atau klik videonya kemudian klik Insert.
    Langkah demi langkah Cara Mudah Memasukkan Video ke dalam Presentasi PowerPoint
  • Maka sekarang video telah masuk ke Slide secara penuh, untuk nge-tesnya klik saja menu Play yang ada di bawah slide video tersebut.
Untuk pengaturan video yang sudah dimasukkan ke dalam PowerPoint lebih lanjut, seperti memotong video, mengatur volume suara, pengaturan Fade, bentuk tampilan video dll.
Caranya klik videonya kemudian akan muncul tab Video Tools, di bawah tulisan Video Tools klik saja Playback dan akan muncul jendela seperti di bawah ini:

Cara Pengaturan dan setting Video setelah Dimasukkan ke dalam PowerPoint

Keterangan gambar di atas:
  • Trim Video: Untuk memotong bagian video yang mau ditampilkan, dengan cara menggeser gambar cuter warna hijau untuk awal dan warna merah untuk akhir.
  • Fade Duration: Untuk membuat delay video. Fade In untuk mulai dengan perlahan-perlahan dan Fade Out untuk akhir dengan perlahan-lahan. caranya masukkan angka pada kotak Fade In atau fade Out, misalnya 03.00 dan seterusnya.
  • Volume: Untuk mengatur suara, anda tinggal pilih mau Low, Medium, High, atau Mute.
  • Start: Untuk mengatur Play video kapan dimulai. On Click adalah video baru akan berjalan jika anda mengklik tombol Paly yang ada di bagian  bawah video tersebut. Automatically adalah video akan langsung berputar atau play ketika anda membuka slide yang ada videonya tersebut.
  • Rewind after Playing: Untuk mengatur apakah video tersebut akan dimainkan berulang-ulang atau hanya sekali saja.
  • Dan Pengaturan lainnya silakan dicoba sendiri




Bagian 2:
Cara memasukkan 2 atau lebih video ke dalam satu slide pada aplikasi Power Point.
Mungkin saja anda membutuhkan dua video atau lebih yang ingin ditampilkan sekaligus dalam satu slide. Misalnya saja anda akan membandingkan sesuatu kepada audience agar lebih cepat dipahami oleh mereka.
  • Pilih tab Home > Pilih New Slide > kemudian pilih klik Comparison
  • Pada area Click to add Text ada enam buah icon komponen yang anda bisa masukan, pilih Insert video.
  • Setelah keluar jendela Insert Video, klik Browse, Cari di folder mana anda menyimpan video yang mau di masukkan ke PowerPoint.
  • Jika sudah ketemu file videonya, doble klik saja pada video tersebut atau klik videonya kemudian klik Insert.
  • Maka sekarang video telah masuk ke area Click to add Text. Lakukan cara yang sama untuk memasukkan video ke area Click to add Text yang lainnya, untuk nge-tesnya klik saja menu Play yang ada di bawah slide video tersebut.
Untuk pengaturan Playback Video sama saja dengan cara seperti video satu slide di atas. Yang ingin saya tambahkan adalah cara pengaturan Format Video.
Klik videonya kemudian akan muncul tab Video Tools, di bawah tulisan Video Tools klik saja Format dan akan muncul jendela seperti di bawah ini:

Cara memasukkan dua atau lebih video ke dalam PowerPoint 2013 dan 2016



  • Color: Untuk merubah warna video, apakah mau hitam putih, merah, biru, berwarna, buram, original, dll.
  • Video Styles: Untuk mengatur tampilan bentuk video kita. Apakah mau persegi, miring, bulat, oval, atau mirip tampilan monitor, tiga dimensi, dll.
  • 3 Pengaturan yang hampir sama dengan Video Styles di atas akan tetapi lebih beragam dan lebih komplit.
Demikian tutorial dari saya mengenai Cara Memasukkan Video ke dalam PowerPoint satu Slide Penuh dan Cara Memasukkan satu atau beberapa video ke dalam satu Slide.
Jangan lupa komentar dan Subscribenya dan kalau masih penasaran anda bisa mengirim email ke pakartutorial@gmail.com.
Terimakasih.

Untuk melihat Video Tutorial Cara Membuat Presentasi PowerPoint, silakan klik link berikut ini: Video Tutorial Cara Membuat Judul Presentasi PowerPoint yang Baik dan Menarik