20+ Tips Agar Presentasi Sukses





TUTORIAL LENGKAP - Adalah kekeliruan fatal jika anda melakukan presentasi hanya dengan membuat slide PowerPoint yang banyak serta dengan isi teks yang panjang dan rinci pada setiap slidenya. Pada saat presentasi, anda baca ulang isi slide tersebut satu-persatu sampai slide penutup. Jika anda melakukannya seperti itu artinya anda bukan sedang presentasi tetapi anda sedang membacakan berita, seperti serang penyiar televisi.

Tips dan trik agar presentasi sukses

Dalam presentasi, seorang presenter berfungsi sebagai komunikator yang harus menjadi titik sentral dalam presentasi tersebut. Agar presentasi sukses, banyak hal penting yang harus diperhatikan dalam presentasi agar fungsinya sebagai titik sentral komunikasi dengan audiens berjalan dengan sukses.

Kalau diibaratkan dalam sebuah pertunjukan musik, presenter  adalah pemain gitarnya dan slide presentasi adalah gitar yang digunakannya. Penonton tidak boleh terpaku dan terpukau dengan gitar yang digunakan, akan tetapi penonton harus terpaku dan terpukau dengan kemampuan anda cara memainkan gitar tersebut.

Jadi agar presentasi sukses hal terpenting yang perlu diperhatikan bukan slide PowerPoint-nya, melainkan anda sebagai presenter yang harus lebih dominan, karena selain berfungsi sebagai titik sentral pengendali komunikasi, sesungguhnya andalah yang menjadi dokumen detail dan lengkap dari slide PowerPoint tersebut.

Baca juga Artikel Terkait: 10 Teknik Presentasi Steve Jobs yang Perlu Anda Ketahui

Tips Agar Presentasi Sukses

Agar presentasi sukses, andaharus bisa menguasai sepenuhnya jalannya presentasi tersebut, ada hal-hal penting yang harus diperhatikan dalam presentasi supaya fungsi anda sebagai titik sentral tetap terkendali.

1. Riset Audiens

Langkah pertama agar presentasi sukses, yang harus anda lakukan adalah mencari informasi sebanyak mungkin, siapa audiens anda, apa profesi mereka, apa pendidikan mereka, apa tujuan utama presentasi untuk mereka, berapa jumlah audiens-nya dan berbagai data lain yang harus anda ketahui tentang calon audiens. Dengan berbekal data dan informasi tentang audiens yang lengkap, akan memudahkan dalam menyusun, menyampaikan, mengkomunikasikan materi yang relevan dengan mereka.




2. Siapkan dengan Matang

Hal penting yang perlu diperhatikan agar presentasi sukses, tentunya persiapan yang matang terutama materi presentasi. Cari dan gali informasi sebanyak mungkin yang berkaitan dengan topik materi yang akan di sampaikan, kemudian buatlah dokumen materi dengan detail dan lengkap baik dalam softcopy maupun dalam bentuk printout.

Siapkan draf ringkasan materi sebagai bahan pembuatan slide presentasi PowerPoint. Hal penting lainnya yang harus disiapkan tentunya laptop dan media pendukung lainnya.


3. Buatlah Slide yang Simpel

Slide PowerPoint juga merupakan hal pokok yang harus dibuat agar presentasi sukses dan memukau, karena slide PowerPoint adalah media yang dapat mempermudah jalannya presentasi. Jadikan PowerPoint sebagai pemandu jalan ketika anda menjelaskan pesan-pesan yang ingin disampaikan. 

Hal penting yang perlu diperhatikan agar presentasi sukses


Buatlah slide yang simpel namun tetap menarik sebanyak yang dibutuhkan untuk membantu menjelaskan materi. Sesuaikan jumlah slide dengan alokasi waktu dan materi presentasi. Hindari membuat slide dengan teks yang panjang, lebih baik gunakan gambar dari pada anda menggunakan teks panjang dengan bullet point yang banyak. Ingat gambar selain dapat membangkitkan ikatan emosional juga gambar memiliki sejuta makna dari pada hanya sekedar teks.

Baca juga artikel Terkait:
36 Dasar Utama Cara Membuat Presentasi PowerPoint yang Baik

Tips Cara Memilih Warna yang Serasi Pada Presentasi PowerPoint

10 Tips Cara Mengatur Gambar yang Benar dalam Presentasi PowerPoint

4. Kuasai Materi

Hal penting yang perlu diperhatikan agar presentasi sukses

Cara agar presentasi sukses, penguasaan materi merupakan hal pokok penting dalam presentasi, sebab jika tidak menguasai materi anda akan kebingungan dan kehabisan kata untuk menjelaskan isi pesan yang ada di slide. Dengan menguasai materi sepenuhnya akan menaikkan barometer "PD" (rasa percaya diri) anda dan ini merupakan sinyal positif akan keberhasilan presentasi yang sukses.


5. Evaluasi Diri

Steve Jobs, Al Gore, Obama yang merupakan presenter sukses kelas dunia, selalu melakukan hal ini, yaitu mencoba dulu presentasi yang telah disiapkan, sebelum tampil di depan umum. Kalau presenter kelas dunia saja melakukan hal tersebut, berarti ini merupakan hal penting yang harus diperhatikan dengan serius dalam presentasi.

Hal penting yang perlu diperhatikan agar presentasi sukses

Silakan lakukan latihan ini di depan kamera video, jika anda tidak memiliki camcorder gunakan saja kamera video handphone. Silakan hasilnya dievaluasi di bagian mana terdapat kekurangan dan kelemahannya. Jika perlu mintalah pendapat teman atau keluarga atas video latihan presentasi tersebut.


6. Gunakan Remote Presentation

Hal penting yang perlu diperhatikan agar presentasi sukses

Agar anda tidak bulak-balik menghampiri laptop untuk memindahkan slide, alangkah lebih baiknya jika anda menggunakan remote presentations. Dengan alat ini anda akan terlihat lebih profesional dan lebih enjoy dalam mengendalikan presentasi, selain itu remote presentation biasanya dilengkapi dengan laser pointer yang akan membantu memudahkan menunjuk kata atau gambar yang dianggap penting yang tampil di layar proyektor.

Hal penting yang perlu diperhatikan agar presentasi sukses

Alat ini sekarang harganya semakin murah yaitu kisaran Rp 60 ribu - Rp 500 ribu.


7. Perhatikan Penampilan

Penampilan diri anda termasuk tips penting agar presentasi sukses. Sebagai titik sentral dalam presentasi anda harus menunjukkan karakter siapa anda. Apakah anda seorang pimpinan, manager, pengajar atau anda seorang  profesional.

Hal penting yang perlu diperhatikan agar presentasi sukses

Steve Jobs sebagai pendiri dan CEO Apple ketika presentasi dalam rangka launching ke publik produk baru Apple, selalu mengenakan kaos oblong bertangan panjang, celana jeans dan sepatu cats, namun dia selalu mengenakan kemeja berdasi (plus jas) tatkala presentasi di jajaran direksi. ini semua menandakan kesederhanaan yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi presentasi.

Tampillah dengan dandanan sederhana sesuai dengan posisi, fungsi serta situasi dan kondisi. Hindari dandanan berlebihan serta hindari menggunakan pakaian dengan warna mencolok dengan kontras tinggi. Steve Jobs selalu mengenakan kaos berwarna redup.




8. Ciptakan Sepirit

Cara agar presentasi sukses, sebagai presenter harus punya semangat dan motivasi yang tinggi. Mulailah dengan menciptakan semangat dari dalam diri, anda harus semangat menghadiri presentasi, anda harus semangat untuk membuat presentasi yang terbaik, anda harus semangat dalam menyampaikan ide serta pesan-pesan kepada audiens. Namun perlu diingat semangat yang berlebihan juga tidak baik. Jadi bersemangatlah dalam ketenangan yang terkontrol.


9. Kuasai Panggung

Demam panggung bisa menyerang siapa saja terutama mereka para presenter pemula. Bagi para presenter profesional walau pun mereka terkena demam panggung biasanya dalam sekejap akan hilang berkat pengalaman jam terbang yang tinggi. Namun, bagi presenter pemula demam panggung bisa terus berlanjut hingga semua rencana, persiapan, pelaksanaan jadi berantakan.

Ada beberapa tips agar presentasi sukses, selain tips penting di atas (nomor 1,2,4 dan 5) yang bisa anda lakukan agar "demam panggung" tidak menyerang anda saat mau presentasi. Tips untuk mengatasi demam panggung di antaranya:
  • Jika mungkin sehari sebelumnya datanglah ke tempat atau ruangan yang akan menjadi tempat presentasi, pelajari keadaan sekitar ruangan tersebut. Ada baiknya anda mencoba sendirian di sana.
  • Ketika hari 'H' tiba datanglah lebih awal agar bisa lebih leluasa untuk melakukan setting laptop ke proyektor. Cobalah tayangkan slide PowerPoint anda selagi masih sepi.
  • Jangan sungkan untuk 3S (Senyum, Salam, Sapa) dengan hadirin dan audiens
  • Setelah waktu untuk anda tiba, jangan lupa berdo'a
  • Sebelum naik podium atau panggung tunjukkan rasa hormat anda kepada hadirin dan audiens, jangan tergesa-gesa saat menuju podium
  • Sebelum menyampaikan salam pembuka nyalakan laptop dan proyektor, biarkan dulu yang tampil di layar berupa slide kosong atau boleh juga slide dengan tulisan "Selamat Datang"namun tetap dengan backgound polos
Hal penting yang perlu diperhatikan agar presentasi sukses

  • Sebelum kata pertama anda terucap tariklah nafas dalam-dalam
  • Sebelum menampilkan slide judul atau materi ada baiknya pada slide awal anda menambahkan video intro atau count down untuk mengalihkan perhatian audiens


10. Fokus ke Audiens

Setelah mulai presentasi, hal penting yang harus diperhatikan agar presentasi sukses, anda harus fokus ke audiens. Maksudnya bukan saja anda harus selalu menjaga kontak wajah dengan audiens tetapi lebih dari itu anda harus memperhatikan keinginan serta kebutuhan audiens. Tujuan mereka datang untuk apa? dan apa yang mereka butuhkan?

Dengan berpedoman pada pertanyaan tersebut maka pesan-pesan dan informasi yang disampaikan harus tetap pada kebutuhan audiens,  jadi anda tidak perlu menambahkan materi yang tidak dibutuhkan audiens. 






11. Gunakan Bahasa Sederhana

Walaupun anda menguasai dan fasih dengan bahasa serta istilah asing, lebih baik gunakan bahasa yang sederhana bahasa yang mudah dipahami oleh audiens. Ingat anda sedang presentasi bukan sedang pamer kemampuan kosakata asing. Kalaupun mau menggunakan istilah asing, gunakan yang sudah familiar di Indonesia terutama di telinga para audiens. Jika terpaksa sekali menggunakan istilah asing karena alasan tertentu, ikuti dengan penjelasan dalam bahasa Indonesia-nya.


12. Masuklah ke Dunia Mereka, Bawalah Mereka ke Dunia Kita

Hal penting yang harus diperhatikan agar presentasi sukses yaitu menerapkan prinsip Quantum Teaching dalam presentasi. Untuk menyampaikan pesan atau untuk mengubah pola pikir dan prilaku audiens, kita harus tahu dulu siapa mereka dan bagaimana mereka.

Dengan menyelami dunia mereka kita akan lebih mudah dalam menyampaikan pesan-pesan yang bisa diterima oleh mereka. Dengan kata lain hanya dengan dunia mereka kita bisa membawa mereka ke dunia kita. Setidaknya cara ini akan lebih baik daripada menyuruh, memaksa serta menekan audiens.


13. Sampaikan Pesan Melalui Cerita

Semua orang senang dengan cerita, maka sampaikanlah pesan-pesan tersebut melalui sebuah cerita singkat yang menarik dan insfiratif. Misalnya dengan cerita sukses seseorang tokoh, kisah teladan, cerita binatang dan cerita-cerita lain yang relevan dengan materi serta audiens.


14. Gunakan Kata-Kata Motivator

Ucapkan kata-kata motivator untuk menciptakan rasa emosional yang tinggi, seperti " Luar Biasa", "Sungguh Menakjubkan", "Fantastic", "Hebat sekali", "Mantaaap...", "Keren", "Wooow..." dan lain sebagainya. Baik diucapkan untuk mengiringi kalimat tertentu maupun untuk memberi pujian pada audiens.


15. Manajemen Waktu

Hal penting yang perlu diperhatikan agar presentasi sukses

Tips sukses presentasi berikutnya adalah pengelolaan waktu. Jika presentasi anda dibatasi oleh durasi waktu, maka anda harus mengatur alokasi waktu yang disediakan dengan banyaknya materi yang ingin disampaikan. Misalnya durasi waktu anda 2 jam, untuk menjelaskan materi, misalnya anda membuat sepuluh slide PowerPoint, maka setiap slide rata-rata berdurasi anda untuk menjelaskan isi pesan dari tiap slide sebanyak 10 menit. Sisanya yang 20 menit dialokasikan untuk memberikan kesempatan kepada audiens untuk bertanya atau berkomentar lainnya.






Hindari Cara Berikut agar Presentasi Sukses

16. Hindari Presentasi sambil Duduk

Jika audiens berjumlah banyak dalam formasi meeting Teather dan anda melakukan presentasi sambil duduk, anda akan kehilangan sebagian besar kontak wajah dengan audiens. Selain itu, presentasi sambil duduk memberikan kesan "ketidakseriusan" anda dalam memberikan presentasi serta anda dianggap tidak peduli terhadap audiens.


17. Hindari Membelakangi Audiens

Hal ini bisanya terjadi karena anda salah dalam merancang slide (PowerPoint) serta salah dalam menyajikan presentasi. Ketika anda membuat slide dengan kalimat yang panjang-panjang dan teks bullet point juga kalimat panjang hal ini jelas berpotensi besar untuk terjadinya anda membelakangi audiens. Padahal membelakangi audiens haram hukumnya bagi seorang presenter.

Ingat seorang presenter yang baik bukan membaca isi slide tapi menjelaskan isi slide.


18. Hindari Terlalu Banyak Bergerak

Yang dimaksud banyak gerak di sini bukan gerakan tangan atau tubuh saat menjelaskan materi presentasi, tetapi gerakan bolak-balik dari depan ke meja laptop atau dari depan ke arah audiens. Jika anda banyak mondar-mandir jelas akan mengganggu konsentrasi audiens.


19. Hindari Duduk di Atas Meja

Pada saat saya mengikuti sebuah seminar, pernah melihat seorang presenter begitu nyamannya duduk di atas meja. Dalam tatakrama jelas hal itu tidak sopan dan juga mencerminkan kesombongan.


20. Hindari Bertolak Pinggang

Sama seperti di atas hal ini juga pernah saya saksikan saat mengikuti workshop, seorang nara sumber sering kali melakukan adegan tangan kiri ditumpu di atas meja dan tangan kanan ditolak di pinggang, seperti seolah-olah menantang untuk berantem. Hindari hal tersebut karena selain tidak sopan juga sangat tidak baik dilakukan saat presentasi.

Demikian tadi Cara dan Tips agar Presentasi Sukses yang terdiri dari 15 tips hal-hal yang perlu diperhatikan dan 5 tips hal-hal yang perlu dihindari dalam presentasi. Semoga bermanfaat.

Terimakasih sudah mampir ke BossTutorial.com


Previous
« Prev Post

Artikel Menarik Lainnya

20+ Tips Agar Presentasi Sukses
4/ 5
Oleh

Post a Comment