Pendapatan dan Gaji di Facebook yang Fantastik





Perkembangan Media Sosial pada sepuluh tahun terakhir ini begitu fantastik dan mencengangkan kita semua. Berdasarkan data yang dirilis oleh We are Social dan Hootsuite, pada awal tahun 2018 tercatat pengguna internet di dunia telah mencapai angka 4 milyar. Dari jumlah tersebut 3 milyar di antaranya aktif menggunakan berbagai media sosial. Dan dari 3 milyar pengguna Media Sosial, 2 milyar di antaranya adalah pengguna Facebook.

Gaji karyawan Facebook yang Fantastik

Berdasarkan data tersebut di atas berarti hampir seperempat penduduk dunia menggunakan media sosial Facebook.  Sungguh sebuah fakta yang fantastik tentang Facebook yang baru berusia 14 tahun. Saat ini Facebook telah menjadi raja media sosial di dunia dengan mengalahkan berbagai media sosial lainnya.

Pendapatan dan Gaji di Facebook yang Fantastik

Data dan fakta fantastik tentang Facebook berikut ini pasti akan lebih mencengangkan lagi bagi kita semua.

Rata-rata Gaji Karyawan Facebook yang Wah...

Berdasarkan laporan keuangan pada rapat pemegang saham Facebook pada akhir tahun 2017, terungkap bahwa rata-rata gaji pegawai Facebook sebesar 240 ribu dollar AS. Jika kita dikonversi ke nilai rupiah saat ini (1 USD = 15.300,00 IDR) maka rata-rata gaji karyawan Facebook mencapai 3,7 milyar rupiah per tahun atau sekitar 308 juta per bulan. Sungguh fantastik...

Sementara itu, Mark Zuckerberg sebagai pendiri Facebook memperoleh penghasilan sebesar 8,8 juta dollar AS atau setara sekitar Rp 135 miliar per tahun. Jadi penghasilan Mark Zukerberg bisa melebihi dari 11,25 milyar per bulan.





Pendapatan Facebook 2 Triliun Per Hari

Berdasarkan laporan dari TechCrunch pada kuartal pertama (Q1) tahun 2018 Facebook mengantongi  pendapatan 11,97 miliar dollar AS. Kalau dikonversi ke nilai rupiah saat ini (1 USD = 15.300,00 IDR) berarti pada tiga bulan saja Facebook meraup pendapatan kira-kira sebesar Rp 180 triliun. Jadi tiap bulan Facebook bisa mengumpulkan pendapatan yang sangat fantastik yaitu sebesar Rp 60 triliun atau 2 triliun rupiah per hari.

Pendapatan dan Gaji di Facebook yang Fantastik

Dari mana datangnya sumber pendapatan Facebook yang fantastik tersebut? Ternyata 91% berasal dari iklan yang muncul di handphone anda. Sisanya berasal dari iklan di PC desktop, layanan berbayar dan lain-lainnya. Average Revenue per User (ARPU) atau rata-rata pendapatan Facebook dari setiap pengguna, secara global adalah 5,53 dollar AS atau sekitar Rp 85.000 dari setiap pengguna.

Kontribusi pengguna terhadap pendapatan ARPU  Facebook yang paling besar berasal dari Amerika Serikat dan Kanada. Walau Indonesia tercatat sebagai negara nomor 4 sebagai pengguna Facebok terbesar di dunia, ternyata kontribusi pengguna dari Indonesia terhadap pendapatan Facebook terbilang masih sangat kecil. Hal ini disebabkan karena biaya per klik iklan internet di Indonesia masih sangat rendah dan ditambah lagi rata-rata orang Indonesia tidak mau klik iklan yang muncul di website.





Sebenarnya Siapa Mark Zuckerberg Itu?

Zuckerberg yang bernama lengkap Mark Elliot Zuckerberg lahir pada 14 Mei 1984 di White Plains, New York dari pasangan Karen, seorang psikiater, dan Edward Zuckerberg, seorang dokter gigi. Zuckerberg bersama tiga saudara perempuannya, Randi, Donna, dan Arielle, dibesarkan di Dobbs Ferry, New York. Ia dibesarkan sebagai seorang Yahudi dan menjalani bar mitzvah ketika menginjak usia 13 tahun, meski selama ini ia menetapkan dirinya sebagai seorang ateis.

Pendapatan dan Gaji di Facebook yang Fantastik

Ketika di Ardsley High School (SMA), Zuckerberg selalu mendapat nilai tinggi pada mata pelajaran Klasika. Pada saat kelas X dia pindah SMA ke Phillips Exeter Academy. Di sini Zuckerberg banyak mendapatkan hadiah dalam bidang sains (matematika, astronomi, dan fisika) dan ilmu klasik. Ketika masih SMA Zuckerberg telah menguasai berbagai bahasa seperti Perancis, Ibrani, Latin, dan Yunani Kuno. Dalam bidang olahraga dia jago di cabang Anggar bahkan menjadi kapten Tim Anggar.

Ketika dia menjadi mahasiswa Universitas Harvard, pada tahun 2010, Zuckerberg terpilih sebagai Person of the Year versi majalah Time hingga 2011. Pada saat kuliah Zuckerberg memilih tinggal di asrama. Dan berawal dari asrama inilah Zuckerberg dan kawan-kawannya mulai merintis mendirikan sebuah program aplikasi yang tidak disangka akan menguasai seperempat penduduk planet bumi ini. Karena pada awalnya Zuckerberg membuat jejaring sosial tersebut hanya untuk kelasnya.

Tepat pada tanggal 4 Februari 2014 Mark Zuckerberg dan teman sekelasnya Dustin Moskovitz, Eduardo Saverin, dan Chris Hughes secara resmi mendirikan Facebook yang bermarkas di Menlo Park, California, Amerika Serikat. Facebook berdiri sebagai situs media sosial yang sekarang telah menjadi sebuah perusahaan swasta dengan pendapatan dan laba yang fantastik.
Demikian informasi tentang Data dan Fakta Media Sosial Facebook yang Fantastik, semoga info tekno ini bermanfaat, jika ada saran atau pertanyaan silakan tuliskan dalam komentar. Dengan senang hati kami BossTutorial akan membalas secepat yang kami bisa.

Terimakasih sudah mampir ke blog www.BossTutorial.com



Previous
« Prev Post

Artikel Menarik Lainnya

Pendapatan dan Gaji di Facebook yang Fantastik
4/ 5
Oleh

Post a Comment